| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Mulia Ketiga: Turunnya Roh Kudus

 
Fr Lawrence Lew OP CC
 
Sebelum Dia meninggalkan dunia ini demi kemuliaan Surga, Yesus berjanji kepada para Rasul-Nya bahwa Dia tidak akan meninggalkan mereka sebagai yatim piatu, namun akan mengirimkan kepada mereka Penghibur, Roh Kebenaran, “Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yoh 14:17) Janji ini diulangi oleh Penebus ilahi kita pada hari kenaikan-Nya, ketika Dia memerintahkan mereka untuk tidak meninggalkan Yerusalem sampai janji itu digenapi. Faktanya, para Rasul patuh pada instruksi-Nya. Mereka berkumpul di Ruang Atas, di mana mereka menghabiskan waktu dalam doa terus-menerus bersama Maria dan sejumlah umat beriman. Pada Hari Raya Pentakosta, rumah itu diguncang oleh suara dari Surga seperti tiupan angin kencang, dan muncullah lidah-lidah api yang hinggap pada masing-masing rumah itu. Kemudian mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus. (Lih. Kis 1:2)

Menurut tradisi saleh, Roh Kudus pertama-tama turun ke atas Santa Perawan dalam bentuk bola api, yang darinya muncul lidah-lidah api yang hinggap di kepala semua yang hadir. Ada banyak hal penting dalam tradisi ini. Sebagaimana Maria mendapat tempat pertama dalam ikut ambil bagian dalam sengsara Yesus, demikian pula ia harus menjadi yang pertama mengambil bagian dalam kemuliaan Penebusan. St Bernardus membandingkan Perawan Terberkati dengan saluran air yang membawa harta rahmat dan karunia Roh Kudus kepada semua umat beriman. (Serm. De Aquaeductu.) Ini adalah perbandingan yang tepat, karena Bunda Penebus menempati posisi supremasi dalam tubuh mistik Yesus Kristus. Seperti para Rasul, kita hendaknya bertekun dalam doa bersama Maria. (Bdk. Kis 1:14) Kita hendaknya memohon terang dan karunia Roh Kudus, karena kita sangat membutuhkannya jika kita ingin selalu berjalan di jalan kebenaran dan kebaikan.

Para Rasul mengalami transformasi total setelah Hari Raya Pentakosta. Mereka adalah orang-orang pedesaan yang cuek, penakut, dan bimbang. Mereka sama sekali belum memahami ajaran agung Kristus, karena mereka mengharapkan kerajaan duniawi di mana mereka akan menduduki jabatan tertinggi.

Namun, ketika mereka menerima Roh Kudus, pikiran mereka dibanjiri dengan cahaya supernatural dan mereka menjadi heroik dalam mengambil keputusan. Meskipun mereka bodoh, mereka menjadi ahli kebenaran yang jauh lebih unggul daripada orang bijak di Athena atau para filsuf Roma. Mereka tidak lagi takut dan bimbang, namun tanpa rasa takut menghadapi kekuatan Sanhedrin, cambuk para prajurit, bahaya perjalanan jauh, dan kematian sebagai martir itu sendiri.

Kita pun sudah mendapat pencerahan dan perkenanan Roh Kudus. Seringkali ketika kita memohon kepada-Nya, Dia menginspirasi dan menghibur kita. Namun kita mungkin tidak menanggapinya dengan semangat dan penyangkalan diri seperti para Rasul. Ingatlah bahwa mengabaikan pemberian Tuhan berarti mempertaruhkan keselamatan kekal kita.

Karena kelemahan kita, kita harus mencari perantaraan Maria dan, seperti para Rasul, tekun berdoa bersamanya. Namun, doa kita harusnya lebih supranatural.

Tidak ada yang menghalangi kita untuk meminta kepada Bunda kita yang baik untuk memenuhi kebutuhan duniawi kita, seperti kesehatan, bisnis, dan keterikatan kita. Mukjizat pertama yang Maria peras dari hati Yesus adalah pada pesta perkawinan di Kana. Meski begitu, kita tidak boleh terlalu materialistis. Pertama-tama kita harus mencari dari Roh Kudus melalui perantaraan Maria kemuliaan Allah yang besar dan keselamatan kekal bagi diri kita sendiri dan semua saudara kita di dalam Yesus Kristus. —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy