| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Sedih Kelima: Penyaliban

 
Artist     
Bernardino Luini  (–1532)



Akhirnya Yesus mencapai Golgota, terengah-engah dan sangat kelelahan. Alat penyiksaan diambil dari-Nya dan diletakkan di atas tanah. Penebus ilahi kita menderita kesakitan yang luar biasa ketika pakaian-Nya kembali dilucuti, yang menempel pada luka-luka-Nya. Kini Dia direntangkan, sebagai korban yang tidak bersalah, di atas altar pengorbanan, yaitu Salib. Salah satu algojo menggenggam tangan-Nya, menusuknya dengan paku besar, dan menempelkannya pada kayu. Kemudian dia melakukan hal yang sama dengan tangan yang lain dan dengan kedua kakinya. Ibunya ada di dekatnya. Dalam hatinya ia merasakan hantaman palu yang mengoyak daging hidup Yesus. Yesus tetap diam, “seperti anak domba jinak yang dibawa untuk disembelih” (Yer. 11:19)

Sekarang para algojo mengangkat Salib dan memasangnya di ruang yang sudah disiapkan untuk itu. Kejutan dari dampak ini mengirimkan getaran rasa sakit ke seluruh anggota dan seluruh tubuh Korban. Lihatlah Dia sekarang, tergantung di antara Surga dan bumi, perantara antara Tuhan dan umat manusia, korban penebusan dosa-dosa manusia yang tak terhitung banyaknya.

Mendekatlah ke Salib dan cium kaki yang berlumuran darah. Sementara orang-orang Yahudi menghina Dia dan sebagian besar Rasul telah meninggalkan Dia, marilah kita katakan kepada Dia betapa kita mencintai Dia. Marilah kita menceritakan kepada-Nya kesedihan kita atas dosa-dosa kita dan tekad kita untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kita dan rasa tidak berterima kasih kita dengan hidup sesuai dengan ajaran-ajaran dan teladan-Nya.

Yesus hanya mempunyai satu penghiburan di tengah penderitaan-Nya yang mengerikan. Ibunya, Maria, berada di samping Salib bersama Rasul terkasih-Nya dan para wanita suci yang selalu mengikuti-Nya. Maria mencintai Putranya dengan cinta yang lebih besar daripada cinta ibu mana pun, yang merupakan cinta terbesar di dunia. Dia mencintai Yesus dengan hati seorang Ibu dan seorang Perawan; Dia adalah satu-satunya harta karunnya. Terlebih lagi, Maria mengasihi Dia bukan hanya sebagai Putranya, tetapi juga sebagai Tuhannya. Justru karena Maria mencintai Dia sebagai Tuhannya, cintanya selaras sempurna dengan kehendak ilahi.

Dia memahami misteri yang menuntun Yesus menerima kematian di Kayu Salib – misteri Penebusan. “Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas” (Yes. 53:7) Dia dipersembahkan demi kita sebagai korban sukarela kepada Bapa-Nya.

Dengan cara yang sama, Maria dengan bebas mempersembahkan dirinya kepada Allah sebagai korban penebusan bersama Putranya. Dia melihat di satu sisi Anak dalam kandungannya sekarat dalam penderitaan yang mengerikan, dan di sisi lain umat manusia yang berdosa membutuhkan penebusan dari kejahatannya. Dia tidak ragu-ragu; bahkan saat dia mengucapkan Fiatnya ketika Malaikat memberitahunya bahwa dia akan menjadi instrumen Inkarnasi, maka sekarang dia mengulangi penerimaannya atas perannya dalam Penebusan. Melalui Fiat pertamanya dia menjadi Bunda Allah; melalui Fiat keduanya dia menjadi Bunda yang penuh kasih bagi orang-orang berdosa yang malang dan rekan penebus kita di dalam Yesus dan bagi Yesus. “Ibu, inilah anakmu,” (Yohanes 19:27) kata Penebus, mengacu pada Yohanes dan seluruh umat manusia yang diwakili olehnya.  —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy