Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

Selasa, 19 Mei 2015
Hari Biasa Pekan VII Paskah (Novena Roh Kudus Hari Kelima)


Kis. 20:17-27; Mzm. 68:10-11,20-21; Yoh. 17:1-11a.

Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya.

Berapa kali dalam satu hari kita mendoakan Bapa Kami dan Kemuliaan? Mungkin berulang kali. Dalam kedua doa tersebut, mulut kita secara eksplisit memuliakan Tuhan. Dalam Bapa Kami, kita berdoa "dimuliakanlah nama-Mu". Dalam Kemuliaan, kita berdoa "Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus". Memuliakan Tuhan melalui doa-doa yang kita ucapkan tentu saja merupakan hal yang sangat baik. Namun, dengan itu saja tidak cukup. Hari ini, Yesus berkata kepada Bapa-Nya: "Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya." Artinya jelas: Yesus memuliakan Allah Bapa dengan cara menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Bapa kepada-Nya. Hal yang sama berlaku bagi kita. Kita juga harus memuliakan Tuhan melalui tindakan nyata, yakni dengan melakukan dan menyelesaikan tugas pekerjaan kita masing-masing dengan penuh tanggungjawab. Oleh karena itu, setiap kali kita melakukan pekerjaan kita, mulai dari pekerjaan rutin sehari-hari yang paling remeh dan sederhana sampai pada pekerjaan-pekerjaan yang besar dan penting, hendaknya kita melakukannya dengan setia, sungguh-sungguh, penuh kasih dan tanggungjawab. Dan sampai selesai, tuntas. Sebab, dengan cara demikian, kita memuliakan Tuhan.

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu, agar kami mampu memuliakan nama-Mu melalui pekerjaan kami sehari-hari yang kami lakukan dengan setia, sungguh-sungguh, penuh kasih dan tanggungjawab. Amin. -agawpr-