| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 14 Maret 2024 Hari Biasa Pekan IV Prapaskah

 
Credit: wwing/istock.com  
Kamis, 14 Maret 2024
Hari Biasa Pekan IV Prapaskah
  
“Kemenangan salib tidak tertutup bagi orang yang lemah, siapa pun juga” (St. Leo Agung)
    

Antifon Pembuka (Mzm 105:3-4)

Bergembiralah orang yang mencari Tuhan. Rindukanlah Tuhan dan kamu akan dikuatkan. Pandanglah selalu wajah-Nya.
 
Let the hearts that seek the Lord rejoice; turn to the Lord and his strength; constantly seek his face.
  
Doa Pagi

         
Allah Bapa Mahakudus, kami telah Kausucikan karena bertobat dan melatih diri dalam amal baik. Dengan rendah hati kami mohon kemurahan hati-Mu, semoga kami selalu menaati perintah-Mu dengan tulus ikhlas, agar dapat merayakan Paskah dengan hati murni. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.   
                               
Bacaan dari Kitab Keluaran (32:7-14)
 
"Allah menyesali malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya."
  
Di Gunung Sinai Allah berfirman kepada Musa, “Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak perilakunya. Begitu cepat mereka menyimpang dari jalan yang Kuperintahkan kepada mereka. Mereka telah membuat anak lembu tuangan, dan kepadanya mereka sujud menyembah serta mempersembahkan kurban, sambil berkata: Hai Israel, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.” Lagi firman Tuhan kepada Musa, “Telah Kulihat bangsa ini, dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk! Oleh sebab itu biarkanlah murka-Ku bangkit terhadap mereka, dan Aku akan membinasakan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar.” Lalu Musa mencoba melunakkan hati Tuhan, Allahnya, dengan berkata, “Mengapakah Tuhan, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang kuat? Mengapakah orang Mesir akan berkata: Dia membawa mereka keluar dengan maksud menimpakan malapetaka kepada mereka dan membunuh mereka di gunung dan membinasakannya dari muka bumi? Berbaliklah dari murka-Mu yang bernyala-nyala itu, dan menyesallah akan malapetaka yang hendak kaudatangkan kepada umat-Mu. Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya.” Dan menyesallah Tuhan atas malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.  
   

Mazmur Tanggapan
Ref. Ingatlah akan daku, ya Tuhan, demi kemurahan-Mu terhadap umatku.
Ayat. (Mzm 106:19-20.21-22.23)
1. Mereka membuat anak lembu di Horeb, dan sujud menyembah kepada patung tuangan; mereka menukar Yang Mulia dengan patung sapi jantan yang makan rumput.
2. Mereka melupakan Allah yang telah menyelamatkan mereka, yang telah melakukan hal-hal yang besar di tanah Mesir; yang melakukan perbuatan-perbuatan ajaib di tanah Ham, dan perbuatan-perbuatan dahsyat di tepi laut Teberau.
3. Maka Ia mengatakan hendak memusnahkan mereka, kalau Musa, orang pilihan-Nya, tidak mengetengahi di hadapan-Nya, untuk menyurutkan amarah-Nya, sehingga Ia tidak memusnahkan mereka.

Bait Pengantar Injil, do = bes, 4/4, PS 965
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Ayat. (Yoh 3:16)
Begitu besar kasih Allah kepada dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya, beroleh hidup yang kekal.
    
Inilah Injil Suci menurut Yohanes (5:31-47)
 
"Yang mendakwa kamu adalah Musa, yang kepadanya kamu menaruh pengharapan."
  
Sekali peristiwa, Yesus berkata kepada orang Yahudi, “Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar. Ada yang lain yang bersaksi tentang Aku, dan Aku tahu, bahwa kesaksian yang diberikan-Nya tentang Aku adalah benar. Kamu telah mengirim utusan kepada Yohanes, dan ia telah bersaksi tentang kebenaran. Tetapi Aku tidak memerlukan kesaksian dari manusia, namun Aku mengatakan hal ini, supaya kamu diselamatkan. Yohanes adalah pelita yang menyala dan bercahaya, dan kamu hanya mau menikmati seketika saja cahayanya itu. Tetapi Aku mempunyai suatu kesaksian yang lebih penting daripada kesaksian Yohanes, yaitu segala pekerjaan yang diserahkan Bapa kepada-Ku supaya Aku melaksanakannya. Pekerjan itu jualah yang sekarang Kukerjakan, dan itulah yang memberi kesaksian tentang Aku, bahwa Bapa yang mengutus Aku. Dialah yang bersaksi tentang Aku! Kamu tidak pernah mendengar suara-Nya, rupa-Nya pun tidak pernah kamu lihat, dan firman-Nya tidak menetap di dalam dirimu, sebab kamu tidak percaya kepada Dia yang diutus-Nya. Kamu menyelidiki Kitab-Kitab Suci, sebab kamu menyangka bahwa olehnya kamu mempunyai hidup kekal. Tetapi walupun Kitab-Kitab Suci itu memberi kesaksian tentang Aku, namun kamu tidak mau datang kepada-Ku untuk memperoleh hidup itu. Aku tidak memerlukan hormat dari manusia. Tetapi tentang kamu, memang Aku tahu bahwa di dalam hatimu kamu tidak mempunyai kasih akan Allah. Aku datang dalam nama Bapa-Ku, dan kamu tidak menerima Aku. Jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia. Bagaimanakah kamu dapat percaya, karena kamu menerima hormat seorang dari orang lain tetapi tidak mencari hormat yang datang dari Allah yang Esa? Jangan kamu menyangka bahwa Aku akan mendakwa kamu di hadapan Bapa; yang mendakwa kamu adalah Musa, yaitu Musa yang kepadanya kamu menaruh pengharapan. Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab Musa telah menulis tentang Aku. Tetapi jikalau kamu tidak percaya akan apa yang ditulis oleh Musa, bagaimanakah kamu akan percaya akan apa yang Aku katakan?”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan
 
  Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, Dalam bacaan pertama hari Kamis Pekan IV Prapaskah, dari Kitab Keluaran diceritakan kisah tentang apa yang terjadi pada saat orang Israel berkumpul di Gunung Sinai diceritakan kepada kita. Saat itu, bangsa Israel baru saja dibawa keluar dari tanah Mesir dalam Eksodus besar-besaran yang dipimpin oleh Tuhan, melalui hamba-Nya Musa, dan dibimbing ke Gunung Tuhan di Sinai. Di sanalah Tuhan membuat dan memperbaharui Perjanjian yang telah Dia buat dengan nenek moyang mereka, dengan Abraham, Ishak dan Yakub, dan menetapkan janji baru dan kepastian akan kasih-Nya, dan kemudian memberikan kepada mereka semua hukum dan perintah-Nya melalui Musa, yang dipanggil ke atas gunung untuk menerima sepuluh perintah Allah dan seluruh ajaran yang diberikan kepada mereka. Musa menghabiskan empat puluh hari penuh di puncak gunung, dan sementara itu, orang Israel di bawah memberontak melawan Tuhan.

Meskipun telah melihat kebesaran dan kasih Tuhan secara langsung, dengan semua keajaiban dan kekuatan besar yang telah Tuhan tunjukkan, dalam sepuluh tulah besar yang melanda Mesir dan memaksa orang Mesir dan Firaun mereka untuk melepaskan mereka, dan meskipun telah telah dibebaskan dari kekuatan tentara dan kereta Mesir yang mengejar mereka sampai ke Laut Merah, orang Israel masih meragukan Tuhan Allah mereka dan tidak beriman kepada-Nya. Tuhan telah menunjukkan dan membuktikan kekuatan dan kesetiaan-Nya kepada mereka, tidak pernah meninggalkan mereka pada waktu mereka membutuhkan, dan menyediakan bagi mereka selama seluruh perjalanan mereka di padang gurun menuju Tanah Perjanjian Kanaan, dengan perbekalan manna, roti dari surga sendiri, dengan kawanan burung dan juga persediaan air yang cukup dari bebatuan, yang telah diberikan Tuhan kepada mereka semua. Terlepas dari semua ini, mereka masih gagal untuk percaya dan menaruh kepercayaan mereka kepada-Nya.
  
Sebaliknya, mereka membuat patung anak lembu emas untuk diri mereka sendiri, kemungkinan meniru apa yang dimiliki orang Mesir untuk berhala mereka, karena salah satu dewa Mesir digambarkan sebagai lembu atau anak sapi, dan kemudian menyembah berhala itu sebagai dewa mereka, mengklaim bahwa itu adalah berhala ini yang telah menyelamatkan mereka dari tanah Mesir. Inilah yang membuat Tuhan sangat marah kepada umat-Nya, ketika Dia memberi tahu Musa tentang tindakan jahat orang-orang yang baru saja Dia selamatkan dan rawat, dan kemudian mereka mengkhianati-Nya demi berhala kafir yang mereka bangun dengan tangan mereka sendiri. Tuhan ingin menghancurkan seluruh bangsa Israel dan hanya menyelamatkan Musa, dan berjanji untuk membuatnya menjadi bangsa yang besar, tetapi Musa menengahi atas nama mereka dan memohon kepada Tuhan untuk mempertimbangkan kembali dan tidak menghancurkan orang-orang karena dosa mereka. Tuhan mendengarkan Musa dan menyelamatkan orang Israel, yang tetap harus menderita akibat pemberontakan mereka.

Dalam perikop Injil kita hari ini, kita kemudian mendengar tentang perkataan yang Tuhan Yesus katakan kepada orang-orang Yahudi, dengan orang-orang Yahudi di sini kemungkinan besar mengacu pada orang-orang yang menganut cara dan penafsiran orang Farisi dan ahli Taurat, dan karenanya, sering menentang Tuhan dan menolak untuk percaya kepada-Nya, karena mereka melihat Dia dan ajaran serta kebenaran-Nya sebagai penyimpangan dari hukum yang mereka praktikkan dan patuhi, hukum dan perintah yang sama yang diberikan Tuhan kepada Musa. Mereka bahkan mengaitkan pekerjaan Tuhan dengan pengaruh dan kolusi iblis, dan menuduh Tuhan Yesus menghujat Tuhan, karena mengklaim dapat mengampuni dosa dan menyebut Tuhan sebagai Bapa-Nya. Itulah sebabnya mereka terus mengeraskan hati dan pikiran mereka, menolak untuk mendengarkan Tuhan dan firman kebenaran-Nya, dan terus percaya bahwa cara dan penafsiran mereka terhadap hukum adalah yang benar.

Keangkuhan-keangkuhan, kesombongan dan kekeraskepalaan orang-orang itulah yang menghalangi mereka untuk datang kepada keselamatan di dalam Tuhan, dan untuk percaya kepada kebenaran-Nya, sama seperti nenek moyang mereka di Gunung Sinai telah memberontak melawan Tuhan dan tidak menaati-Nya. Itu karena mereka membiarkan kesombongan manusia, keserakahan dan keinginan duniawi serta keterikatan menggoda dan mempengaruhi mereka, sehingga mereka akhirnya jatuh ke jalan kejahatan dan dosa, dan semakin jauh dari Tuhan dan jalan-Nya. Akan menjadi takdir kita juga jika kita terus membiarkan diri kita teralihkan oleh godaan dan keterikatan duniawi di sekitar kita, dan jika kita membiarkannya berhala duniawi dalam hidup kita untuk menyesatkan kita, yaitu berhala ketenaran, kemuliaan, kekayaan, kesenangan dan banyak lainnya. Inilah berhala-berhala dunia modern kita, berhala-berhala yang akan mengalihkan perhatian kita dari fokus yang seharusnya kita semua miliki di dalam Tuhan.

Itulah sebabnya pada masa Prapaskah ini, kita semua diingatkan untuk kembali memfokuskan hidup dan perhatian kita kepada Tuhan. Semoga Tuhan memberkati kita selalu, dalam segala hal, sekarang dan selama-lamanya. Amin.
 
         
Antifon Komuni (Yer 31:33)
 
Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
  
I will place my law within them, and I will write it upon their hearts; and I will be their God, and they shall be my people, says the Lord. 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
   
Doa Malam
 
Allah Bapa Maha Pengasih, cahaya telah bersinar di antara manusia, yakni Yesus Kristus, saksi sejati. Kami mohon, semoga kami menaati sabda-Nya dan menaruh cinta kasih pada nama-Nya. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami. Amin.  
 
 
RENUNGAN PAGI

 

 Commentary of the day
(Oleh Paus Benediktus XVI, 7 Februari 2008) 
 
Saat ini kita terbiasa berpikir: apakah dosa itu? Tuhan maha besar, Dia mengerti kita, jadi dosa tidak dihitung, pada akhirnya Tuhan akan baik terhadap semua. Itu harapan yang bagus. Tapi ada keadilan, dan ada rasa bersalah yang nyata. Mereka yang telah menghancurkan manusia dan bumi tidak bisa langsung duduk di meja Tuhan, bersama dengan para korbannya.
 
Tuhan menciptakan keadilan. Kita harus mengingat hal ini. Oleh karena itu, penting juga bagi saya untuk menulis tentang api penyucian dalam ensiklik tersebut, yang bagi saya merupakan suatu kebenaran yang nyata, begitu jelas dan juga sangat penting dan menghibur, sehingga tidak dapat diabaikan.
 
Saya mencoba mengatakan: mungkin tidak banyak orang yang telah menghancurkan diri mereka sendiri secara total, yang tidak dapat diperbaiki lagi selamanya, yang tidak lagi memiliki unsur apa pun yang dapat diandalkan oleh kasih Tuhan, yang tidak lagi mempunyai kapasitas sedikit pun untuk mencintai dalam diri mereka sendiri. Ini akan menjadi neraka. Di sisi lain, tentu saja hanya sedikit – atau setidaknya tidak terlalu banyak – yang begitu murni sehingga mereka dapat segera bersekutu dengan Tuhan.
 
Banyak di antara kita yang berharap ada sesuatu yang bisa diselamatkan dalam diri kita, kesediaan terakhir untuk melayani Tuhan dan melayani manusia, untuk hidup sesuai dengan Tuhan. Tapi ada begitu banyak, banyak luka, begitu banyak kotoran. Kita perlu bersiap, untuk dimurnikan. Inilah pengharapan kita: walaupun dengan banyaknya kotoran dalam jiwa kita, pada akhirnya Tuhan memberi kita kemungkinan, Dia akhirnya membasuh kita dengan kebaikan-Nya yang datang dari salib-Nya. Dengan demikian Dia menjadikan kita mampu hidup bagi-Nya selamanya. Dan dengan demikian surga adalah harapan, keadilan akhirnya terwujud. Dan hal ini juga memberi kita kriteria untuk hidup, sehingga saat ini bisa menjadi surga, sinar surga yang pertama. Ketika manusia hidup sesuai dengan kriteria ini, sedikit surga muncul di dunia, dan ini terlihat.
 
Bagi saya, hal ini juga merupakan demonstrasi kebenaran iman, perlunya mengikuti jalan perintah, yang harus kita bicarakan lebih sering. Ini benar-benar merupakan tanda-tanda di sepanjang jalan, dan menunjukkan bagaimana menjalani hidup dengan baik, bagaimana memilih kehidupan. Oleh karena itu, kita juga harus berbicara tentang dosa dan tentang sakramen pengampunan dan rekonsiliasi. Orang yang tulus tahu bahwa dia bersalah, mereka harus memulai dari awal, bahwa dia harus disucikan. Dan inilah kenyataan menakjubkan yang Tuhan tawarkan kepada kita: ada kemungkinan untuk pembaharuan, untuk dijadikan baru. Tuhan memulai kembali dengan kita, dan dengan demikian kita juga dapat memulai kembali dengan orang lain dalam hidup kita.
 
Aspek pembaruan ini, pemulihan keberadaan kita setelah begitu banyak kesalahan, setelah begitu banyak dosa, adalah janji besar, anugerah besar yang ditawarkan Gereja. Dan hal itu, misalnya, tidak dapat ditawarkan oleh psikoterapi. Psikoterapi sangat tersebar luas saat ini, dan juga diperlukan, dalam menghadapi begitu banyak pikiran yang hancur atau terluka parah. Namun kemungkinan psikoterapi sangat terbatas: psikoterapi hanya dapat mengembalikan sedikit keseimbangan pada jiwa yang bermasalah. Namun hal ini tidak dapat membawa pembaharuan yang sejati, suatu kemenangan atas penyakit-penyakit jiwa yang berat ini. Oleh karena itu, hal ini selalu bersifat sementara, dan tidak pernah bersifat pasti.
 
Sakramen Tobat memberi kita kesempatan untuk memperbaharui diri kita secara menyeluruh dengan kuasa Allah – “ego te absolvo” – yang mungkin terjadi karena Kristus menanggung segala dosa dan kesalahan ini ke dalam diri-Nya. Bagi saya, hal ini sangat dibutuhkan saat ini. Kita bisa disembuhkan. Jiwa-jiwa yang terluka dan sakit, sebagaimana pengalaman semua orang, tidak hanya membutuhkan nasehat, namun juga pembaharuan sejati, yang hanya bisa datang dari kuasa Allah, dari kuasa Kasih yang tersalib. Bagi saya, inilah rangkaian misteri besar yang pada akhirnya benar-benar berdampak pada kehidupan kita. Kita sendiri harus merenungkannya lagi, dan membawanya kembali kepada masyarakat kita. (Paus Benediktus XVI, Pertemuan dengan para pastor paroki dan imam Keuskupan Roma, 7 Februari 2008)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy