| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 22 Oktober 2023 Hari Minggu Biasa XXIX - Minggu Misi

Minggu, 22 Oktober 2023
Hari Minggu Biasa XXIX - Minggu Evangelisasi

"Kita dapat berbicara tentang hal-hal yang mempersatukan kita, namun tidak dapat berkompromi terhadap integritas iman Katolik, baik dogma maupun doktrin yang berakar pada Alkitab, Tradisi Suci dan Magisterium Gereja, yang dapat ditelusuri dari perkembangan doktrin." (Paus Paulus VI, Ensiklik Ecclesiam Suam, No. 109)

Antifon Pembuka (Mzm 17:6.8)

Aku berseru kepada-Mu, sebab Engkau mendengarkan daku, ya Allah. Sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, dengarkanlah kata-kataku. Jagalah aku bagaikan biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu.

To you I call; for you will surely heed me, O God; turn your ear to me; hear my words. Guard me as the apple of your eye; in the shadow of your wings protect me.

Ego clamavi, quoniam exaudisti me, Deus: inclina aurem tuam, et exaudi verba mea: custodi me, Domine, ut pupilam oculi: sub umbra alarum tuarum protege me.

Doa Pagi


Allah yang kekal dan kuasa, ciptakanlah dalam diri kami hati yang tulus dan setia agar kami mampu melayani Engkau, ya Allah yang Mahaagung, dengan penuh bakti dan kasih. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.       
 
Karya: thanasus/istock.com
Bacaan dari Kitab Yesaya (45:1.4-6)
       
 "Aku memegang tangan kanan Koresh supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya."
      
Beginilah firman Tuhan, "Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang untuk menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja; untuk membuka pintu-pintu di depannya, supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup: Demi hamba-Ku Yakub, dan demi Israel pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, dan menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku. Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku, supaya dari terbitnya matahari sampai terbenamnya orang tahu bahwa tidak ada yang lain di luar Aku; Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
  
Mazmur Tanggapan, do = a, 2/2, PS 863
Ref. Berikanlah kepada Tuhan kemuliaan dan kekuasaan.
Atau Pujilah Tuhan, hai umat Allah, Pujilah Tuhan, hai umat Allah.
Ayat. (Mzm 96:1.3.4.5.7-8.9-10)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, menyanyilah bagi Tuhan, hai seluruh bumi! Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa kisahkanlah karya-karya-Nya yang ajaib di antara segala suku.
2. Sebab mahabesarlah Tuhan, dan sangat terpuji, Ia lebih dahsyat daripada segala dewata. Sebab segala allah para bangsa adalah hampa, tetapi Tuhan, Dialah yang menjadikan langit.
3. Kepada Tuhan, hai suku-suku bangsa, kepada Tuhan sajalah kemuliaan dan kekuatan! Berikanlah kepada Tuhan kemuliaan nama-Nya, bawalah persembahan dan masuklah ke pelataran-Nya.
4. Sujudlah menyembah kepada Tuhan dengan berhiaskan kekudusan, gemetarlah di hadapan-Nya, hai seluruh bumi! Katakanlah di antara bangsa-bangsa, "Tuhan itu Raja! Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Tesalonika (1:1-5b)
    
"Kami selalu ingat akan amal imanmu, akan usaha kasihmu, dan ketekunan harapanmu."
       
Salam dari Paulus, Silwanus, dan Timotius, kepada jemaat orang-orang Tesalonika yang ada dalam Allah Bapa dan dalam Tuhan Yesus Kristus. Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu. Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu semua dan menyebut kamu dalam doa kami. Sebab kami selalu teringat akan amal imanmu, akan usaha kasihmu dan ketekunan harapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita. Saudara-saudara yang dikasihi Allah, kami tahu bahwa Allah telah memilih kamu. Sebab Injil yang kami beritakan disamapaikan kepada kamu bukan dengan kata-kata saja, melainkan juga dengan kekuatan dalam Roh Kudus dan kepastian yang kokoh.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = d, 2/4, PS 961
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Flp 2:15-16)
Hendaklah kamu bersinar di dunia seperti bintang-bintang sambil berpegang pada sabda kehidupan.

Inilah Injil Suci menurut Matius (22:15-21)
   
"Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
     
Sekali peristiwa orang-orang Farisi berunding bagaimana mereka dapat menjerat Yesus dengan suatu pertanyaan. Mereka menyuruh murid-murid mereka bersama orang-orang Herodian bertanya kepada Yesus, "Guru, kami tahu, Engkau adalah seorang yang jujur, dan dengan jujur mengajarkan jalan Allah, dan Engkau tidak takut kepada siapa pun juga, sebab Engkau tidak mencari muka. Katakanlah kepada kami pendapat-Mu: Bolehkah membayar pajak kepada kaisar atau tidak?" Tetapi Yesus mengetahui kejahatan hati mereka. Maka Ia lalu berkata, "Mengapa kamu mencobai Aku, hai orang-orang munafik? Tunjukkanlah kepada-Ku mata uang untuk pajak itu!" Mereka membawa suatu dinar kepada Yesus. Maka Yesus bertanya kepada mereka, "Gambar dan tulisan siapakah ini?" Jawab mereka, "Gambar dan tulisan kaisar." Lalu kata Yesus kepada mereka, "Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan

Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita merenungkan Sabda Tuhan yang di dalamnya kita melihat bagaimana Allah telah memanggil kita dan memilih kita dari antara bangsa-bangsa. Dia telah memanggil kita untuk mengikuti Dia dan menjadi murid-Nya, namun banyak dari kita sering enggan untuk mengikuti Dia, karena kurangnya iman kita kepada-Nya.

Saudara-saudara seiman dalam Kristus, dalam bacaan Injil hari ini, kita semua mendengar bagaimana Tuhan Yesus menghadapi orang-orang Farisi yang berusaha menjebak-Nya dengan perkataan-Nya sendiri, ketika mereka bertanya kepada-Nya apakah mereka harus membayar pajak kepada orang-orang Romawi, khususnya kepada orang-orang Romawi. Kaisar Romawi, atau bukan. Mereka berharap melalui jawaban-jawaban-Nya mereka dapat menemukan kesalahan-Nya.

Jika Yesus menjawab bahwa mereka tidak boleh membayar pajak kepada Kaisar Romawi, maka orang Farisi dapat dengan mudah memanfaatkan momen itu dan melaporkan Dia kepada penguasa Romawi, sebagai pengkhianatan besar terhadap negara Romawi. Pemungutan pajak merupakan hal yang sangat penting bagi negara-negara pada masa itu, sama seperti saat ini. Siapa pun yang menolak membayar pajak kepada pemerintah, akan langsung dianggap pemberontak.

Dan kemudian jika Yesus menjawab bahwa mereka harus membayar pajak kepada Kaisar Romawi, maka orang-orang Farisi juga dapat menggunakan pernyataan tersebut untuk melawan Tuhan, karena orang-orang Yahudi tidak senang dengan pajak yang dikenakan oleh orang Romawi kepada mereka. Itulah sebabnya dalam berbagai kesempatan di sepanjang Injil, kita mendengar bagaimana para pemungut pajak dicerca oleh orang-orang Yahudi karena mereka dianggap pengkhianat bangsa dan negara.

Oleh karena itu, apapun jawaban yang Tuhan berikan kepada mereka, masing-masing akan mendatangkan kesulitan dan kesusahan bagi-Nya. Namun, Tuhan Yesus tahu apa yang harus dilakukan, dan Dia hanya memberi tahu mereka semua, bahwa karena koin perak itu bergambar Kaisar Romawi, maka koin-koin itu adalah miliknya, dan sudah sepatutnya masyarakat mengembalikan koin-koin itu ke tempat asalnya. Dan Dia berkata bahwa mereka harus memberikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan.

Orang-orang Farisi tidak dapat menanggapi pernyataan Yesus, karena mereka mengakui pernyataan itu sebagai kebenaran yang tidak dapat diganggu gugat, dan mereka tidak dapat menyangkal apa yang telah Tuhan Yesus katakan. Upaya mereka untuk memeras dan menyerang Tuhan Yesus berakhir dengan kegagalan, karena Tuhan tidak menyertai mereka, dan mereka hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri, alih-alih menaati perintah Tuhan.

Saudara-saudara seiman dalam Kristus, kita mungkin menganggap apa yang dilakukan orang-orang Farisi itu buruk, dan memang benar demikian, karena mereka lebih mengutamakan kepentingan egois dan kecemburuan pribadi serta persoalan-persoalan yang menentang Tuhan di atas tanggung jawab mereka untuk membimbing umat Allah, yang telah dipercayakan kepada mereka, kepada kebenaran Allah. Namun, jika kita mencermati apa yang terjadi, dan merenungkan kehidupan kita masing-masing, kita harus menyadari bahwa sebenarnya dalam banyak kesempatan dalam hidup kita, kita telah melakukan hal serupa.

Bagaimana bisa demikian? Hal ini karena setiap kali kita tidak memberikan kepada Tuhan apa yang menjadi hak Tuhan, kita sedang melakukan apa yang telah dilakukan oleh orang-orang Farisi. Mereka tidak mampu menyerahkan diri kepada Tuhan, yaitu dengan menaati hukum dan ajaran-Nya dengan sepenuh hati. Sebaliknya, mereka menganiaya umat beriman yang mendengarkan kebenaran. Demikian pula, kapan pun kita terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan jadwal yang padat, kita cenderung melupakan Tuhan dan kewajiban kita kepada-Nya.

Sudah terlalu sering sepanjang sejarah kita, kita umat manusia menyimpang dari jalan yang telah Tuhan tetapkan di kaki kita, karena kita tergoda untuk melakukan apa yang dunia ingin kita lakukan. Kita juga telah menghabiskan begitu banyak waktu dengan urusan duniawi, sehingga kita menutup pintu hati dan pikiran kita terhadap Tuhan. Tuhan ingin datang kepada kita dan menyertai kita, namun kita menolak Dia, karena kita lebih memilih memuaskan keinginan pribadi kita daripada menaati Tuhan.

Mari kita bertanya pada diri sendiri, berapa banyak waktu yang kita habiskan bersama Tuhan setiap hari? Berapa banyak waktu yang kita luangkan untuk berdoa, berbicara kepada-Nya, dan mendengarkan Dia berbicara dalam hati kita? Yang saya maksud bukan waktu yang kita habiskan untuk berdoa dan memohon, melainkan waktu berkualitas yang kita habiskan bersama-Nya, dengan mengetahui apa yang Dia ingin kita lakukan dalam hidup kita. Terlalu sering kita mendapati diri kita terburu-buru dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, bahkan tanpa menoleh kepada Tuhan.

Kita sering kali mengesampingkan Tuhan dan hanya datang kepada-Nya ketika kita sangat membutuhkan pertolongan. Selain itu, Dia praktis dilupakan dan tidak ada dalam hidup kita. Namun bukan itu yang seharusnya kita lakukan, saudara-saudari dalam Kristus. Sebaliknya, apa yang kita dengar dalam ayat-ayat Kitab Suci hari ini adalah pengingat bagi kita semua umat Kristiani, bahwa pertama-tama, kita harus memberikan apa yang menjadi hutang kita kepada Tuhan, untuk kita masing-masing, hidup kita, dan nafas kita. adalah anugerah dari Tuhan, dan tanpa Dia, kita tidak akan ada. 

Kemudian, marilah kita juga ingat untuk menjadi warga negara yang baik dan orang yang taat, menaati hukum negara selama tidak bertentangan dengan hukum Tuhan. Hal ini menggenapi apa yang kita dengar dalam Injil hari ini, bahwa kita hendaknya ‘memberikan kepada Kaisar apa yang menjadi milik Kaisar, dan memberikan kepada Allah apa yang menjadi milik Allah.’ Lagi pula, negara-negara dan bangsa-bangsa di mana kita berada telah menjaga kita, dan disediakan bagi kita dalam berbagai cara. Adalah benar jika kita membalas budi jika memungkinkan.

Yang terakhir, pada hari ini kita juga merayakan Minggu Misi Sedunia, yang merupakan hari dimana kita memperingati misi kita sebagai umat Kristiani, yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Tuhan telah memberkati kita begitu banyak dalam kehidupan kita masing-masing, dengan satu atau lain cara. Bukankah pantas bagi kita untuk mengikuti Dia dan menaati perintah-perintah-Nya? Dan bagaimana kita melakukan ini? Kita harus maju dan mewartakan kebenaran Tuhan, misi kita di dunia ini, melalui kata-kata kita, serta melalui tindakan kita.

Artinya, kita harus sedapat-dapatnya menjadi teladan, dan berusaha semaksimal mungkin menunjukkan kepedulian dan kepedulian terhadap saudara-saudara kita, bahkan terhadap musuh-musuh kita dan semua orang yang tidak menyukai kita. Ini adalah misi kita sebagai umat Kristiani, agar kita menyentuh orang lain melalui kehidupan kita sendiri, berlabuh kuat dalam kasih dan kebenaran Tuhan, sehingga kita dapat membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan dan keselamatan-Nya.

Semoga Tuhan membantu kita dalam upaya ini, dan marilah kita berdoa agar melalui upaya misionaris kita, bersatu dengan semua misionaris yang telah mengabdikan seluruh hidup mereka, kita dapat membawa semua orang lebih dekat kepada Tuhan, agar kita dapat diselamatkan melalui Dia dan di dalam Dia. Amin. 
(RENUNGAN PAGI) 

 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
   
"Kita harus merangkul/dekat dan ramah kepada semua manusia; tapi apa yang datang dari musuh tidak bisa dan tidak boleh bergabung. Anda tidak dapat menggabungkan Kristus dan Belial (pangeran kegelapan)!" (Kardinal Robert Sarah, Prefek Emeritus Kongregasi Ibadat Ilahi dan Tata-tertib Sakramen)
  
       
Antifon Komuni (Mzm 33:18-19)

Mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang mengharapkan kasih setia-Nya, untuk melepaskan jiwa mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Behold, the eyes of the Lord are on those who fear him, who hope in his merciful love, to rescue their souls from death, to keep them alive in famine.

Atau (Mrk 10:45)

Anak Manusia datang untuk memberikan nyawa-Nya memnjadi tebusan bagi banyak orang.

The Son of Man has come to give his life as a ransom for many.
 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy