Paus mengumumkan berkat luar biasa Urbi et Orbi

Di Angelus pada hari Minggu, Paus Fransiskus mengundang semua orang Kristen untuk bersama-sama berdoa dalam doa Bapa Kami sebagai tanggapan terhadap pandemi Covid-19.

Oleh Christopher Wells

Paus Fransiskus pada hari Minggu menyerukan semua orang Kristen untuk menanggapi pandemi coronavirus “dengan universalitas doa, belas kasih, kelembutan”, menambahkan, “Mari kita tetap bersatu. Mari kita rasakan kedekatan kita dengan orang-orang yang paling kesepian dan berusaha ”.

Berbicara setelah pembacaan tradisional Angelus, Bapa Suci meminta semua orang Kristen untuk bergabung bersama dalam doa. "Di masa-masa sulit ini, sementara umat manusia bergetar karena ancaman pandemi, saya ingin mengusulkan kepada semua orang Kristen bahwa bersama-sama kita mengangkat suara kita ke Surga," katanya.

Pada hari Rabu, 25 Maret, hari raya Kabar Sukacita, ia telah mengundang “Para Kepala Gereja dan para pemimpin setiap komunitas Kristen, bersama dengan semua orang Kristen dari berbagai pengakuan, untuk memohon Yang Mahakuasa, Allah yang Mahakuasa, untuk membacakan di bersamaan dengan doa yang Yesus, Tuhan kita ajarkan kepada kita ”- Bapa Kami. “Pada hari itu di mana banyak orang Kristen mengingat Kabar Gembira kepada Perawan Maria tentang Inkarnasi Sabda”, Paus Fransiskus berdoa, “semoga Tuhan mendengarkan doa bersama dari semua murid-Nya yang sedang mempersiapkan diri mereka untuk merayakan kemenangan dari Kristus Yang Bangkit ”.

Berkat khusus Urbi et Orbi
Paus juga mengumumkan bahwa pada hari Jumat berikutnya, 27 Maret, ia akan memimpin doa sesaat di sagrato Basilika Santo Petrus, peron di atas tangga tepat di depan fa├žade Gereja. “Saya mengundang semua orang untuk berpartisipasi secara spiritual melalui sarana komunikasi”, katanya.

Gereja memberikan indulgensi khusus kepada pasien dan caregiver (Para pekerja kesehatan, anggota keluarga, dan mereka yang mengikuti teladan orang Samaria yang baik hati, yang membuat diri mereka rentan terhadap resiko penyebaran karena menolong pasien Coronavirus berdasarkan sabda Penebus Ilahi-RED) virus corona
 
Upacara akan terdiri dari bacaan dari Kitab Suci, doa permohonan, dan adorasi Sakramen Mahakudus; dan akan diakhiri dengan Paus Fransiskus memberikan Berkat Urbi et orbi, dengan kemungkinan mendapatkan indulgensi penuh bagi semua orang yang mendengarkannya hidup melalui berbagai bentuk komunikasi. Berkat "untuk Kota [Roma] dan Dunia" biasanya hanya diberikan pada Natal dan Paskah.

Direktur Kantor Pers Takhta Suci mengkonfirmasi bahwa waktu doa pada hari Jumat akan disiarkan langsung dari Vatikan, mulai pukul 6 sore waktu Roma. Dia mencatat bahwa indulgensi penuh yang melekat pada berkat Urbi et orbi tunduk pada kondisi yang diperkirakan oleh dekrit baru-baru ini dari Tribunal Tertinggi Penitensiaria Apostolik.

Doa untuk Kroasia
Pada akhir pidatonya setelah Angelus, Paus Fransiskus menyatakan kedekatannya dengan orang-orang Kroasia, yang dilanda gempa berkekuatan 5,4 Minggu pagi. Bapa Suci berdoa, "Semoga Tuhan Yang Bangkit memberi mereka kekuatan dan solidaritas untuk menghadapi musibah ini".

SUMBER:
https://www.vaticannews.va/en/pope/news/2020-03/pope-calls-for-christians-to-unite-in-prayer-for-end-to-pandemic.html