Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Rabu, 29 April 2015
Peringatan Wajib Sta. Katarina dari Siena

 Kis. 12:24 - 13:5a; Mzm. 67:2-3,5,6,8; Yoh. 12:44-50

Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

 Cukup sering, entah sengaja atau tidak, saya membaca status di facebook atau di BB dari beberapa orang dalam waktu bersamaan yang isinya bernada keluhan karena listrik mati. Hal ini menggambarkan betapa pentingnya terang bagi kita dan kita sangat membutuhkannya. Dalam gelap, tidak banyak hal yang bisa kita kerjakan. Dan kalau kita memaksa melakukan atau mengerjakan sesuatu, bisa jadi kita hasilnya tidak maksinal, bahkan banyak kesalahan yang kita buat. Sebagaimana mata indrawi kita membutuhkan terang dari lampu, mata hati dan budi kita pun butuh terang. Dan Kristus telah menjadikan diri-Nya sebagai terang bagi kita. Oleh karena itu, bersama Kristus, kita akan selalu hidup dan melangkah dalam terang. Kalau suatu saat kita mengalami kegelapan dan kebingungan untuk melangkah atau memilih dan memutuskan sesuatu, jangan ragu untuk datang pada Kristus, Sang Terang. Dia akan selalu menerangi kita melalui sabda-Nya dalam Kitab Suci, melalui bisikan-Nya dalam nurani dan melalui pencerahan-Nya dalam akal budi kita.

Doa: Tuhan, semoga terang-Mu senantiasa menyinari kami, agar kami tidak pernah lagi berjalan jalan kegelapan. Amin. -agawpr-