| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Senin, 01 Juni 2009, Pw. St. Yustinus, Martir

Senin, 01 Juni 2009
Pw. St. Yustinus, Martir

"Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. " (Mzm 112:1-2)


Doa Renungan

Allah Bapa kami, siapapun juga yang percaya pada Yesus Putra-Mu, Kaucurahi dengan Roh Kudus agar hati dan budinya menjadi suci dan murni, dibersihkan dari kuasa kegelapan dan dibebaskan dari kuasa jahat. Tinggallah disini, dan perbaharuilah hidup kami agar perbuatan baik dan luhurlah yang kami kerjakan, sehingga kami pantas ambil bagian dalam memuliakan nama-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Bacaan Pertama
Pembacaan dari Kitab Tobit (1:3; 2:1-8)

"Tobit lebih takut kepada Tuhan daripada kepada raja."


Inilah kisah Tobit, suku Naftali, yang diangkut sebagai tawanan pada zaman Salmaneser, raja Asyur. Aku, Tobit menempuh jalan kebenaran dan kesalehan seumur hidupku dan banyak melakukan kebajikan kepada para saudara dan segenap bangsaku yang bersama dengan daku telah berangkat ke pembuangan, ke negeri Asyur ke kota Niniwe. Sekali peristiwa pada hari raya Pentakosta, yaitu hari raya Tujuh Minggu, disajikanlah kepadaku suatu jamuan makan yang baik. Akupun telah duduk untuk makan. Sebuah meja ditempatkan di hadapanku dan kepadaku disajikan banyak hidangan. Tetapi berkatalah aku kepada anakku Tobia: "Nak, pergilah dan jika kaujumpai seorang miskin dari saudara-saudara kita yang diangkut tertawan ke Niniwe dan yang dengan segenap hati ingat kepada Tuhan, bawalah ke mari, supaya ikut makan. Aku hendak menunggu, anakku, hingga engkau kembali." Maka keluarlah Tobia untuk mencari seorang saudara kita yang miskin. Sepulangnya berkatalah ia: "Pak!" Sahutku: "Ada apa, nak?" Jawabnya: "Salah seorang dari bangsa kita sudah dibunuh. Ia dicekik dan dibuang di pasar. Masih ada disitu juga!" Aku melonjak berdiri dan jamuan itu kutinggalkan sebelum kukecap. Mayat itu kuangkat dari lapangan dan kutaruh di dalam salah satu rumah hingga matahari terbenam, untuk kukuburkan nanti. Kemudian aku pulang, membasuh diriku, lalu makan dengan sedih hati. Maka teringatlah aku kepada firman yang diucapkan nabi Amos mengenai kota Betel ini: "Hari-hari rayamu akan berubah menjadi hari sedih dan segala nyanyianmu akan menjadi ratap!" Lalu menangislah aku. Setelah matahari terbenam aku pergi menggali liang lalu mayat itu kukuburkan. Para tetangga menertawakan aku, katanya: "Ia belum juga takut! Sudah pernah ia dicari untuk dibunuh karena perkara yang sama. Dahuli ia melarikan diri dan sekarang ia menguburkan mayat lagi!" Tetapi, Tobit lebih takut kepada Allah daripada kepada raja.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Berbahagialah orang yang takwa kepada Tuhan
Ayat.
(Mzm 112:1-2.3-4.5-6)
1. Berbahagialah orang yang takut akan Tuhan, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.
2. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya.Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.
3. Mujur orang yang menaruh belas kasihan dan yang memberi pinjaman, yang melakukan urusannya dengan sewajarnya. Sebab ia takkan goyah untuk selama-lamanya; orang benar itu akan diingat selama-lamanya.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (12:1-12)

"Mereka menangkap dan membunuh putra kesayangan, dan melemparkannya ke luar kebun anggur."


Pada suatu hari Yesus berbicara kepada imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan kaum tua-tua dengan perumpamaan, kata-Nya, "Adalah seorang membuka kebun anggur dan menanam pagar sekelilingnya. Ia menggali lobang tempat memeras anggur dan mendirikan menara jaga. Kemudian ia menyewakan kebun itu kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain. Dan ketika sudah tiba musimnya, ia menyuruh seorang hamba kepada penggarap-penggarap itu untuk menerima sebagian dari hasil kebun itu dari mereka. Tetapi mereka menangkap hamba itu dan memukulnya, lalu menyuruhnya pergi dengan tangan hampa. Kemudian ia menyuruh pula seorang hamba lain kepada mereka. Orang ini mereka pukul sampai luka kepalanya dan sangat mereka permalukan. Lalu ia menyuruh seorang hamba lain lagi, dan orang ini mereka bunuh. Dan banyak lagi yang lain, ada yang mereka pukul dan ada yang mereka bunuh. Sekarang tinggal hanya satu orang anaknya yang kekasih. Akhirnya ia menyuruh dia kepada mereka, katanya: Anakku akan mereka segani. Tetapi penggarap-penggarap itu berkata seorang kepada yang lain: Ia adalah ahli waris, mari kita bunuh dia, maka warisan ini menjadi milik kita. Mereka menangkapnya dan membunuhnya, lalu melemparkannya ke luar kebun anggur itu. Sekarang apa yang akan dilakukan oleh tuan kebun anggur itu? Ia akan datang dan membinasakan penggarap-penggarap itu, lalu mempercayakan kebun anggur itu kepada orang-orang lain. Tidak pernahkah kamu membaca nas ini: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru: hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita." Lalu mereka berusaha untuk menangkap Yesus, karena mereka tahu, bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya dengan perumpamaan itu. Tetapi mereka takut kepada orang banyak, jadi mereka pergi dan membiarkan Dia."
Inilah Injil Tuhan kita!
Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan

· “Bumi dan semua isinya ini adalah titipan Tuhan, yang harus kita kelola dn urus atau garap sebaik mungkin”, demikian kata seorang bijak. Kita semua adalah penggarap-penggarap atau pekerja-pekerja, sebagaimana disabdakan oleh Allah “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."( Kej 1:28). Jika dicermati, misalnya di Indonesia, rasanya banyak orang serakah yang tidak menguasai bumi dan isinya, melainkan dikuasai oleh bumi seisinya, antara lain nampak dalam pembabatan hutan dan pembetonan lahan/tanah, yang menyebabkan banjir maupun kebakaran. Tanah dan aneka tanaman yang menjadi ‘batu penjuru’ kehidupan dirusak dan dihancurkan seenaknya. Jika mereka merusak tanah dan tanaman rasanya mereka juga telah menyingkirkan orang-orang baik dan jujur di dalam masyarakat. Maka kami berharap kepada para pejuang kebenaran, keadilan dan kesejahteraan hidup bersama untuk terus berjuang, sadari dan hayati bahwa rakyat atau orang kebanyakan mendukung perjuangan dan kinerja anda. Memang dalam memperjuangkan keadilan, kebenaran dan kesejahteraan umum akan berhadapan dengan beberapa oknum pejabat yang serakah dan sombong serta materialistis. Jadilah ‘martir-martir’ masa kini, pembawa kebenaran, keadilan, kesejahteraan dan perdamaian sejati.

· "Ia belum juga takut! Sudah pernah ia dicari untuk dibunuh karena perkara yang sama. Dahulu ia melarikan diri dan sekarang ia menguburkan mayat lagi!" (Tb 2:8) , demikian komentar atau tanggapan para tetangga Tobia atau apa yang telah dilakukan. Tobia dikerjar-kejar dan akan dibunuh, namun ia tidak takut atas ancaman tersebut. Ia tetap setia memperhatikan saudara-saudari sebangsanya yang miskin dan berkekurangan atau menguburkan mereka yang mati kelaparan, dst.. Para korban politik atau keserakahan penguasa pada umumnya kurang ada yang memperhatikan, misalnya korban gusuran. Demi mempertahankan hidup para korban gusuran pada umumnya terus berusaha dan berjuang untuk mempertahankan hidup dengan berbagai usaha atau upaya. Sedangkan mereka yang menjadi ‘motor’ mempertahankan hak hidup pada umumnya menjadi incaran pembunuhan dari orang-orang yang materialistis, gila harta benda/uang, kuasa dan kedudukan. “Mati satu tumbuh seribu” demikian motto para pejuang hak asasi manusia, harkat martabat manusia. Marilah kita meneladan Tobia yang setia melaksanakan perintah: "Nak, pergilah dan jika kaujumpai seorang miskin dari saudara-saudara kita yang diangkut tertawan ke Niniwe dan yang dengan segenap hati ingat kepada Tuhan, bawalah ke mari, supaya ikut makan. Aku hendak menunggu, anakku, hingga engkau kembali." (Tb 2:2) Orang-orang miskin ‘yang dengan segenap hati ingat akan Tuhan’ kiranya ada di sekitar kita, maka marilah mereka kita sapa dan kasihi serta kita tolong agar mereka hidup damai dan sejahtera. Berbagai pengalaman menunjukkan bahwa hidup bersama dengan mereka yang miskin dan berkurangan mendorong kita untuk ‘dengan segenap hati ingat akan Tuhan’.



Ignatius Sumarya, SJ

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy