| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario: Misteri Sedih Pertama: Penderitaan Yesus di Taman Getsemani

Giorgio Vasari  (1511–1574)


Kehidupan Maria, seperti kehidupan Putra ilahinya, adalah kehidupan yang penuh penderitaan dan pengorbanan.

Ketika Simeon menggendong Putra ilahi dalam pelukannya, dia telah bernubuat: “Anak ini ditentukan untuk kejatuhan dan kebangkitan banyak orang di Israel, dan untuk sebuah tanda yang akan ditentang. Dan jiwamu sendiri akan ditusuk oleh pedang.” (Bdk. Luk 2:35) Ada penderitaan sejak awal – dalam perjalanan yang sulit dari Nazaret ke Betlehem untuk memenuhi kewajiban sensus; dalam penolakan masyarakat Betlehem untuk memberikan perlindungan kepada Keluarga Kudus; dalam kelahiran Yesus di sebuah gua yang dingin; dalam pelarian ke Mesir untuk menghindari kekejaman Herodes; kehilangan Yesus ketika Dia berumur dua belas tahun; dalam kehidupan keras seorang pengrajin sederhana di Nazareth; dalam kesulitan kehidupan publik Yesus; dan dalam tragedi terakhir yang membawa Yesus dari Getsemani ke Golgota, dan dari Golgota ke kubur.

Ketika dihadapkan pada pemandangan Manusia-Tuhan dan Bunda Maria yang menderita demi cinta kita, bagaimana kita bisa mengeluh bahwa salib kita sendiri terlalu berat? Bagaimana kita bisa memberontak melawan Tuhan yang penuh belas kasihan yang menderita demi kebaikan kita sendiri, menyucikan kita dengan penderitaan, dan menuntut agar kita melepaskan diri dari hal-hal duniawi agar kita bisa lebih memikirkan Surga, yang merupakan takdir jiwa kita? Merenungkan semua penderitaan Yesus dan Maria bagi kita sudah cukup untuk membuat kita memeluk salib kita dengan murah hati dan pasrah terhadap penderitaan fisik dan moral yang Allah kirimkan kepada kita.

Mari kita memberi perhatian khusus pada kejadian di Getsemani. Yesus sedang berbaring sujud di tanah. Dia telah memberikan segalanya untuk umat manusia yang berdosa. Dia telah memberikan ajaran surgawi-Nya, mukjizat-mukjizat-Nya, dan rahmat-Nya. Terlebih lagi, Dia telah memberikan diri-Nya sendiri dalam Ekaristi Mahakudus, yang telah Dia tetapkan dalam bentuk makanan dan minuman untuk menopang manusia dalam perjalanan mereka di dunia.

Sekarang Dia berbaring sujud dalam doa. Di dekat-Nya terdapat para Rasul-Nya yang sudah lupa akan nikmat yang sangat besar yang telah mereka terima, lalu tertidur.

Tidak jauh dari sana ada Rasul lainnya, Yudas, yang telah menjual Gurunya seharga tiga puluh keping perak seperti seorang budak yang akan dijual, dan hendak menyerahkan Dia kepada para algojo-Nya. Namun Yesus dapat melihat selama berabad-abad banyak Yudas lainnya, begitu banyak pengkhianat yang acuh tak acuh dan tertidur, tidak pernah memikirkan Dia, dan lalai untuk membalas kasih-Nya yang tak terbatas. Kecintaan-Nya dimulai sekarang, dan akan berlanjut selama berabad-abad. Sebelum penyaliban-Nya, Dia meminum piala pahit dari rasa tidak berterima kasih manusia, dan dalam penderitaan-Nya yang luar biasa Dia mengeluarkan keringat tetes-tetes darah.

Anda termasuk golongan manakah Anda yang mengaku beragama Kristen? Apakah Anda termasuk pengkhianat yang dengan dosanya menyalibkan Yesus lagi? Menangislah atas kesalahan-kesalahan Anda dan mohonlah pengampunan dari Penebusmu yang penuh belas kasihan dan kekuatan agar tidak jatuh lagi.

Mungkin Anda tidak bersyukur dan tertidur? Bangunlah dari kelambananmu. Berdoalah kepada Perawan yang Berdukacita agar Anda mendapatkan kasih Putra ilahinya dan keinginan kuat untuk mengikuti-Nya di jalan pengorbanan dan kebajikan.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy