| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 14 Mei 2024 St. Matias, Rasul

 
Public Domain

 Saudara-saudari, hari ini Gereja memperingati Santo Matias Rasul, salah satu dari Dua Belas Rasul, yang kehidupan dan tindakannya, inspirasi dan teladannya harus dapat menginspirasi kita untuk mengikuti teladan dan karya-karyanya, dan karya para rasul. Dalam Kisah Para Rasul, Santo Petrus membahas siapa yang harus menggantikan Yudas. Dia kemudian mulai melalui serangkaian kriteria sebelum berdoa kepada Tuhan memohon bimbingan, akhirnya memilih Matias. 
 
Menjadi saksi kebangkitan Yesus merupakan kualifikasi penting, terutama bagi Gereja muda yang perlu meyakinkan orang lain bahwa Yesus telah bangkit dari kematian. St Matias dipilih untuk menggantikan Yudas Iskariot, pengkhianat yang telah mengkhianati Tuhan Yesus, sebagai salah satu dari dua belas Rasul. Dan sebagai anggota Dua Belas, St Matias terlibat secara luas dalam upaya misionaris Gereja seperti para Rasul lainnya, di mana mereka pergi dari satu tempat ke tempat lain, mewartakan Injil dan kebenaran Allah kepada lebih banyak orang, dan mempertobatkan lebih banyak lagi kepada Tuhan. St Klemens dari Aleksandria menganggap kutipan berikut ini berasal dari St. Matias, “Adalah penting bagi kita untuk memerangi kedagingan, dan memanfaatkannya, tanpa memanjakannya dengan kepuasan yang melanggar hukum. Adapun jiwa, kita harus mengembangkan kekuatannya dengan iman dan pengetahuan.”

Selasa, 14 Mei 2024 Pesta St. Matias, Rasul (Novena Roh Kudus Hari Kelima)

 

Selasa, 14 Mei 2024
Pesta St. Matias, Rasul 
    
Siapa selain Tuhan yang bisa memberimu kedamaian? Pernahkah dunia mampu memuaskan hati? (St. Gerard Majilla

   
DOA NOVENA ROH KUDUS LIHAT DI PUJI SYUKUR MULAI NOMOR. 90
       
"Kaca Patri Agnus Dei - ditemukan di Katedral Florence (Basilica di Santa Maria del Fiore), Italia" Credit: mammuth/istock.com

Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.
  

Doa Penerangan Roh Kudus PS 147


Ya Bapa, utuslah Roh Kudus memenuhi hati umat-Mu, dan menyalakan di dalamnya api cinta-Mu.

P. Utuslah Roh-Mu, maka semuanya akan dicipta kembali.
U. Dan Engkau akan membaharui muka bumi.

Marilah kita berdoa (hening).
Ya Allah, Engkau telah mengajar hati umat-Mu dengan penerangan Roh Kudus. Berilah supaya berkat Roh yang kudus ini kami senantiasa berpikir benar, bertindak bijaksana, serta selalu bergembira karena penghiburan-Nya. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.
    
  

Antifon Pembuka (Yoh 15:16)

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. Alleluya. 
  
It was not you who chose me, says the Lord,but I who chose you and appointed you to go and bear fruit,fruit that will last.
  
Pada Misa ini ada Madah Kemuliaan 
     
Doa Pagi

Allah Bapa yang Maha Pengasih, pemegang nasib kami, Santo Matias telah Kautambahkan pada kelompok dua belas rasul-Mu. Semoga berkat doa dan ajarannya kami selalu merasa gembira karena Kaupanggil dan Kaumasukkan ke dalam kelompok pilihan-Mu. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
       
Bacaan dari Kisah Para Rasul (1:15-17.20-26)
 
"Yang kena undi adalah Matias; dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas murid."
 
Pada waktu itu berdirilah Petrus di tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya. Ia berkata, “Hai, Saudara-saudara, harus digenapi nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud, tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu. Dahulu ia termasuk bilangan kami, dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini. Sebab ada tertulis dalam Kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya. Dan lagi: Biarlah jabatannya diambil orang lain. Jadi harus ditambahkan kepada kami satu orang yang dipilih dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami, yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke surga meninggalkan kami. Bersama kami ia harus menjadi saksi tentang kebangkitan Yesus.” Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan juga bernama Yustus, dan Matias. Mereka semua lalu berdoa, “Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang! Tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini, untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas, yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya.” Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu, dan yang kena undi adalah Matias. Dengan demikian Matias ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati