Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?

Jumat, 27 Maret 2015
Hari Biasa Pekan V Prapaskah (Hari Pantang)

  
Yer. 20:10-13; Mzm. 18:2-3a,3bc-4,5-6,7; Yoh. 10:31-42.

"Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?"
 
Yesus sama sekali tidak melakukan kejahatan atau pekerjaan tertentu yang pantas mendatangkan kebencian dan permusuhan bagi-Nya. Dalam Dia, sama sekali tidak ada dosa (1Yoh 3,5). Semua pekerjaan yang dilakukan-Nya adalah baik dan sesuai dengan kehendak Allah. Namun, Ia harus menanggung banyak kebencian, permusuhan dan akhirnya hukuman mati. Memang, kita tahu bahwa semuanya terjadi karena ketaatan-Nya kepada Bapa dan demi keselamatan kita, orang-orang yang berdosa. Namun, kita dapat juga mengaitkannya dengan realitas kehidupan di masyarakat kita di mana ketika ada orang yang baik, seringkali justru menjadi sasaran kebencian dan permusuhan dari orang/kelompok lain yang merasa terancam karena tidak lagi bisa secara bebas  melakukan kejahatan atau hal-hal lain yang menguntungkan diri sendiri dan kelompoknya. Akibatnya, mereka seringkali berkonspirasi dan membangkitkan provokasi massa yang tidak tahu apa-apa untuk membenci dan memusuhi orang baik tersebut dengan berbagai macam tuduhan palsu. Semoga, rahmat Tuhan memberi kekuatan kepada sedikit orang-orang baik dalam masyarakat kita yang mengalami hal ini.

Doa: Tuhan, semoga rahmat-Mu senantiasa menyertai orang-orang baik yang seringkali harus menghadapi banyak kebencian dan permusuhan dari orang-orang yang tidak menghendaki kebaikan bersama tetapi hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kelompok mereka. Amin. -agawpr-