| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Temperamen kita

 

1. Sebagaimana setiap orang mempunyai ciri-ciri fisiknya masing-masing, ia juga mempunyai wataknya sendiri yang khas. Karakter kitalah yang membedakan kita dan menjadikan kita seperti ini. Temperamen dasar kita sendiri tidak baik atau buruk. Ini adalah watak jasmani dan rohani yang dapat mendorong kita ke arah kebajikan dan ke arah dosa. Tidak ada dua orang yang memiliki karakter yang persis sama, namun kita dapat membagi mereka ke dalam empat kategori utama. Tentu saja ini merupakan klasifikasi yang dibuat-buat, karena setiap orang, pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, mempunyai atribut-atribut yang sesuai dengan masing-masing kategori.

Secara garis besar kita dapat membedakan (1) tipe optimis, (2) tipe gugup, (3) tipe koleris, dan (4) tipe apatis. Orang yang termasuk dalam kategori pertama adalah orang yang periang, lincah, cerdas, dan sering kali terburu nafsu. Mereka mudah terdorong untuk mulai membidik tujuan yang baik atau buruk, namun biasanya mereka kurang memiliki keteguhan dan kegigihan dalam mencapai tujuan. Seringkali mereka dengan antusias terjun ke dalam suatu usaha, namun meninggalkannya karena kurangnya ketekunan. Pada kategori kedua, sistem saraf berkembang hingga tingkat yang sangat baik dibandingkan dengan bagian lain dari organisme manusia. Orang-orang ini sensitif daripada aktif. Pada saat-saat stabil, mereka dapat mencapai banyak hal dalam waktu yang sangat singkat. Namun mereka mudah patah semangat. Mereka rentan terhadap depresi dan sangat menderita, terkadang murni akibat imajinasi yang tidak teratur. Mereka membutuhkan simpati dan pengertian. Karakter koleris bersifat impulsif dan penuh gairah. Mereka mempunyai kemauan yang sangat besar, namun hal ini perlu dikendalikan dan dialihkan ke jalur yang benar agar tidak meluap ke dalam segala bentuk ekses. Sebaliknya, orang yang apatis adalah orang yang bodoh dan apatis. Mereka tidak pernah terburu-buru. Mereka tidak pernah bersemangat. Mereka dingin, penuh perhitungan, dan kurang antusias. Namun mereka adalah tuan bagi diri mereka sendiri dan jika mereka cerdas dan mampu, mereka dapat melakukan banyak pekerjaan dengan sedikit usaha dan berhasil keluar dari situasi yang paling sulit. Alangkah bermanfaatnya bagi manusia untuk mempelajari dan mengenal tabiatnya sendiri agar mampu membentuknya sebagaimana mestinya.

2. Ada teori yang mengatakan bahwa tidak mungkin membentuk karakter, karena karakter kita adalah dan akan selalu menjadi apa yang diberikan alam kepada kita. (Horace, Ep. 1, 10:24: “Anda mengusir alam dengan garpu rumput, tetapi hanya sampai alam itu kembali lagi.”) Montaigne dan Rousseau memperluas gagasan Horace ini hingga menyatakan bahwa alam upaya untuk membentuk karakter, sebagaimana yang diinginkan oleh alam, adalah tindakan yang jahat dan berlebihan.

Memang benar bahwa alam tidak dapat dibendung, namun dapat dibentuk dan diperbaiki melalui pendidikan yang sehat dan terarah. Temperamen alamiah kita dapat diumpamakan dengan ladang yang tidak digarap dan ditumbuhi rumput liar dan semak belukar, atau dengan seekor kuda yang masih liar dan belum terbiasa bekerja. Ia penuh dengan energi tersembunyi dan naluri yang tidak diatur; berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Ini akan menjadi, seperti yang dikatakan Dante, "hutan yang luas, liar dan kasar". (Inferno, 1:5) Jadi karakter perlu dibentuk di bawah bimbingan seorang guru yang baik dan tunduk pada hikmat dan rahmat Tuhan.

3. Setiap orang di antara kita wajib melatih wataknya dengan baik. Yang terpenting, kita perlu mengenal diri kita sendiri sebagai hasil meditasi dan pemeriksaan hati nurani agar kita mampu mengoreksi dan mengubah perangai kita. Formasi seperti ini lambat dan sulit, namun kita harus mengatasi kesulitan tersebut dengan sabar dan tekun. Tidak perlu berkecil hati. Syarat utama kita dalam memerangi naluri jahat kita adalah rahmat Tuhan yang harus kita doakan dengan sungguh-sungguh. Kita membutuhkan pembimbing spiritual yang tercerahkan yang akan membimbing dan menyemangati kita. Yang terakhir, kita memerlukan tekad untuk berhasil, yang tanpanya kasih karunia Allah tidak dapat mencapai transformasi Kristiani dalam karakter kita.—Antonio Kardinal Bacci, Meditasi untuk Setiap Hari, 1959.
 
 
   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy