| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 10 Desember 2009 Hari Biasa Pekan II Adven

Kamis, 10 Desember 2009
Hari Biasa Pekan II Adven

Tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.


Doa Renungan

Bapa, milik-Mulah hari-hari hidup kami. Jangan biarkan kami luput dari pada-Mu walaupun hanya sejenak. Bersama-Mu kami percaya, bahwa Engkau selalu memberkati hari-hari hidup kami yang telah lalu, yang hari ini kujalani, dan masa depan kami. Syukur kepada-Mu atas segala berkat-Mu, Bapa. Amin.

Bacaan Pertama (Yes 41: 13-20)

L. Yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel.

Pembacaan dari Kitab Nabi Yesaya


Aku ini, TUHAN, Allahmu, memegang tangan kananmu dan berkata kepadamu: "Janganlah takut, Akulah yang menolong engkau." Janganlah takut, hai si cacing Yakub, hai si ulat Israel ! Akulah yang menolong engkau, demikianlah firman TUHAN, dan yang menebus engkau ialah Yang Mahakudus, Allah Israel . Sesungguhnya, Aku membuat engkau menjadi papan pengirik yang tajam dan baru, dengan gigi dua jajar; engkau akan mengirik gunung-gunung dan menghancurkannya, dan bukit-bukit pun akan kaubuat seperti sekam. Engkau akan menampi mereka, lalu angin akan menerbangkan mereka, dan badai akan menyerakkan mereka. Tetapi engkau ini akan bersorak-sorak di dalam TUHAN dan bermegah di dalam Yang Mahakudus, Allah Israel . Orang-orang sengsara dan orang-orang miskin sedang mencari air, tetapi tidak ada, lidah mereka kering kehausan; tetapi Aku, TUHAN, akan menjawab mereka, dan sebagai Allah orang Israel Aku tidak akan meninggalkan mereka. Aku akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit yang gundul, dan membuat mata-mata air membual di tengah dataran; Aku akan membuat padang gurun menjadi telaga dan memancarkan air dari tanah kering. Aku akan menanam pohon aras di padang gurun, pohon penaga, pohon murad dan pohon minyak; Aku akan menumbuhkan pohon sanobar di padang belantara dan pohon berangan serta pohon cemara di sampingnya, supaya semua orang melihat dan mengetahui, memperhatikan dan memahami, bahwa tangan TUHAN yang membuat semuanya ini dan Yang Mahakudus, Allah Israel, yang menciptakannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan (Mzm. 145: 9,10-11,12-13ab, R: 8)
Ref: Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya.
Ayat.

1. Aku hendak mengagungkan Dikau, ya Allah, ya Rajaku, aku hendak memuji nama-Mu untuk selama-lamanya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
2. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.
3. Untuk memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat.
Hai langit, turunkanlah embunmu, hai awan, hujankanlah keadilan. Hai bumi, bukalah dirimu, dan tumbuhkanlah keselamatan.

Bacaan Injil (Mat 11: 11-15)

I. Tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius


Pada suatu hari Yesus berkata kepada orang banyak, "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan -- jika kamu mau menerimanya -- ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.

Renungan

Seorang pembesar membutuhkan voor rijder ketika bepergian. Dengan sirene yang meraung-raung, pasukan pembuka jalan ini akan menyiapkan lalu lintas agar lancar dan tak menghalangi sang pembesar yang akan lewat di sana. Apa yang menghambat akan diusirnya. Apa yang membahayakan akan diamankannya terlebih dahulu.

Yohanes Pembaptis sering dipandang sebagai ‘sang pembuka jalan’ bagi Penebus kita. Ia berteriak-teriak di padang gurun, menyiapkan orang agar layak menyambut kedatangan Allah yang menjadi manusia, yang akan membuat sungai-sungai memancar di atas bukit-bukit batu, dan menjadikan padang gurun menjadi subur.

Di sekeliling kita ada begitu banyak orang yang belum mengenal Allah. Ada begitu banyak juga orang yang sudah mengenal Allah tetapi tak mau peduli. Kita ditantang untuk menjadi Yohanes Pembaptis bagi orang-orang seperti itu, membuka jalan bagi kanak-kanak Yesus yang akan lahir di dalam hati mereka, membawa mereka ke dalam penebusan Kristus.

Doa: Tuhan Yesus, aku ingin menjadi Yohanes Pembaptis masa kini, yang menyiapkan jalan bagi kehadiranmu di tengah saudara-saudari kami yang belum mengenal-Mu. Amin.


Ziarah Batin 2009, Renungan dan Catatan Harian




Bagikan

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy