Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang.

Senin, 20 April 2015
Hari Biasa Pekan III Paskah
  

Kis. 6:8-15; Mzm. 119:23-24,26-27,29-30; Yoh. 6:22-29.21
   
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kamu mencari Aku, bukan karena kamu telah melihat tanda-tanda, melainkan karena kamu telah makan roti itu dan kamu kenyang."
   
Datang kepada Tuhan tentu merupakan hal yang sangat baik. Namun, kita masih harus memurnikan motivasi kita agar kita datang kepada-Nya dengan motivasi yang benar. Setidaknya, kita dapat membedakan adanya 3 motivasi. Pertama, kita datang kepada Tuhan hanya karena kewajiban sehingga mungkin kita melakukannya dengan terpaksa atau hanya formalitas saja. Kedua, kita datang kepada Tuhan karena kebutuhan. Artinya, saat kita butuh sesuatu atau sedang punya ujud tertentu, kita datang kepada-Nya untuk memohon. Kalau kita tidak butuh, mungkin kita tidak datang atau kalau kebutuhan kita sudah dipenuhi kita cenderung lupa berterimakasih. Rupanya, inilah yang menjadi motivasi banyak orang datang kepada Yesus sebagaimana dikisahkan dalam Injil: mereka butuh roti. Yang ketiga, kita datang kepada Tuhan karena sadar bahwa kita dikasihi oleh-Nya dan bahwa Ia selalu merindukan kita sehingga kita pun ingin mengasihi dan merindukan-Nya. Inilah motivasi yang terbaik: tidak tergatung ada yang mewajibkan atau tidak, tidak pula tergantung sedang butuh atau tidak. Kasih dan kerinduan akan senantiasa membawa kita untuk datang kepada Dia yang jauh lebih dulu dan lebih besar mengasihi serta merindukan kita.

Doa: Tuhan, bangkitkanlah dalam diri kami untuk senantiasa mengasihi dan merindukan-Mu. Amin. -agawpr-