| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

"Ada seorang penabur keluar untuk menabur .... yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengarkan firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah"

Minggu, 13 Juli 2014
Hari Minggu Biasa XV

Yes 55:10-11; Mzm 65:10abcd.10e-11.12-13.14; Rm 8:18-23; Mat 13:1-23

"Ada seorang penabur keluar untuk menabur .... yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengarkan firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah"

Syukur kepada Tuhan karena bagi kita yang tidak menerima firman Tuhan secara langsung, setiap saat bisa membaca dan mendengarkan-Nya dari Kitab Suci. Sebab, kita tahu bahwa "Kitab Suci adalah Sabda Allah sendiri yang diungkapkan dalam bahasa manusia" (DV 13, KGK 101) dan "Bila Alkitab dibacakan dalam Gereja, Allah sendiri bersabda kpd umat-Nya. .... Umat wajib mendengarkannya dgn penuh hormat" (PUMR 29). "Berbahagialah orang yang mendengarkan Sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya", begitulah aklamasi yang setiap kali kita dengarkan setelah pembacaan Injil. Lalu, kita pun dengan mantap menjawab "Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami".

Nah sekarang, bagaimana agar Sabda Tuhan yang tertulis dalam Kitab Suci itu, yang sejak ditulis sampai sekarang tidak berubah dan bunyinya tetap sama, bagi kita tidak menjadi bahasa yang mati tetapi menjadi Sabda Allah yang hidup dan menghidupkan? Bagaimana agar Sanda Tuhan yang tertulis dalam Kitab Suci itu menghasilkan buah yang melimpah dalam hidup kita. Sebenarnya, aklamasi sesudah Injil sudah menjelaskannya, yakni kita harus mendengarkan dan melaksanakannya. Itu saja. Oleh karena itu, marilah kita berusaha agar semakin sering mendengarkan Sabda Tuhan dalam Kitab Suci. Misalnya, berdasarkan kalender Liturgi (http://www.imankatolik.or.id/kalenderliturgi.html), kita bersama dengan keluarga membaca, mendengarkan dan merenungkan Sabda Tuhan. Setiap hari, serperti halnya kita juga harus makan setiap hari.

Mungkin ada saatnya, Sabda Tuhan itu tidak mudah kita mengerti. Tidak apa-apa. Kita percaya bahwa Roh Kudus berkarya dalam diri kita. Seperti halnya kalau kita makan, kita tidak mengerti zat apa saja yang terkandung dalam makanan itu dan berapa ukurannya. Tetapi karena kita tekun untuk makan setiap hari (3x), maka kita mendapat energi, sehat dan bertahan hidup. Atau kita mudah sekali lupa akan Sabda Tuhan yang kita baca. Minggu lalu bacaan tentang apa, kita sudah lupa. Jangankan minggu lalu, wong kemarin atau tadi saja lupa. Tidak apa-apa. Lha wong Minggu lalu istri/ibu kita masak apa dan kita makan apa saja juga tidak ingat persis kok. Tapi dengan memakan masakan istri/ibu yang sekarang tidak kita ingat itu, kita sehat dan mendapat energi serta kekuatan untuk hidup. Demikian pula dengan Sabda Tuhan yang kita baca. Meski tidak kita ingat, tetapi memberi daya rohani untuk hidup.

Oleh karena itu, marilah kita semakin tekun dan sering mendengarkan Sabda Tuhan. Sebisa mungkin tidak sendiri tetapi bersama dalam keluarga sehingga kita sungguh mendengarkan Sabda Tuhan, bukan membaca sendiri. Misalnya yang membaca digilir: bapak, ibu, anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Atau, kalau kita membacanya sendiri, bacalah dengan bersuara sehingga telinga kita mendengar Sabda Tuhan dari mulut kita. Kita percaya bahwa dengan demikian, Sabda Tuhan akan menjadi sabda yang hidup dalam diri dan keluarga kita, yakni sabda yang dihidupi dan menghidupi. Sebab, "Firman Tuhan, seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke sana melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, demikianlah firman yang keluar dari mulut-Ku: Ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya." (Yes 55:10-11).

Doa: Tuhan, berilah kami rahmat-Mu untuk semakin tekun dan setia mendengarkan dan melaksanakan firman-Mu agar dengan demikian, Sabda-Mu itu semakin berbuah dalam hidup kami. Amin. -agawpr-

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy