Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Senin, 06 April 2015
Hari Senin dalam Oktaf Paskah
   

Kis. 2:14,22-32; Mzm. 16:1-2a,5,7-8,9-10,11; Mat. 28:8-15 

Yesus kepada mereka: "Jangan takut. Pergi dan katakanlah kepada saudara-saudara-Ku, supaya mereka pergi ke Galilea, dan di sanalah mereka akan melihat Aku."

Ada beberapa kesaksian berkaitan dengan tidak ditemukannya Yesus di makam. Yang pertama dari malaikat yang menemui Maria Magdalena dan kawannya di makam. Malaikat itu memberi kesaksian bahwa Yesus telah bangkit dan tidak ada lagi di makam; Ia mendahului para murid ke Galilea (Mat 28,5-6). Yang kedua dari Yesus sendiri yang menjumpai mereka di tengah jalan. Mereka tidak melihat dan menjumpai Yesus di makam, tetapi melihat-Nya di tengah jalan. Ia mengatakan seperti yang dikatakan malaikat bahwa Ia menunggu para murid di Galilea. Namun, ada pula kesaksian palsu atau dusta yang dibuat oleh para imam kepala dan para serdadu yang menjaga makam Yesus. Para imam kepala menyuap para serdadu untuk mengatakan bahwa jenazah Yesus tidak ada di makam, bukan karena Ia telah bangkit, tetapi karena dicuri dan dipindahkan oleh para murid. Tentu, kita lebih percaya pada kesaksian malaikat dan Yesus sendiri. Kesaksian para imam kepala dan para serdadu merupakan kesaksian palsu yang terjadi karena suap. Dan sampai sekarang, suap-menyuap untuk memutarbalikkan fakta dan menyingkirkan kebenaran dengan kesaksian palsu masih sering terjadi. Namun, semoga iman kita akan Kristus membebaskan dan menjauhkan kita dari praktik ini. Semoga, di mana pun kita berada, selalu tercipta "Galilea" di mana kita berjumpa dengan Yesus sehingga yang kita katakan dan kita perjuangkan hanya kebenaran. 

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami mampu menjadi saksi-saksi kebenaran. Amin. -agawpr-