Senin, 10 Agustsu 2009, Pesta St. Laurentius, Diakon Martir

Senin, 10 Agustus 2009
Pesta St. Laurentius, Diakon Martir (M).

MENABUR BANYAK

“Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu.” --- 2 Korintus 9: 8.

Doa Renungan
Allah Bapa yang mahakudus, kami Kaukehendaki untuk mengabdi Engkau dengan segenap hati. Semoga kami mampu meneladan Santo Laurensius, martir-Mu yang perkasa dalam membela imannya dan memperoleh mahkota kemartiran yang takkan binasa. Berilah kami iman dan ketabahan yang besar agar kami tidak meninggalkan dan mengkhianati-Mu. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.

Bacaan Pertama
Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (9:6-10)

"Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita."

Saudara-saudara, orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit pula. Sebaliknya orang yang menabur banyak akan menuai banyak pula. Hendaklah masing-masing memberi menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau terpaksa. Sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu, malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. Seperti ada tertulis, "Ia murah hati, orang miskin diberi-Nya derma, kebenaran-Nya tetap untuk selama-lamanya." Dia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Dia jugalah yang akan menyediakan benih bagi kamu; Dialah yang akan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Orang baik menaruh belaskasihan dan memberi pinjaman.
Ayat.
(Mzm 112:1-2.5-6.7-8.9)
1. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang sangat suka akan segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; keturunan orang benar akan diberkati.
2. Orang baik menaruh belaskasihan dan memberi pinjaman, ia melakukan segala urusan dengan semestinya. Orang jujur tidak pernah goyah; ia kan dikenang selama-lamanya.
3. Ia tidak takut kepada kabar buruk, hatinya tabah, penuh kepercayaan kepada Tuhan. Hatinya teguh, ia tidak takut, sehingga ia mengalahkan para lawannya.
4. Ia murah hati, orang miskin diberinya derma; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Akulah terang dunia. Barangsiapa mengikut Aku, ia tidak berjalan dalam kegelapan, tetapi mempunyai terang hidup.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (12:24-26)

"Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa."

Menjelang akhir hidup-Nya, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika mati, ia akan menghasilkan banyak buah. Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya. Tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikuti Aku, dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa."
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.


Renungan

BULAN AGUSTUS
adalah bulan yang banyak mengeluarkan biaya. Liburan, piknik, rekreasi, dan siap-siap masuk sekolah beserta pakaian sekolah itu semua tidaklah didapat dengan gratis. Untuk semuanya perlu uang. Maka keluarga-keluarga umumnya harus mengeluarkan banyak uang. Saat melihat uang kita habis sebelum musim libur sekolah berakhir, kita mencoba untuk berhemat. Biasanya kita memberikan uang kolekte/sumbangan kepada Allah, Gereja-Nya, dan karya dan pelayanan Gereja, sangat sedikit atau sama sekali tidak memberi. Uang kita habiskan untuk menghibur diri kita. Akibatnya, banyak pelayanan Paroki tersendat. Ada yang memutuskan tidak membeli atau tidak berlangganan lagi buku renungan ini. Apakah pelayanan lewat buku renungan ini bisa bertahan lama ?

Firman Allah mengatakan pada kita apa yang kita lakukan pada musim liburan sekolah itu. Firman Tuhan berkata: “Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita” (2 Kor 9: 6-7).

Sekarang saatnya mengambil uang kita sedikit ini dan memberikannya bagi Kerajaan Allah. “Allah akan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu” (2 Kor 9: 10). Jika kita mengharapkan tuaian yang banyak, kita harus menaburkan banyak.

Doa:
Bapa, berilah kami keyakinan dan iman untuk selalu bersedia memberi apa yang kuberikan bagi kerajaan-Mu.

Janji:
“Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja, tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.” --- Yohanes 12: 24.

Pujian:
Santo Laurensius (+ 258) dikenal sebagai orang yang suka berderma. Dengan bijak dan jelas ia nyatakan harta yang ada padanya adalah milik umat bukannya milik pribadinya. Ia mempersembahkan hidupnya kepada Kristus.

:: Renungan SATU PERJAMUAN – SATU JEMAAT ::