| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Gembira Kelima: Penemuan Yesus di Bait Suci

 
William Holman Hunt  (1827–1910)
(1827-04-02/1910-09-07)

Maria dan Yusuf datang menurut adat untuk merayakan hari raya Paskah di Yerusalem. Mereka membawa serta Yesus, yang kini berusia dua belas tahun. Ketika pesta usai, para peziarah berkumpul untuk kembali ke Nazareth. Seperti biasa, mereka berkumpul di Bait Suci untuk mengucapkan doa terakhir dan kemudian dibagi menjadi dua kelompok, satu terdiri dari laki-laki, satu lagi perempuan. Anak-anak ditugaskan ke salah satu karavan.

Bagaimanapun juga, ketika kedua kelompok itu berkumpul pada malam hari setelah perjalanan seharian, Maria dan Yusuf mencari Yesus dengan sia-sia. Dia tidak dapat ditemukan di kedua karavan. Kita bisa membayangkan betapa menderitanya mereka. Namun, mereka segera kembali ke Yerusalem untuk mencari Anak mereka. Mereka mencari selama tiga hari. Akhirnya, ketika mereka pergi ke Bait Suci untuk mencurahkan kesusahan mereka kepada Allah, mereka menemukan Yesus sedang duduk di antara para doktor, yang terkagum-kagum dengan kebijaksanaan dari jawaban-jawaban dan pertanyaan-pertanyaannya. Ada suka dan duka di wajah Maria ketika dia memandang Dia. “Nak,” katanya dengan lembut, “mengapa engkau berbuat begitu terhadap kami? Lihatlah, dalam kesedihan, ayahmu dan aku mencarimu.” Jawaban Yesus juga lembut dan sekaligus misterius. "Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”

Kemudian Dia kembali bersama mereka ke Nazaret, di mana Dia tetap “tunduk pada mereka.” Namun ibu-Nya, kita diberitahu, “menyimpan semua hal ini baik-baik di dalam hatinya.” (Lih. Luk 2:41-51)

Misteri Rosario ini sekaligus menimbulkan suka dan duka. Kita dapat belajar banyak hal dengan merenungkannya. Kita dapat mengagumi kebijaksanaan ilahi Yesus, yang sejak masa kanak-kanaknya ingin mengungkapkan sedikit kebenaran, dan juga ketaatan-Nya kepada Maria dan Yusuf hingga Ia mencapai usia tiga puluh tahun. Kita juga dapat mengagumi kehidupan-Nya yang tersembunyi di bengkel kerja di Nazareth, yang hanya disela oleh demonstrasi singkat tentang keilahian-Nya; dan kegelisahan Maria dan Yusuf untuk menemukan Yesus ketika mereka kehilangan Dia, serta kegembiraan mereka ketika Dia kembali kepada mereka.

Jika kita mengalami musibah yang besar karena kehilangan Yesus, marilah kita segera meminta bantuan kepada Maria dan Yusuf, yang kehilangan Dia tanpa kesalahan apa pun, mencari Dia dengan cemas, dan tidak berhenti sampai mereka menemukan Dia.

Mencari Yesus adalah kewajiban utama jiwa, dan menemukan Dia adalah kebahagiaan tertinggi. Jika kita tanpa Yesus, pikiran kita berada dalam kegelapan dan dipenuhi gagasan-gagasan palsu. Terpisah dari-Nya, hati kita dipenuhi penyesalan, kehampaan, dan kerinduan. Hanya ketika Yesus bersama kita, kehidupan dan kematian tidak ada artinya. Kemudian kita dapat memulai perjalanan kita menuju bintang pengharapan Kristiani yang tidak pernah pudar.

Ketika Yesus berjanji untuk memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan dan darah-Nya untuk diminum, Dia melihat para pendengar-Nya pergi dengan perasaan tersinggung. “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Dia bertanya kepada Rasul-Nya. “Tuhan,” jawab Santo Petrus, “kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal;” (Yohanes 6:69)

Karena dosa berat kita kehilangan Yesus, dan kita kehilangan kedamaian jiwa. Dengan dosa ringan kita menjauhkan Yesus dari kita. Oleh karena itu, kita hendaknya tidak hanya menghindari dosa berat, yang membawa kesengsaraan rohani, namun juga dosa ringan, yang mengurangi amal kita dan melemahkan kehidupan rohani kita. Terlebih lagi, kita harus berbelas kasihan terhadap orang-orang berdosa yang malang, yang merupakan saudara kita sendiri dan sangat berbahagia, meskipun mereka mungkin tidak menyadarinya. Kita harus banyak berdoa bagi mereka, agar mereka segera kembali kepada Yesus yang telah hilang dari mereka.

Kita harus memohon kepada Perawan Terberkati dan St. Yusuf untuk menjadi perantara bagi para pendosa agar mereka dapat kembali selamanya ke pelukan penuh belas kasihan Penebus ilahi mereka. —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy