| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 06 Juni 2021 Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Minggu, 06 Juni 2021
Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

Paskah Kristus mencakup bukan hanya sengsara dan wafat-Nya, melainkan juga kebangkitan-Nya. Ini dikumandangkan oleh aklamasi umat sesudah konsekrasi: "Kebangkitan-Mu kami muliakan." Kurban Ekaristi menghadirkan bukan saja misteri sengsara dan wafat Juruselamat, tetapi juga misteri kebangkitan-Nya, yang memahkotai pengorbanan-Nya. (Paus Yohanes Paulus II, Surat Ensiklik Ecclesia de Eucharistia, Ekaristi dan Hubungannya dengan Gereja, No. 14)


Antifon Pembuka (Bdk. Mzm 81:17)

Ia telah memberi mereka gandum yang terbaik. Ia telah mengenyangkan mereka dengan madu dari gunung batu.

He fed them with the finest wheat and satisfied them with honey from the rock.

atau
Antifon: Cibavit eos ex adipe frumenti, alleluia: et de petra, melle saturavit eos, alleluia, alleluia, alleluia.
Ayat Mazmur.
1. Exsultate Deo adiutori nostro: iubilate Deo Iacob. (Antifon)
2. Sumite psalmum, et date tympanum: psalterium iucundum cum cithara. (Antifon)
3. Ego enim sum Dominus Deus tuus, qui eduxi te de terra ægypti: dilata os tuum, et implebo illud. (Antifon)

Doa Pagi

Allah Bapa kami yang maha pengasih dan penyayang, Engkau tak henti-hentinya memperkuat Gereja dengan santapan tubuh dan darah Putra-Mu. Semoga kami selalu memperoleh kekuatan baru setiap kali kami menyambut Tubuh dan Darah Putra-Mu Yesus Kristus, Tuhan kami yang hidup dan bertakhta bersama Bapa dalam persatuan Roh Kudus, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Keluaran (24:3-8)
   
 
"Inilah darah perjanjian yang diikat Allah dengan kamu."
   
Ketika Musa turun Gunung Sinai, dan memberitahukan kepada bangsa Israel segala firman dan peraturan Tuhan, maka seluruh bangsa itu menjawab serentak, “Segala firman yang telah diucapkan Tuhan itu, akan kami laksanakan!” Musa lalu menuliskan segala firman Tuhan itu. Keesokan harinya, pagi-pagi, didirikannya mezbah di kaki gunung itu, dengan dua belas tugu sesuai dengan kedua belas suku Israel. Kemudian disuruhnyalah orang-orang muda dari bangsa Israel mempersembahkan kurban bakaran dan menyembelih lembu-lembu jantan sebagai kurban keselamatan kepada Tuhan. Sesudah itu Musa mengambil sebagian dari darah itu, lalu ditaruhnya ke dalam pasu; sebagian lagi dari darah itu disiramkannya pada mezbah itu. Lalu diambilnya kitab perjanjian itu dan dibacakannya, dan bangsa itu mendengarkan. Lalu mereka berkata, “Segala firman Tuhan akan kami laksanakan dan kami taati!” Kemudian Musa mengambil darah itu dan memercikkannya kepada bangsa itu seraya berkata, “Inilah darah perjanjian yang diikat Tuhan dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = g, 2/4, 3/4, PS 856
Ref. Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagimu, Inilah Darah-Ku yang ditumpahkan bagimu. Lakukanlah ini akan peringatan kepada-Ku.
Ayat. (Mzm 116:12-13.15.16b-18; Ul: lh. 1Kor 10: lh.16)
1. Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan, segala kebaikan-Nya kepadaku? Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan.
2. Sungguh berhargalah di mata Tuhan, kematian semua orang yang dikasihi-Nya, Ya Tuhan, aku hamba-Mu, aku hamba-Mu, anak sahaya-Mu, Engkau telah melepaskan belengguku.
3. Aku akan mempersembahkan kurban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama Tuhan. Aku akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya.

Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (9:11-15)
   
"Darah Kristus akan menyucikan hati nurani kita."
     
Saudara-saudara terkasih, Kristus telah datang sebagai Imam Agung demi kesejahteraan masa yang akan datang; Ia telah melintasi kemah yang lebih besar dan lebih sempurna, yang bukan buatan tangan manusia, artinya yang tidak termasuk ciptaan ini, dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat pelunasan yang kekal. Sebab, jika darah domba dan lembu jantan dan percikan abu lembu muda mampu menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, betapa lebihnya darah Kristus, yang atas dorongan Roh Abadi telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tidak bercacat; betapa darah ini akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. Karena itu Kristus adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru, supaya mereka yang telah terpanggil dapat menerima bagian kekal yang dijanjikan, sebab Ia telah mati untuk menebus pelanggaran-pelanggaran yang telah dilakukan selama perjanjian yang pertama.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

Madah Ekaristi, sol = es, m.7, PS 556 (fakultatif)
Syair: Lauda Sion, ayat 1-4.5-8 Thomas dari Aquino 1263/64, terj. Komlit KWI 1992
Lagu: Prancis abad ke-12, Graduale Romanum 1974
1. Sion, puji Penyelamat, Sang Pemimpin dan Gembala dalam kidung pujian.
2. Pujilah sekuat hati, kar'na Dia melampaui puji yang kaulambungkan.
3. Hari ini yang tersaji: Roti Hidup yang dipuji, sumber hidup yang kekal.
4. Itulah yang dihidangkan bagi para rasul Tuhan: Tak perlu diragukan.
5. Lihat Roti malaikat, jadi boga peziarah: sungguh itu roti putra, anjing jangan diberi.
6. Inilah yang dilambangkan waktu Ishak dikurbankan: Domba Paskah disajikan, dan manna dihujankan.
7. Yesus, Roti yang sejati, Kau Gembala murah hati, s'lalu lindungilah kami, dan tunjukkan pada kami bahagia yang kekal.
8. Dikau Allah mahakuasa, bimbing kami, insan fana, undang kami dalam pesta, dan jadikan kami warga umat kudus bahagia. Amin. Alleluya.

Bait Pengantar Injil, do = d, 2/2, PS 953
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (lih. Yoh 6:51) 2/4
Akulah roti hidup yang turun dari surga; siapa yang makan roti ini akan hidup selama-lamanya.

Inilah Injil Suci menurut Markus (14:12-16.22-26)
   
"Inilah Tubuh-Ku, inilah Darah-Ku."
    
Pada hari pertama Hari Raya Roti Tidak Beragi, pada waktu orang menyembelih domba Paskah, murid-murid berkata kepada Yesus, “Ke tempat mana Engkau kehendaki kami pergi untuk mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?” Lalu Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan, “Pergilah ke kota! Di sana kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia, dan katakanlah kepada pemilik rumah yang dimasukinya: Guru berpesan, ‘Di manakah ruangan yang disediakan bagi-Ku untuk makan Paskah bersama dengan murid-murid-Ku? Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan yang besar, yang sudah lengkap dan tersedia. Di situlah kamu harus mempersiapkan perjamuan Paskah untuk kita!’” Maka berangkatlah kedua murid itu. Setibanya di kota, mereka dapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, membagi-bagi roti itu lalu memberikannya kepada para murid, seraya berkata “Ambillah, inilah Tubuh-Ku!” Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur, lalu memberikannya kepada para murid, dan mereka semua minum dari cawan itu. Dan Yesus berkata kepada mereka, “Inilah Darah-Ku, darah perjanjian yang ditumpahkan bagi banyak orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak lagi akan minum hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya yang baru, yaitu dalam Kerajaan Allah.” Sesudah menyanyikan lagu pujian, pergilah mereka ke Bukit Zaitun.
Verbum Domini 
U. Laus tibi Christe

Renungan


Saudara dan saudari terkasih di dalam Kristus, hari ini kita semua merayakan Hari Raya Tubuh  dan Darah Kristus, yang juga biasa dikenal sebagai Hari Raya Corpus Christi, yang berlangsung secara tradisional pada hari Kamis setelah Hari Raya Tritunggal Mahakudus, atau di beberapa tempat agar lebih banyak orang mengikuti, pada hari Minggu setelah Minggu Tritunggal Mahakudus. Dan perayaan ini sangat penting bagi kita, karena selain Tritunggal Mahakudus, Ajaran Kehadiran Nyata Kristus Tuhan dalam Ekaristi adalah salah satu prinsip inti utama dari iman Kristen kita.

Berbeda dengan sifat Trinitas dari Tuhan Kita, yang diakui dan merupakan bagian fundamental dari iman bagi kebanyakan orang yang percaya kepada Tuhan, Kehadiran Nyata Tuhan dalam Ekaristi belum diterima dan ditolak oleh beberapa segmen orang yang percaya pada Tuhan. Namun, ini jelas tidak menunjukkan sentimen dan kepercayaan para bapa Gereja dan semua orang Kristen perdana, yang semuanya percaya pada hadirat Tuhan yang benar, nyata dan hidup dalam Ekaristi.

Apa artinya, saudara dan saudari di dalam Kristus? Artinya roti dan anggur yang kita persembahkan pada perayaan Misa Kudus, dan yang diberkati dan dipersembahkan oleh imam kepada Tuhan di Konsekrasi benar-benar menjadi Tubuh dan Darah Tuhan Sendiri, substansi dan esensi Tuhan sendiri, meskipun mereka mungkin masih tampak bagi kita dalam bentuk roti dan anggur. Proses ini disebut Transubstansiasi, di mana 'Trans' berarti 'perubahan' dan 'Substantiate' yang berarti 'substansi atau esensi'.

Menurut Katekismus Gereja Katolik, kata 'Transubstansiasi' berarti 'perubahan seluruh substansi roti menjadi substansi Tubuh Kristus dan seluruh substansi anggur menjadi substansi Darah-Nya. Perubahan ini dibawa dalam Doa Syukur Agung melalui kemanjuran sabda Kristus dan oleh tindakan Roh Kudus. 'Dari Katekismus kita dapat melihat bagaimana Gereja dengan jelas mengajarkan kepada kita apa arti Ekaristi bagi kita semua.

Ini berarti bahwa masalah roti dan anggur itu sendiri telah diubah, diubah dan diubah menjadi substansi, esensi dan realitas Tubuh Yang Paling Berharga, dan Darah Paling Berharga Tuhan kita Yesus Kristus, Kristus yang sama yang telah mempersembahkan diri-Nya di kayu Salib di Kalvari sebagai Korban yang layak, sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita. Di dalam roti dan anggur yang diubah menjadi Tubuh dan Darah Tuhan yang Mahakudus dan Berharga, Ekaristi yang kita ambil bagian, kita berbagi dalam pengorbanan Tuhan yang sama hari itu di kayu Salib.

Itulah sebabnya Misa lebih tepat dikenal sebagai Kurban Kudus Misa, karena imam selebran bertindak 'in persona Christi' atau dalam Pribadi Tuhan kita Yesus Kristus, dengan otoritas yang Dia Sendiri telah berikan kepada para Rasul-Nya, dan karena Misa itu sendiri adalah seluruh Pengorbanan yang sama yang telah Tuhan alami, ketika Dia membawa Salib-Nya ke Kalvari, disalibkan dan mati di sana untuk kita umat manusia, seluruh Misa mewakili kita semua yang hidup melalui tindakan kasih Tuhan yang sama itu. dalam menyelamatkan kita.

Saat selebran mengucapkan kata-kata Konsekrasi, dengan kuasa Tuhan melalui Roh Kudus, roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah Tuhan yang Paling Berharga, dan seperti yang dikatakan oleh selebran, dengan kata-kata yang sama yang diucapkan Tuhan Yesus. pada Perjamuan Terakhir, 'Inilah Tubuh-Ku, yang telah diserahkan bagimu', dan 'Inilah Piala Darah-Ku, Darah Perjanjian Baru dan Kekal, yang ditumpahkan bagimu dan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Oleh karena itu, dalam Komuni Kudus, kita tidak hanya menerima roti dan / atau anggur, dan tidak hanya sekedar 'lambang' Tubuh dan Darah Tuhan sebagaimana yang diyakini dan diyakinkan oleh sebagian orang, tetapi dalam kebenaran dan kenyataan, Tubuh dan Darah Mahakudus Tuhan kita sendiri, di dalam Daging dan Darah. Kita mungkin melihatnya sebagai penampakan roti dan anggur, rasa roti dan anggur, aroma roti dan anggur, tetapi pada kenyataannya, esensi dari semua itu telah diubah sepenuhnya menjadi sesuatu di luar kemampuan pemahaman manusia kita, Misteri dari Iman kita.

Kita percaya kepada Tuhan dan dalam misteri Transubstansiasi, doktrin terpenting Gereja ini sejak awal dan yang dipromulgasikan pada Konsili Lateran Keempat pada awal abad ketiga belas, dan yang dilakukan oleh saudara-saudara kita di Timur. Gereja Timur juga meresmikan Sinode mereka di Yerusalem lima abad kemudian, percaya bahwa Tuhan sendiri telah memberikan Tubuh dan Darah-Nya yang Berharga dan Kudus untuk kita makan, makan dan minum sebagai makanan dan minuman yang nyata, dan bukan sebagai sesuatu yang imajiner atau hanya simbolis, sama seperti Dia menekankannya kepada orang-orang dalam khotbah-Nya tentang Roti Hidup sebagai Roti Sejati dari Surga jauh lebih tinggi dari roti manna surgawi yang telah secara ajaib diberikan oleh Tuhan kepada nenek moyang orang Yahudi, bangsa Israel selama empat puluh tahun perjalanan mereka ke Tanah Perjanjian. Dia merujuk pada peristiwa itu, membandingkan bagaimana leluhur mereka meninggal, tetapi mereka yang menerima Roti Hidup baru ini, yaitu Kristus Sendiri, mereka akan memiliki hidup kekal melalui Dia.

Ketika Tuhan menyebut diri-Nya sebagai Roti Hidup, Ia juga menyebutkan kepada orang-orang bahwa mereka tidak akan memiliki  kehidupan dan tidak tinggal di dalam-Nya kecuali mereka makan dari Tubuh-Nya dan minum Darah-Nya. Ia juga secara spesifik menyebutkan bahwa Tubuh-Nya adalah benar-benar Makanan, sedangkan Darah-Nya adalah benar-benar Minuman. Dia tidak mengatakan bahwa Dia memberi mereka simbol untuk dimiliki atau untuk dirayakan, tetapi sebaliknya, menggandakan pernyataan kebenaran-Nya sendiri, sampai-sampai banyak pengikut-Nya sendiri meninggalkan-Nya setelah momen khusus ini, yang ironisnya sangat mirip dengan bagaimana beberapa dari saudara seiman kita memilih untuk meninggalkan kebenaran yang sama tentang Kehadiran Nyata dalam Ekaristi.

Kepada murid-murid-Nya yang tersisa, kepada Dua Belas Rasul-Nya, Tuhan memberikan kuasa dan wewenang pada Perjamuan Terakhir ketika Dia menetapkan Sakramen Ekaristi Kudus. Perintah-Nya kepada mereka untuk 'lakukanlah ini sebagai kenangan akan Daku' adalah misi yang sangat penting, yang telah dijalankan dengan setia oleh para Rasul dan yang mereka sampaikan kepada semua penerus mereka, para uskup dan imam Gereja, yang telah ditahbiskan dan menerima kekuatan dan otoritas yang sama dari Tuhan untuk merayakan Kurban Kudus Misa.

Dengan berbagi dan mengambil bagian Tubuh dan Darah Tuhan maka kita memiliki Komuni Kudus dan Suci di dalam Gereja, yang kemudian membentuk Tubuh Kristus. Karena dalam berbagi Tubuh dan Darah Tuhan yang sama, kita telah dipersatukan melalui Kristus dan dijadikan satu sebagai umat yang diberkati oleh Tuhan dan mempersatukan kita untuk mengambil bagian bersama dalam Roti Hidup, Kristus Juruselamat kita, menjadi Tubuh Mistik Kristus, Gereja Yang Satu, Kudus, Katolik dan Kerasulan.

Dan dari masa awal Gereja kita memiliki bukti yang sangat kuat dan bukti ekstensif tentang Kehadiran Nyata dari para bapa dan pemimpin Gereja itu sendiri, seperti St. Ignatius dari Antiokhia, Uskup Antiokhia kedua dan penerus Santo Petrus di sana, yang berkata bahwa

“…Di dalamku membara keinginan bukan untuk benda-benda materi. Aku tidak menyukai makanan dunia… Yang kuinginkan adalah roti dari Tuhan, yaitu Tubuh Kristus… dan minuman yang kuinginkan adalah Darah-Nya: sebuah makanan perjamuan abadi.”
 
Santo Yustinus Martir dan para Bapa Gereja perdana serta orang-orang kudus lainnya juga setuju dengan kebenaran ini, Santo Yustinus Martir mengatakan: "
Kami menyebut makanan ini Ekaristi, dan tak satu orangpun diperbolehkan untuk mengambil bagian di dalamnya kecuali jika ia percaya kepada pengajaran kami… Sebab kami menerima ini tidak sebagai roti biasa atau minuman biasa; tetapi karena oleh kuasa Sabda Allah, Yesus Kristus Penyelamat kita telah menjelma menjadi menjadi manusia yang terdiri atas daging dan darah demi keselamatan kita, maka, kami diajar bahwa makanan itu yang telah diubah menjadi Ekaristi oleh doa Ekaristi yang ditentukan oleh-Nya, adalah Tubuh dan Darah dari Kristus yang menjelma dan dengan perubahan yang terjadi tersebut, maka tubuh dan darah kami dikuatkan.” 
    
Bagi Tuhan, segala sesuatu mungkin, dan semuanya bisa dilakukan, bahkan mengubah materi dan esensi, realitas roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah-Nya yang Berharga, untuk diberikan kepada kita dan untuk diambil secara layak demi keselamatan kita. . Dan pada Perjamuan Terakhir, yang disebutkan oleh Santo Ambrosius dari Milan dan Rasul Santo Paulus, Tuhan berfirman, 'Inilah Tubuh-Ku…' dan 'Inilah Piala Darah-Ku', sebagai Nyata-Nya, Tak Berubah. , Tubuh dan Darah yang Mahakudus dan Berharga, bukan tiruan, bukan simbol, bukan representasi, bahkan bukan kesatuan rohani, tetapi Korban Tuhan kita yang persis sama, nyata, lengkap, dan berdarah di kayu Salib di Kalvari.

Pernah ada kejadian terkenal dari orang-orang yang meragukan kebenaran ini yang akhirnya mengarah pada institusi perayaan besar Hari Raya Corpus Christi ini. Mukjizat Ekaristi Bolsena yang terkenal di tempat yang sekarang disebut Italia menandai salah satu dari banyak mukjizat Ekaristi besar lainnya yang dari waktu ke waktu mengingatkan kita akan kebenaran sakral dan realitas Kehadiran Nyata Tuhan dalam Ekaristi. Pada kesempatan itu, menurut tradisi, seorang imam sedang merayakan Ekaristi sambil meragukan Kehadiran Nyata. Segera setelah Konsekrasi, roti dan anggur berubah menjadi real Tubuh dan Darah Tuhan.

Dengan penegasan mukjizat-mukjizat ini, termasuk mukjizat sebelumnya di Lanciano dan tempat-tempat lain, di mana terjadinya 'Tubuh Kristus yang Berdarah dalam Hosti Ekaristi' terjadi, Paus melembagakan Pesta Corpus Christi untuk merayakan dan memberikan penekanan yang lebih besar pada inti ini. aspek iman dan keyakinan inti kita dalam Kehadiran Nyata Tuhan kita dalam Ekaristi, dalam Doktrin Transubstansiasi, di mana roti dan anggur dalam Kurban Kudus Misa diubah, sepenuhnya dan sepenuhnya, menjadi esensi, materi dan realitas Tubuh dan Darah Tuhan kita.

Sekarang, saudara dan saudari di dalam Kristus, setelah memperdalam pemahaman kita tentang sejarah yang kaya dari salah satu prinsip terpenting dari iman kita ini, bagaimana kita kemudian akan benar-benar merayakan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus Tuhan kita? Tidaklah cukup hanya kita merayakan hari ini dengan perayaan Misa Kudus yang khusyuk. Faktanya, kita semua perlu memiliki perubahan besar dalam cara kita memperlakukan Ekaristi dan bagaimana kita harus membalas hormat dan adorasi kita diberikan kepada Tuhan yang benar-benar hadir dalam Ekaristi.

Seorang terkemuka yang tidak percaya pada Kehadiran Nyata pernah berkata bahwa, jika kita benar-benar percaya kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh dan benar-benar hadir dalam Ekaristi, maka di hadapan Tuhan, dia akan sujud, dan merendahkan diri dalam doa dan penyembahan yang luar biasa. Sayangnya, ini tidak terlihat di antara banyak dari kita orang Kristen. Banyak dari kita memperlakukan Kehadiran Nyata Tuhan seolah-olah Dia hanyalah roti untuk dimakan, atau lebih buruk lagi, sebagai beban karena kita memperlakukan Misa sebagai beban kewajiban yang berat untuk kita penuhi.

Berapa banyak dari kita yang telah menerima Tuhan dengan iman dan dengan layak menerima Tubuh dan Darah-Nya ke dalam tubuh kita sendiri, ke dalam hati kita dan ke dalam diri kita sendiri? Ada kebutuhan besar bagi kita untuk memulihkan penghormatan dan penyembahan yang tepat serta adorasi yang harus kita berikan kepada Tuhan, Kehadiran-Nya yang Nyata dalam Ekaristi, dan itu harus dimulai dari kita dan dari kita. Kita harus mengalami perubahan besar dan mendalam tentang cara kita memandang Misa Kudus, menjadikannya bagian terpenting dari hidup kita dan memusatkan diri serta keberadaan kita pada Tuhan.

Dan setelah menerima Tuhan Sendiri kepada kita, seperti yang dikatakan Santo Paulus dalam Suratnya kepada Gereja dan umat beriman di Korintus, kita telah menjadi Bait Suci Roh Kudus, Bait Allah yang hadir dalam daging, dalam milik kita sendiri. tubuh. Di sini kita menjadi bait-Nya yang terbaik dan sempurna, lebih sempurna dan lebih baik daripada Kuil yang dibangun oleh Salomo dan raja Herodes. Tetapi apakah kita kemudian memperlakukan tubuh kita dan makhluk kita sebagai tempat tinggal yang layak bagi Tuhan kita? Atau apakah kita malah mencemari mereka dengan ketidaktaatan, kejahatan dan dosa kita?

Oleh karena itu hari ini, pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus ini, marilah kita memperbarui semangat dan iman yang harus kita semua miliki dalam Hadirat Sejati dalam Ekaristi, Tubuh dan Darah Kristus sendiri yang telah Dia berikan kepada kita semua untuk keselamatan kita melalui tangan para uskup dan imam-Nya. Marilah kita berusaha untuk menjadi layak menerima Tubuh dan Darah-Nya Kristus ke dalam diri kita sendiri, dan bersyukur atas Pengorbanan penuh kasih yang telah Dia lalui untuk kita, dengan menjalani kehidupan Kristen yang paling bajik dan patut dicontoh mulai sekarang. 
[RENUNGAN PAGI

Antifon Komuni (Yoh 6:56)

Siapa yang makan Daging-Ku dan minum Darah-Ku, tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, sabda Tuhan.

Whoever east my flesh and drinks my blood remains in me and I in him, says the Lord.

Qui manducat carnem meam, et bibit sanguinem meum, in me manet, et ego in eo, dicit Dominus.

 


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy