| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 29 November 2020 Hari Minggu Adven I (B)

 

Minggu, 29 November 2020
Hari Minggu Adven I (B)
 

Pada kedatangan Kristus yang pertama Ia dibedung dalam kain lampin di palungan. Pada kedatangan-Nya yang kedua Ia diliputi cahaya bagaikan busana. (St. Sirilus dari Yerusalem)
 
Antifon Pembuka (Mzm 25:1-3)
  
Kepada-Mu, ya Tuhan, kuangkat jiwaku; Allahku, kepada-Mu aku percaya. Janganlah kiranya aku mendapat malu. Janganlah musuh-musuhku beria-ria atas aku. Ya, semua orang yang menantikan Dikau takkan mendapat malu.

To you, I lift up my soul, O my God. In you, I have trusted; let me not be put to shame. Nor let my enemies exult over me; and let none who hope in you be put to shame.

Ad te levavi animam meam: Deus meus in te confido, non erubescam: necque irrideant me inimici mei: etenim universi qui te exspectant, non confundentur.
 
Gloria ditiadakan, ada Credo
 
Doa Pembuka

Allah Yang Mahakuasa, anugerahilah kami, umat-Mu, kehendak yang kuat untuk menyongsong kedatangan Kristus dengan cara hidup yang baik. Semoga dengan demikian kami layak mewarisi Kerajaan Surga, bersama Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Yesaya (63:16b-17;64:1.3b-8)
       
"Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun."
         
Ya Tuhan, Engkau sendirilah Bapa kami. Sejak dahulu kala nama-Mu ialah "Penebus kami". Ya Tuhan, mengapa Engkau biarkan kami sesat dari jalan-Mu? Mengapa Engkau tegarkan hati kami, sehingga kami tidak takut kepada-Mu? Kembalilah oleh karena hamba-hamba-Mu, dan oleh karena suku-suku milik pusaka-Mu. Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun, sehingga gunung-gunung goyang di hadapan-Mu. Karena sejak dahulu kala orang tidak pernah mendengar, dan juga tidak ada telinga yang mendengarl tidak ada mata yang melihat Allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan Dia. Hanya Engkau yang berbuat demikian. Engkau menyongsong mereka yang melakukan kebenaran, dan yang mengindahkan jalan yang Kautunjukkan! Sesungguhnya, Engkau ini murka sebab kami berdosa. Terhadap Engkau kami memberontak sejak dahulu kala. Demikianlah kami semua seperti orang najis, dan segala kesalehan kami seperti kain kotor. Kami semua menjadi layu seperti daun, dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. Tidak ada yang memanggil nama-Mu atau yang bangkit untuk berpegang kepada-Mu, sebab Engkau menyembunyikan wajah-Mu terhadap kami. Engkau menyerahkan kami ke dalam kekuasaan dosa kami. Tetapi sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kami ini tanah liat dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami semua adalah buatan tangan-Mu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
     
Mazmur Tanggapan, do = d, 4/4, PS 865
Ref. Tuhan, Dikaulah penyelamatku.
Ayat. (Mzm 80:2ac+3b.15-16.18-19; Ul: 4)
1. Hai gembala Israel, pasanglah telinga-Mu, Engkau, yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.
2. Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu.
3. Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan bagi diri-Mu. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.
   
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus (1Kor 1:3-9)
        
"Kamu menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus."
          
Saudara-saudara, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Aku, Paulus, senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu, atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Kristus kamu telah menjadi kaya dalam segala hal, yaitu dalam segala macam perkataan dan pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus yang telah diteguhkan di antara kamu, sehingga kamu tidak kekurangan suatu karunia pun sementara kamu menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus. Dia juga akan meneguhkan kamu sampai kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. Sebab setialah Allah yang telah memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah
  
Bait Pengantar Injil, do = d, 2/2, PS 951
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Mrk 85:8; 2/4)
Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.
  
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (13:33-37)
       
"Berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah pulang!"
         
Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba. Ibaratnya seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing sesuai dengan tugasnya, dan memerintahkan supaya penunggu pintu berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamana tuan rumah itu pulang: Menjelang malam atau tengah malam, atau larut malam atau pagi-pagi buta. Hal ini Kukatakan supaya kalau ia tiba-tiba datang, jangan sampai kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu Kukatakan kepada semua orang: Berjaga-jagalah!"
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
  
   
Renungan
  
     Masa Adven secara resmi dimulai hari ini dengan hari Minggu Adven pertama.

Adven adalah waktu yang menyenangkan terutama bagi anak-anak. Karena ketika melihat dekorasi Natal bermunculan di pusat perbelanjaan dan di mana pun, mereka juga ingin menjadi bagian dari kegembiraan dekorasi ini.

Mereka juga menginginkan dekorasi Natal di rumah, jadi orang tua harus membawa keluar pohon Natal dan melepaskan lampu dan mencari dekorasi Natal lain yang tersimpan di suatu tempat di rumah.

Tetapi karena kebanyakan dekorasi Natal memiliki semacam makna spiritual, ada satu yang menonjol dari yang lain dan itu melambangkan masa Adven.

Di awal Misa, kita memberkati lingkaran Adven dan menyalakan lilin pertama dalam lingkaran itu.
 
Lingkaran Adven kaya akan simbol. Empat lilin melambangkan empat minggu Adven di mana kita mempersiapkan perayaan kelahiran Yesus.

Korona Adven yang melingkar melambangkan keabadian Tuhan yang tanpa awal atau akhir, dan bahwa Dia mencintai kita dengan cinta yang kekal.

Pohon cemara dari holly dan pinus melambangkan harapan kita dalam kasih Allah yang menyelamatkan, harapan yang digenapi dalam kelahiran Juruselamat dan harapan keselamatan kekal.

Saat Adven berlangsung, dari minggu ke-1 hingga minggu ke-4, jumlah lilin menyala sesuai dengan itu.

Ini memiliki makna spiritual yang mendalam bahwa Yesus, terang dunia akan datang untuk menyelimuti kegelapan dosa-dosa kita, dan dengan berlalunya minggu, cahaya lilin di lingkaran Adven semakin terang dalam persiapan untuk merayakan kelahiran Yesus, cahaya sejati.

Jadi di Gereja, lingkaran Adven adalah simbol dari masa Adven dan ditempatkan di dalam tempat kudus untuk mengingatkan kita tentang perlunya mempersiapkan diri kita secara rohani untuk perayaan Natal.

Dan seperti di Gereja, demikian juga seharusnya di rumah. Khususnya dengan anak-anak pada liburan sekolah, kita sebagai orang tua dan orang dewasa harus menjaga tradisi spiritual tetap hidup dan menemukan makna serta arahan untuk iman kita di masa Adven.

Dengan tekanan dan kesibukan hidup, keluarga hampir tidak punya waktu untuk berdoa, dan jika orang tua dan orang dewasa tidak memimpin dan menunjukkan jalan, anak-anak tidak akan memiliki arahan spiritual untuk diikuti.

Jadi Adven seperti jam alarm spiritual yang berdering di hati kita dan meminta kita untuk bangun dan mempersiapkan diri untuk kedatangan Juruselamat kita.

Ya, kita harus bangun tetapi seperti kebanyakan pagi, jam alarm membangunkan kita dan kemudian kita menundanya dan kita kembali tidur.

Itulah sebabnya dalam Injil, Yesus mendorong kita untuk tetap sadar, dan waspada terhadap rasa puas diri dan kecerobohan.

Terlebih lagi di masa Adven ini ketika kita harus mempersiapkan diri dengan doa, kita akan tergoda untuk menyibukkan diri dengan berbelanja hadiah dan hanya bersiap-siap secara materi untuk Natal tetapi mengabaikan aspek spiritual.

Jadi jika kita tidak memiliki lingkaran Adven, maka akan sangat berarti untuk mendapatkannya, baik dari toko buku Katolik atau dari toko online. Ini sebenarnya cukup mudah tersedia.

Yesus ingin masuk ke dalam hidup kita dengan terang dan berkat-Nya.

Dia ingin membawa kita kesembuhan dari kegelapan dosa kita dan membantu kita berdamai satu sama lain terutama dalam keluarga.

Dia ingin berada dalam keluarga kita sehingga kita dapat mengalami kasih dan kegembiraan-Nya dan damai satu sama lain.

Tetapi kita harus mengundang Dia, dan lingkaran Adven akan menjadi sarana untuk mempersatukan keluarga dalam doa dan membiarkan terang Kristus bersinar di hati kita dan membawa kehangatan cinta dan damai yang selalu kita inginkan untuk keluarga kita dan untuk diri.

Kita hanya perlu tetap terjaga dan waspada dalam doa. Menyalakan lilin dari lingkaran Adven dan berdoa bersama sebagai sebuah keluarga mungkin merupakan tindakan kecil dan rendah hati tetapi berkat yang Yesus berikan akan melimpah.

Kita hanya harus tetap terjaga dalam doa untuk menerima berkat sejati. 
(RENUNGAN PAGI)
 
Antifon Komuni (Mzm 85:13)

Tuhan akan memberikan kebaikan dan negeri kita akan memberikan hasilnya.
 
The Lord will bestow his bounty, and our earth shall yield its increase.
  
Dominus dabit benignitatem: et terra nostra dabit fructum suum.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy