| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Waspadai Ciuman Yudas

 



Dalam kegelapan malam, dia mendaki gunung menuju taman tempat Yesus pergi berdoa. Memimpin kerumunan bersenjata (Lukas 22,47-48), Yudas mendekati Tuhan dan menciumnya. Tidak diragukan lagi, pada banyak kesempatan lain, Yudas pernah mencium Gurunya; itu adalah cara khas untuk menyapa guru atau rabinya.

Ciuman ini memberikan dampak yang berbeda. Kerumunan yang mengikuti Yudas berusaha menangkap Yesus, dan ciuman Yudas mengidentifikasi Dia di mata mereka. Yudas telah bersekongkol dengan para pemimpin Yahudi untuk menyerahkan Yesus ke tangan mereka, dan, mengetahui bahwa Taman Getsemani adalah tempat favorit Yesus, dia memilih untuk mengkhianati Yesus dengan menyerahkannya kepada musuh-musuhnya di tempat itu.

Ketidaksetiaan Yudas bukannya tidak diketahui Yesus. Dia telah menyuruh Yudas keluar dari perjamuan terakhir dengan perintah untuk tidak menundanya (Yohanes 13:27). Namun Yesus pun takjub melihat keberanian seorang murid yang membawa tanda kasih sayang kepada Gurunya.

Rupanya Yudas tidak sekadar mencium Yesus asal-asalan. Kata Yunani yang diterjemahkan "ciuman" menunjukkan bahwa Yudas menciumnya dengan hangat... seolah-olah dia adalah murid yang berdedikasi, mungkin direncanakan dengan maksud untuk memperingatkan Yesus tentang kelompok yang mengikutinya. Jika itu adalah niat-Nya, Yesus tidak tertipu, karena Dia bertanya tentang cara-cara pengkhianatan!

Hati-hati dengan ciuman Yudas. Kasih sayang palsu itulah yang menyembunyikan motif sebenarnya dari orang yang menawarkannya. Yudas mungkin tampak menunjukkan kasih sayang kepada orang biasa, namun kenyataannya adalah bahwa Setan telah memasuki hatinya dan dalam kegelapannya dia menjual Gurunya seharga tiga puluh koin perak.

Ada orang saat ini yang memanfaatkan ciuman Yudas untuk mendapatkan keuntungan atau karena tidak berani menunjukkan perasaannya yang sebenarnya. Di beberapa budaya, berciuman tidak lagi digunakan seperti yang lazim di Timur Tengah. Namun di tempat-tempat ini, jabat tangan, senyuman hangat, dan sapaan ramah yang mereka gunakan tidak selalu mencerminkan perasaan sebenarnya dari orang yang menawarkannya.

Petrus menulis: “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.” (1 Petrus 1:22). Fakta bahwa Petrus menyebutkan “kasih yang tidak palsu” dari saudara-saudara menunjukkan kemungkinan adanya kasih yang tidak tulus atau palsu di antara saudara-saudara. Kita harus berhati-hati untuk tidak menggunakan "kasih sayang" yang kita miliki terhadap satu sama lain sebagai topeng kebencian atau dendam yang sebenarnya kita rasakan. Kebencian dan dendam memang salah, tapi menutupinya dengan perasaan palsu bukanlah solusi!

    "Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah." (Amsal 27:6) Yohanes mengatakan bahwa kasih kita harus dalam kebenaran dan tindakan, tidak hanya dalam perkataan (1 Yohanes 3:18)!—Monsinyur Andre Sampaio

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy