| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Pengetahuan dan Kebaikan

 



1. Pandangan Joseph DeMaistre tentang hubungan antara pengetahuan dan kebaikan mungkin tampak sedikit ekstrem, namun itu hanyalah kebenaran. “Jika perlindungan pendidikan tidak dikembalikan kepada Gereja, dan jika pengetahuan tidak selalu berada di bawah kebaikan, maka kejahatan yang menanti kita tidak akan terhitung. Ilmu pengetahuan akan menganiaya kita. Karena itu, manusia akan menjadi lebih biadab daripada orang barbar.”

Kita tidak ingin berbicara sedikit pun tentang ilmu pengetahuan. Ini adalah anugerah dari Tuhan, yang telah memberi kita kecerdasan untuk mengetahui kebenaran. Namun kebenaran, seperti segala sesuatu yang diciptakan, berasal dari Tuhan dan harus membawa kita kembali kepada Tuhan. Sama halnya dengan pengetahuan. Jika kita menyelidiki rahasia alam dan tidak menjadikannya sebuah tangga yang membantu kita untuk mendaki menuju Pencipta kita, maka kita akan menjungkirbalikkan tatanan alam dan pasti akan terjatuh ke belakang. Melalui kerja keras kita, kita dapat memperoleh penguasaan atas kekuatan alam yang tersembunyi. Jika kita tidak menggunakannya untuk memberi manfaat bagi umat manusia, tetapi untuk menghancurkan saudara-saudara kita yang kita sebut musuh, maka kita lebih buruk daripada Kain. Ilmu pengetahuan yang tidak memberikan kebaikan lebih buruk daripada barbarisme. Yang terakhir ini hanya mempunyai sedikit alat pemusnah yang dapat digunakan. Namun ketika ilmu pengetahuan memberontak terhadap idealisme yang masuk akal, dan menjadikan dirinya mutlak, hal itu dapat menghancurkan semua keindahan dan kebaikan yang kita warisi selama berabad-abad.

2. Supremasi kebaikan atas pengetahuan harus diakui baik dalam praktik maupun teori. Percuma bahkan merugikan kita untuk berani jika kita tidak juga baik. Seringkali pengetahuan ibarat senjata di tangan seorang anak kecil. Jika anak tersebut nakal atau ceroboh, ia dapat menimbulkan kerusakan yang besar dengan senjatanya. Sebelum segalanya, kita harus menjadi baik. Kita harus memiliki kebaikan Kristiani yang mencakup semua kebajikan dan berpuncak pada kasih kepada Tuhan dan sesama kita. Begitu kita memperoleh kebaikan ini, ilmu pengetahuan akan memperoleh manfaat darinya. Ini akan menjadi sarana pencerahan yang ampuh, bukan kehancuran. Ini bukan lagi sekadar pengetahuan; itu akan menjadi kebijaksanaan. Ini akan mengajarkan kita bagaimana hidup dan menunjukkan tujuan kita yang tepat. Singkatnya, hal ini akan menjadi instrumen kebajikan yang akan memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan umat manusia.

3. Ilmu pengetahuan terlalu mudah diagung-agungkan saat ini. Namun pengetahuan demi pengetahuan tidak membawa kita kepada Tuhan dan seringkali merupakan kebodohan atau lebih buruk lagi. Hal ini dapat menjadi alat kejahatan dan kehancuran fisik dan spiritual. Inilah sebabnya mengapa Santo Paulus menulis: “Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.” (Rm. 12:3) ”Pengetahuan membuat sombong,” katanya, ”tetapi kasih membangun.” (1 Kor. 8:1)

“Pengetahuan yang rendah hati tentang diri sendiri,”
kata 'The Imitation of Christ' kepada kita, “adalah jalan yang lebih pasti menuju Tuhan daripada penelitian mendalam setelah ilmu pengetahuan. Pengetahuan tidak bisa disalahkan... tetapi hati nurani yang baik dan kehidupan yang bajik selalu menjadi kuncinya. lebih diutamakan. Tetapi karena banyak yang lebih bersusah payah untuk belajar daripada menjalani kehidupan yang baik, oleh karena itu mereka sering tersesat." (Bk. 1, Bab 3) Maka marilah kita mempelajari segala sesuatu yang dituntut oleh kedudukan kita dalam kehidupan, dan sebanyak yang kita mampu. Namun yang terpenting marilah kita belajar menjadi baik dan suci. Jika kita gagal dalam hal ini, sisanya tidak ada gunanya dan berbahaya.—Antonio Kardinal Bacci, Meditasi untuk Setiap Hari, 1959.

   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy