Sabtu, 10 Desember 2011 Hari Biasa Pekan II Adven

Sabtu, 10 Desember 2011
Hari Biasa Pekan II Adven

Jagalah hatimu bersih dan Tuhan akan melindungi kamu ---- Tomas a Kempis

Antifon Pembuka

Datanglah, ya Tuhan, tampakkanlah wajah-Mu, maka selamatlah kami.

Doa Renungan


Allah yang Mahakuasa, Engkau berkenan kepada Nabi Elia untuk melaksanakan mukjizat-Mu. Perkenankanlah kami juga menjadi saksi-saksi-Mu yang hidup dalam sikap dan perbuatan kami hari ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Nabi Elia, pembuat mukjizat itu, tampil di Israel sebagai pembawa damai. Ia diutus "untuk mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub." Perutusan yang sama mesti menjadi tugas profetis setiap umat beriman.

Pembacaan dari Kitab Putera Sirakh (48:1-4.9-11)

"Elia akan datang lagi."

Dahulu kala tampillah Nabi Elia bagaikan api. Perkataannya membakar laksana obor. Dialah yang mendatangkan kelaparan atas orang Israel, dan karena geramnya, jumlah mereka dijadikannya sedikit. Atas firman Tuhan langit dikunci olehnya dan api diturunkannya sampai tiga kali. Betapa mulialah engkau, hai Elia, dengan segala mukjizatmu! Siapa dapat memegahkan diri sama dengan dikau? Dalam olak angin berapi engkau diangkat, dalam kereta dengan kuda berapi. Engkau tercantum dalam ancaman-ancaman tentang masa depan untuk meredakan kemurkaan sebelum meletus, untuk mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub. Berbahagialah orang yang telah melihat engkau, dan yang meninggal dalam kasih.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.


Mazmur Tanggapan, do = f, 2/4, PS 802
Ref. Bangkitkanlah, ya Tuhan, kegagahan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.
Ayat. (Mzm 80:2ac.3b.15-16.18-19;R: lh4)
1. Hai gembala Israel, pasanglah telinga-Mu, Engkau yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.
2. Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu!
3. Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu; Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.


Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 952
Ref. Alleluya, allelya, alleluya
Ayat. (Lukas 3:4.6)
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya, dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.


Sama seperti Yohanes Pembaptis tidak diakui, malahan mengalami sengsara dan dibunuh, demikian juga Yesus, Sang Anak Manusia ditolak dan akan dibunuh seperti dia. Ini Dia hadapi demi cinta-Nya kepada manusia dan hanya karena cinta.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (17:10-13)

"Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia."

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya turun dari gunung, para murid bertanya kepada-Nya, "Mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" Yesus menjawab, "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu. Dan Aku berkata kepadamu, Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian pula Anak Manusia akan menderita oleh mereka." Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan

Salah satu prinsip Intan sebagai mahasiswi adalah selalu berbicara yang baik tentang semua teman-temannya. Intan selalu memuji dan berusaha menceritakan kebaikan teman-temannya dan selalu mengucapkan terima kasih atas kebaikan orang lain. Kebiasaan ini membuat Intan disukai banyak orang dan memiliki banyak kawan. Hal ini pulalah yang membuat Intan disegani dan dihormati.

Sikap yangs sama ditunjukkan Yesus dalam bacaan hari ini. Yesus berbicara mengenai Yohanes Pembaptis, bukan menjelek-jelekkan dia, tetapi memberitahukan kepada banyak orang siapa Yohanes Pembaptis itu. Yohanes Pembaptis menderita dan dibunuh. Yohanes diperlakukan buruk. Hal inilah yang akan menimpa Yesus juga. Yesus memperkenalkan kebaikan Yohanes sekaligus juga kebaikan-Nya. Murid-murid Yesus pun akhirnya mengerti siapa Yohanes untuk lebih mengerti siapa Yesus.

Tuhan Yesus Kristus, bantulah aku supaya aku bisa memperkenalkan-Mu kepada teman-temanku melalui sikap dan tutur kataku yang positif. Dengan demikian, mereka dapat mengenal dirinya sendiri dan mengasihi orang lain dengan tulus. Amin.


Doa Masa Adven

Ya Allah, Bapa yang Mahakudus kami bersyukur kehadirat-Mu, karena lewat masa penantian ini Engkau menjanjikan Juruselamat yakni Yesus Kristus, Putra-Mu. Kedatangan-Nya dinubuatkan oleh para nabi dan dinantikan oleh Perawan Maria dengan cinta mesra.
Dialah Adam baru yang memulihkan persahabatan kami dengan Dikau. Ia penolong yang lemah dan menyelamatkan yang berdosa. Ia membawa damai sejati bagi kami dan membuat semakin banyak orang mengenal Engkau, dan berani melaksanakan kehendak-Mu. Ia datang sebagai manusia biasa, untuk melaksanakan rencana-Mu dan membukakan jalan keselamatan bagi kami.
Pada akhir zaman ia akan datang lagi dengan semarak dan mulia untuk menyatakan kebahagiaan yang kami nantikan.
Kami mohon kelimpahan rahmat-Mu, agar selama hidup di dunia ini kami selalu siap siaga dan penuh harap menantikan kedatangan-Nya yang mulia, agar pada saat Ia datang nanti, kami Kau perkenankan ikut berbahagia bersama Dia dan seluruh umat kesayangan-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

RUAH & OASE ROHANI