Rabu, 06 Mei 2015
Hari Biasa Pekan V Paskah
     
Kis. 15:1-6; Mzm. 122:1-2,3-4a,4b-5; Yoh. 15:1-8. 
 
Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.
    
Setiap orang pasti senang kalau apa yang menjadi keinginan dan permintaannya dikabulkan. Paling tidak, kita selalu berharap agar kita dapat menerima apa pun yang kita minta atau inginkan. Kalau tidak sepenuhnya, ya sebagian lah. Harapan ini tidak keliru dan memang Yesus pun menjadikan demikian. "Mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya!" Namun .... Nah, namun-nya ini yang penting. Ada syaratnya, yakni kita harus tinggal dalam Kristus dan Sabda-Nya tinggal dalam diri kita. Sebab, kalau kita tinggal dalam Kristus dan Sabda-Nya tinggal dalam kita, maka kita akan menjadi sehati sepikir dengan-Nya sehingga apa yang kita inginkan dan minta hanyalah yang sesuai dengan kehendak-Nya, bukan sekedar memenuhi hasrat atau nafsu kita belaka. Oleh karena itu, sebelum kita meminta ini dan itu serta banyak hal yang lain kepada Tuhan, pertama-tama sebaiknya kita mohon agar dikaruniai rahmat untuk senantiasa tinggal dalam Dia dan mampu menjadikan diri kita sebagai pelaksana firman Tuhan.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu agar kami senantiasa tinggal dalam Engkau dan mampu menjadi pelaksana firman-Mu dalam hidup sehari-hari. Amin. -agawpr-