| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Sedih Ketiga: Yesus dimahkotai duri

    
Anthonie van Dyck  (1599–1641)


Setelah Yesus dicambuk meskipun ia percaya bahwa Yesus tidak bersalah, Pilatus menunjukkan Dia kepada orang banyak dengan harapan sia-sia bahwa, ketika mereka melihat tubuh-Nya yang berdarah, kebencian mereka akan diredakan. Tidak ada gunanya. Massa yang marah terus berteriak: “Salibkan Dia!” (Lukas 23:21) Lalu Pilatus, dengan sikap yang memalukan dan menunjukkan ketidakadilan, menyerahkan Yesus kepada kehendak para algojo Yahudi. “Yesus diserahkannya kepada mereka untuk diperlakukan semau-maunya.” (Lukas 23:25)

Mungkin sebelum Pilatus menunjukkan Dia kepada orang banyak untuk kedua kalinya (lih. Yoh 19:4), pemandangan menyedihkan tentang dimahkotai duri terjadi. “Kemudian serdadu-serdadu membawa Yesus ke dalam istana, yaitu gedung pengadilan, dan memanggil seluruh pasukan berkumpul. Mereka mengenakan jubah ungu kepada-Nya, menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Kemudian mereka mulai memberi hormat kepada-Nya, katanya: "Salam, hai raja orang Yahudi!" Mereka memukul kepala-Nya dengan buluh, dan meludahi-Nya dan berlutut menyembah-Nya.” (Markus 15:16-19)

Penyiksaan baru ini merupakan penemuan jahat yang tidak ditetapkan oleh hukum atau otoritas apa pun. Semata-mata untuk hiburan biadab mereka, para prajurit membeli seikat buluh berduri yang mereka lilitkan menjadi bentuk mahkota dan ditempelkan ke kepala Yesus.

Maria tahu apa yang sedang terjadi. Ia berada di sana bersama para wanita kudus ketika Pilatus membawa Putranya yang berlumuran darah ke hadapan orang banyak, dan teriakan-teriakan mereka yang menghujat menusuk hati-Nya yang lembut. Hati ibu-Nya juga merasakan duri yang tajam, namun dia menerima penderitaan ini dengan pasrah, diam-diam memprotes hinaan orang banyak melalui tindakan penghormatan dan cinta. Kita juga harus berperilaku seperti ini. Kita harus berpartisipasi dalam sengsara Yesus dengan mempersembahkan penderitaan kita sendiri dan kita harus melakukan tindakan kasih dan penyerahan diri sebagai silih atas tindakan penghujatan ini.

Ketika kita melihat Yesus disesah dan dimahkotai duri, bagaimana kita bisa mengeluh jika jalan hidup kita juga dipenuhi duri? Yesus adalah perwujudan kepolosan; Dia adalah Tuhan, namun Dia rela menderita untuk menebus dosa-dosa kita dan mengajari kita bahwa jalan paling pasti menuju Surga adalah jalan Salib. Itu karena para Orang Kudus memahami hal ini dengan sangat jelas sehingga mereka begitu bersemangat untuk berperan serta dalam sengsara Yesus Kristus dan mempersembahkan kepada-Nya bukan saja dukacita hidup yang tak terelakkan, namun juga penderitaan sukarela mereka sendiri sebagai bukti kasih mereka. Siapapun yang tidak menginginkan mati raga dan penderitaan tidak menginginkan Surga, karena dia bukanlah pengikut sejati Yesus yang disalibkan. “Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus,” kata St. Paulus, “ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.” (Gal. 5:24) Mari kita renungkan dengan cermat makna kata-kata keras ini, yang sering kali terlupakan dewasa ini.

Melalui mahkota duri, Yesus ingin memberikan silih khusus bagi dosa-dosa pikiran, pikiran-pikiran yang kotor dan kebencian, pikiran-pikiran yang berambisi dan marah, serta pikiran-pikiran yang putus asa. Pikiran jahat seringkali merupakan awal dari dosa terbesar. Penting untuk menolaknya dengan segera dan tegas sebelum pikiran itu menguasai kita dan membangkitkan naluri dan keinginan jahat kita. Ketika kita tersiksa oleh pikiran buruk, marilah kita memandang Yesus yang bermahkota duri dan memohon rahmat-Nya untuk melawan dengan murah hati dan berhasil. —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy