| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sabtu Pagi-Sore, 30 Maret 2024 Hari Sabtu Suci

 
Sabtu Pagi-Sore, 30 Maret 2024
Hari Sabtu Suci 
 
Tidak ada perayaan Ekaristi pada hari Sabtu sebelum petang tiba. 
 
Pada pagi hari dapat diadakan ibadat pagi bersama di gereja, teks panduan klik tautan ini
 
 Doa Pagi
    
Allah yang kekal dan kuasa, Putra-Mu yang tunggal telah turun ke alam maut dan naik kembali dengan mulia. Semoga semua orang beriman yang telah dikuburkan bersama Kristus dalam pembaptisan bangkit pula bersama Dia kepada kehidupan abadi. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

    
Renungan


Setelah peringatan Sengsara dan wafat Tuhan pada Jumat Agung, Gereja diliputi keheningan.

Sabtu Suci adalah selingan antara rasa sakit kematian Yesus dan sukacita kebangkitan-Nya. Tidak ada liturgi yang dirayakan pada pagi hingga sore hari. Dalam penantian yang hening, komunitas Kristen menghidupkan kembali kehilangan murid-murid Kristus ketika ingatan dan meditasi. Pada hari Sabtu Suci Gereja tinggal di makam Tuhan, merenungkan penderitaan, wafat dan turun-Nya ke alam maut (Bdk. Missale Romanum, Sabbato sancto; Symbolum Apostolorum; 1 Ptr 3:19) dan menantikan kebangkitan-Nya dengan puasa dan doa. Amat dianjurkan, untuk merayakan ibadat bacaan dan ibadat pagi bersama jemaat (Bdk. PPP No. 40). Di mana hal ini tak mungkin, hendaknya diadakan ibadat Sabda atau kebaktian yang sesuai dengan misteri hari ini. Gambar Kristus - pada salib, beristirahat di makam atau turun ke alam maut -, yang menjelaskan misteri Sabtu Paskah, atau juga gambar Bunda berduka, dapat dipasang dalam gereja untuk dihormati kaum beriman. Pada hari ini Gereja tak merayakan Kurban Misa. (Missale Romanum, Sabbato sancto). Komuni Suci hanya dapat diberikan sebagai bekal suci. Perayaan sakramen perkawinan dan sakramen-sakramen lain, kecuali sakramen tobat dan orang sakit, tak boleh diberikan. (Perayaan Paskah dan Persiapannya No. 73-75).

Sabtu Suci telah dengan tepat didefinisikan oleh beberapa orang sebagai "hari terpanjang", waktu refleksi yang dapat meluas ke dalam kehidupan masing-masing. Tidak ada perayaan Ekaristi pada pagi hingga sore hari, orang Kristen menunggu dalam keheningan dan menghidupkan kembali kecemasan para rasul setelah kematian Yesus. Selama berabad-abad bahkan ada puasa yang ketat pada hari Sabtu Suci, yang tidak mengizinkan makanan untuk dimakan untuk memperingati hari yang menyakitkan ini. Banyak yang akan tinggal di gereja sepanjang malam Jumat Agung, menemani Yesus di dalam kubur.

Sebuah homili dari abad ke-2 menegaskan suasana umum di gereja, “Sesuatu yang aneh sedang terjadi - Hari ini kesunyian besar meraja di bumi, kesunyian besar dan keheningan besar. Kesunyian besar karena Sang Raja sedang tertidur. Dunia gemetar dan ia menjadi bisu karena Allah telah jatuh tertidur dalam daging dan Ia telah membangkitkan semua orang yang telah tidur sejak dunia dijadikan. Allah telah meninggal dalam daging dan neraka gemetar ketakutan.”
 
Menurut Tradisi dan ajaran Gereja, pada hari Sabtu Suci Tuhan Yesus turun ke tempat penantian, ketika Tuhan membebaskan semua orang yang dianggap layak untuk diselamatkan dan membawa mereka keluar dari tempat penantian mereka, dan Anda bisa membayangkan jenis sukacita yang harus dimiliki oleh jiwa-jiwa orang beriman yang telah meninggal itu setelah menyaksikan terang Tuhan datang ke tengah-tengah mereka, membebaskan mereka, sama seperti bagaimana orang Israel dibawa keluar dari perbudakan mereka di Mesir menuju kebebasan, dan ke Tanah Perjanjian. Dan kita semua berbagi dalam sukacita yang sama karena melalui baptisan, pada kenyataannya, kita juga telah berbagi dalam kematian Kristus, mati terhadap cara hidup kita yang lama, dan berjuang untuk selanjutnya, untuk menjalani kehidupan yang benar-benar layak bagi Allah.
        
 Katekismus Gereja Katolik No. 633 menjelaskan, "Kitab Suci menamakan tempat perhentian orang mati, yang dimasuki Kristus sesudah kematian-Nya “neraka”, “sheol” atau “hades” (bdk. Flp 2:10; Kis 2:24; Why 1:18; Ef 4:9), karena mereka yang tertahan di sana tidak memandang Allah (bdk. Mzm 6:6; 88:11-13). Itulah keadaan semua orang yang mati sebelum kedatangan Penebus, apakah mereka jahat atau jujur (bdk. Mzm 89:49; I Sam 28:19; Yeh 32:17-32). Tetapi itu tidak berarti bahwa mereka semua mempunyai nasib sama. Yesus menunjukkan hal itu kepada kita dalam perumpamaan tentang Lazarus yang miskin, yang diterima (bdk. Luk 16:22-26) “dalam pangkuan Abraham”. “Jiwa orang jujur, yang menantikan Penebus dalam pangkuan Abraham, dibebaskan Kristus Tuhan waktu Ia turun ke dunia orang mati” (Catech. R. 1,6,3). Yesus tidak datang ke dunia orang mati untuk membebaskan orang-orang terkutuk dari dalamnya (bdk. Sin. Roma 745: DS 587), juga tidak untuk menghapuskan neraka (bdk. DS 1011; 1077), tempat terkutuk, tetapi untuk membebaskan orang-orang benar, yang hidup sebelum Dia (bdk. Sin Toledo IV 625: DS 485; bdk juga Mat 27:52-53).
   
Salah satu alasan untuk "keheningan besar" ini adalah untuk masuk ke dalam rasa sakit kematian Yesus dan kehilangan yang pasti dirasakan para rasul. Pikirkan dulu sebentar. Sementara Yesus mengajar mereka terus-menerus tentang kebangkitannya, para rasul kemungkinan memiliki beberapa keraguan, melihat kematian Guru mereka wafat. Mereka mungkin berpikir dalam hati, “Jika Dia adalah Mesias, mengapa Dia mati? Aku pikir Dia berkata Dia akan bangkit dari kematian?” Dengan cara ini Sabtu Suci adalah hari keraguan dan kesedihan, tidak tahu apa yang harus dilakukan atau apa yang harus dipercaya. Reformasi liturgi Paus Pius XII dalam beberapa hal telah "mengembalikan" Sabtu Suci sebagai hari hening dan harapan, di mana setiap orang Kristen, bahkan hari ini, merenungkan kematian Yesus dan pada dirinya sendiri, mempersiapkan diri untuk akhir yang tak terelakkan dari kehidupan duniawi.
 
Pada hari ini, iman diuji karena Mesias sudah mati dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Kita hanya bisa hidup, berharap kekosongan akan terpenuhi. Bahkan jika semuanya tampak sunyi, Kristus sedang bekerja. Faktanya, menurut tradisi kuno, pada hari ini, Yesus turun ke alam kematian untuk menyelamatkan manusia sebelum kedatangan Kristus dan membawanya bersama-Nya ke surga, di mana Dia mendahului kita dan di mana Dia menunggu kita dengan tangan terbuka. 
 
Di alam orang mati, Yesus bertemu Adam, manusia pertama yang di sini melambangkan seluruh umat manusia, membangunkannya dari tidurnya dan menyatakan keselamatan-Nya yang darinya tidak seorang pun dikecualikan. Bahkan, Yesus menciptakan jembatan antara makam dan Kerajaan Allah. Dia membawa senjata salib yang sempurna karena dengan kematian dia menaklukkan kematian. Saatnya Ibu selama sekitar tiga puluh tahun atau lebih, Sabtu Suci juga telah dirayakan sebagai Hari Ibu sesuai dengan tradisi Bizantium. Fokusnya adalah pada sosok Maria, di mana pada hari Sabtu Suci, kita menemukan baik rasa sakit kehilangan Putra tunggalnya yang terkasih dan harapan kebangkitan-Nya. 
    
Bahkan Malam Paskah dimulai dalam keheningan, dalam kegelapan total gereja. Namun, kabar baiknya adalah bahwa Yesus, terang dunia, telah benar-benar bangkit dan melenyapkan kegelapan dan keraguan apa pun yang mungkin kita miliki.  Hanya setelah mengalami keheningan Sabtu Suci, kita dapat benar-benar menghargai perayaan Malam Paskah yang nyaring dan penuh sukacita. Setiap bagian dari Triduum Suci memiliki makna, dan ketika kita dapat memasukinya sepenuhnya, hati kita terangkat dengan cara yang sulit untuk dijelaskan. (RCC RENUNGAN PAGI)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy