Seri Liturgi: KASIHANILAH KAMI

Seri Liturgi
KASIHANILAH KAMI

Syalom aleikhem.
Sebutan Anak Domba Allah untuk Tuhan Yesus jelas terbaca dalam Injil Yohanes. Dalam Gloria, Sang Anak Domba Allah disapa dan dimohon belas kasihnya.

Anak Domba Allah menghapus dosa dunia. Kesaksian mengenai itu kita dapat dari Alkitab, dinyatakan oleh Allah melalui mulut Yohanes Sang Pembaptis (Yoh. 1:29): “Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia.”

Sekilas itu pernyataan Yohanes, tapi bukan; itu pernyataan Allah sendiri. Perhatikan ayat ini (Yoh. 1:33): “Dan aku [Yohanes] pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia [Allah] yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.” Allah menyatakan misteri itu kepada Yohanes, lalu Yohanes mengerti dan mewartakannya kepada kita.

Ketika menyanyikan Gloria, kita memohon kepada Anak Domba Allah, yaitu Yesus Kristus agar Ia mengasihani kita. Kita penuh dosa, namun Ia mampu menghapus dosa. Kita mohon dibersihkan dari dosa. Camkanlah keistimewaan ini: kita berdoa kepada Yesus Kristus, bukan justru mendoakan Dia. Mengapa? Sebab, Ia sumber keselamatan. Karena itu, selain “kasihanilah kami”, seruan kita juga “kabulkanlah doa kami”. Siapa mengabulkan doa selain Allah sendiri?

Rev. D. Y. Istimoer Bayu Ajie
Katekis Daring