Seri Liturgi: YESUS ITU ALLAH

Seri Liturgi
YESUS ITU ALLAH

Syalom aleikhem.
Sebutan berikutnya untuk Yesus Kristus dalam Gloria adalah “Tuhan Allah, Anak Domba Allah, Putra Bapa” – Latinnya berbunyi “Dómine Deus, Agnus Dei, Fílius, Fílius Patris.”

Yesus disebut Tuhan Allah. Yesus adalah Allah? Sebelumnya dikatakan, Ia adalah Putra Allah, mengapa kini disebut Allah? Tak usah bingung. Sebutan Tuhan Allah untuk Yesus tak berlebihan, itu ungkapan yang alkitabiah, berasal dari Injil Yohanes 1:1 yang bunyi ayatnya demikian: “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

Yesus Kristus itu Firman Allah, Sang Firman yang telah menjadi manusia (Yoh. 1:14). Karena itu, Ia digelari “Anak Tunggal Bapa”. Sang Firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Sang Firman itu sesungguhnya adalah Allah. Firman Allah dan Allah tak mungkin terpisah sedetik jua. Firman Allah adalah kuasa penciptaan yang Allah miliki. Kita tahu, Allah menciptakan dengan Firman-Nya. Di situlah kita sampai pada keyakinan bahwa Yesus Kristus adalah Allah.

Gelar lain Yesus: Anak Domba Allah. Gelar ini mengingatkan kita akan perkataan Yohanes Sang Pembaptis dalam Yoh. 1:36: “Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah!” Jadi, gelar itu pun alkitabiah, bersumber dari Alkitab Suci.

Rev. D. Y. Istimoer Bayu Ajie
Katekis Daring