Seri Liturgi: MENGENAL BENTUK MISA (Bagian I)


KATKIT (Katekese Sedikit) No. 208

Seri Liturgi
MENGENAL BENTUK MISA
Bagian I

Syalom aleikhem.
Sama-sama air bisa beda wujudnya: cair, padat, gas. Air minum bentuknya cair, es berbentuk padat, uap itu gas. Semuanya adalah air. Ini gambaran. Sama-sama Kurban Misa bisa beda “wujud”-nya, beda bentuknya. Berikut ini beberapa bentuk Misa: (1) Misa Umat, (2) Misa Konselebrasi, (3) Misa Dengan Satu Pelayan.

Misa yang dirayakan dengan partisipasi umat beriman, inilah Misa Umat. Mudahnya membayangkan, itu Misa yang umum dirayakan di paroki dan stasi, entah Misa harian, entah Misa Minggu. Selalu ada banyak umat dalam Kurban Misa semacam itu. Itulah Misa Umat. Ada dua jenis Misa Umat: (a) Misa Umat Tanpa Diakon, (b) Misa Umat Dengan Diakon. Umumnya jenis (a) inilah yang biasa kita rayakan. Jarang ada diakon, hanya ada imam saja memimpin tanpa didampingi diakon.

Misa Konselebrasi adalah Misa yang dirayakan oleh dua atau lebih imam. Kalau ada dua atau lebih uskup, juga disebut konselebrasi. (Catatan: Uskup itu imam [sacerdos, bukan dalam arti presbyter] juga ketika memimpin Misa sebab dalam diri uskup ada kepenuhan imamat.) Kalau kau pernah lihat ada dua imam atau lebih saat Misa di paroki, itulah Misa Konselebrasi.

Ketiga, Misa Dengan Satu Pelayan adalah Misa yang dirayakan seorang imam dan satu orang umat, yaitu satu pelayan yang melaksanakan aneka pelayanan sekaligus (lektor, akolit, dsb).

Rev. D. Y. Istimoer Bayu Ajie
Katekis Daring