| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Bapa Kami (Bagian 3)

Dalam Pater Noster Yesus memerintahkan kita untuk meminta makanan kita sehari-hari – yaitu, roti secukupnya untuk hari ini, bukan untuk esok hari. Dengan cara ini Dia memperingatkan kita untuk tidak terlalu sibuk dengan masa depan, tetapi untuk percaya pada Penyelenggaraan dan menerima dari tangan Tuhan dari hari ke hari apa pun yang diperlukan bagi kita. Tuhan adalah Bapa kita dan mengasihi kita sebagai anak-anak-Nya. Mengetahui hal ini, mengapa kita harus khawatir tentang masa depan?

Kita berada di tangan Tuhan, yang menjaga semua anak-anak-Nya. Marilah kita mempercayakan diri kita sepenuhnya pada pemeliharaan-Nya. Ini tidak berarti bahwa kita harus menuruti fatalisme apa pun, mengharapkan segalanya dari Tuhan dan tidak melakukan apa pun. Kita tidak bisa dan tidak seharusnya mengharapkan keajaiban yang tidak diperlukan. Kita mempunyai kewajiban untuk bekerja, karena bekerja adalah hasil dan hukuman atas dosa. Hal ini memampukan kita untuk bekerja sama dengan Allah dalam karya penciptaan-Nya dan telah dimuliakan dan disucikan oleh Yesus Kristus, yang memilih menjadi “anak tukang kayu,” (Mat. 13:55) dan diri-Nya sendiri yang menjadi tukang kayu. (Bdk. Mrk 6:3) Oleh karena itu, kita harus bekerja, namun jangan khawatir.

Ketika kita telah melakukan semua yang kita mampu, maka kita serahkan sisanya kepada Penyelenggaraan Ilahi.

Terlebih lagi, kita tidak boleh berhasrat untuk mengumpulkan kekayaan yang, sebagaimana diperingatkan oleh Injil, sering kali menjadi duri yang mencekik kita (Bdk. Luk 8:14) dan menghambat kemajuan kita menuju Tuhan. Kita seharusnya menginginkan kekayaan rohani yang sejati, yaitu rahmat dan kebajikan ilahi. Kita harus bersiap mengeluarkan seluruh energi kita untuk memperolehnya. Namun, jika kekayaan materi menghampiri kita, kita tidak perlu menolaknya. Kemiskinan injili bukanlah sebuah perintah, namun hanya sebuah nasihat kesempurnaan. Selama kita memanfaatkannya dengan baik dan tidak terlalu terikat padanya, kekayaan bisa menjadi instrumen kebajikan dan sarana yang ampuh untuk berbuat baik. (Lih. St. Thomas, Contra Gentiles, III, 134)

Ajaran yang terkandung dalam kata-kata “Bapa Kami” ini dapat kita temukan di bagian lain Injil, di mana Yesus mengatakan kepada kita untuk tidak meminta kekayaan dan tidak menimbun barang untuk masa depan, tetapi berdoa dan bekerja dari hari ke hari untuk kebutuhan kita sehari-hari. “Jangan kuatir akan hidupmu, apa yang akan kamu makan, dan jangan khawatir akan tubuhmu, apa yang akan kamu kenakan… Lihatlah burung-burung di udara; mereka tidak menabur, atau menuai, atau mengumpulkan dalam lumbung; namun Bapamu di surga memberi mereka makan… Bayangkan bagaimana bunga bakung di ladang tumbuh; mereka tidak bekerja keras atau memintal, namun Aku berkata kepadamu bahwa Salomo dengan segala kemuliaannya pun tidak berpakaian seperti salah satu dari mereka ini. Tetapi jika Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini tumbuh subur, tetapi besok dibuang ke dalam api, terlebih lagi kamu, hai… kamu yang kurang percaya! …Oleh karena itu, jangan kuatir tentang hari esok; karena hari esok akan mempunyai kekuatiran tersendiri. . Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Lih. Mat 6:25-34)

Ketika kita berdoa kepada Tuhan agar memberi kita makanan sehari-hari, kita harus mengingat khotbah Kristus yang indah ini, yang akan menghilangkan semua kekhawatiran-kekhawatiran duniawi kita. Selama kita siap melakukan pekerjaan kita, kita akan memperoleh makanan sehari-hari dari Bapa kita yang pengasih dan sebagai tambahan akan menerima kedamaian rohani, keyakinan, dan penyerahan diri yang sempurna pada kehendak-Nya yang kudus. —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy