| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Gembira Keempat: Pemurnian Bunda Maria dan Yesus dipersembahkan di Bait Allah



Sejak kejatuhan orang tua kita yang pertama, ibu umat manusia telah mengandung jiwa-jiwa yang mati bagi kasih karunia dan telah melahirkan anak-anak yang ternoda oleh dosa. Oleh karena itu, air Pembaptisan perlu dianugerahkan kepada bayi-bayi ini kehidupan kedua, kehidupan supranatural. Upacara penyucian juga diperlukan bagi ibu umat manusia ini, sebuah upacara yang merupakan kewajiban menurut Hukum Lama, namun menurut Hukum Baru tetap hanya sebagai adat istiadat yang saleh.

Santa Perawan tidak tunduk pada kekuasaan dosa. Dengan hak istimewa khusus ia dipelihara bebas dari noda dosa asal dan diciptakan serta dikandung dalam kepenuhan rahmat. Selain itu, ia menjadi seorang ibu bukan melalui perantaraan manusia mana pun melainkan melalui kuasa Roh Kudus, yang memelihara keutuhan keperawanan seperti malaikat. Karena alasan ini Maria tidak terikat oleh hukum Musa yang menetapkan upacara penyucian sebagai hal yang perlu bagi semua ibu. Namun demikian, untuk memberi kita teladan kerendahan hati dan ketaatan mutlak terhadap hukum Tuhan, ia memilih untuk melaksanakan upacara suci ini.
Seberapa baik kita menaati hukum Allah, ajaran Gereja, dan perintah atasan kita yang mewakili otoritas ilahi? Mungkin kita bisa dengan mudah memaafkan diri kita sendiri dari kewajiban kita. Mungkin kita belum cukup siap memberikan contoh yang baik kepada orang lain. Kita mungkin menghindari pengorbanan yang dituntut oleh tugas kita, atau kita mungkin gagal melihat Tuhan dalam pribadi yang memberi kita instruksi.

Mari kita belajar dari Santa Perawan. Bahkan ketika dia tidak diwajibkan untuk melakukan hal tersebut, dia mematuhi hukum dan memberi kita teladan yang luar biasa dalam hal kerendahan hati dan ketundukan kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

Kemudian Yusuf dan Maria membawa Bayi Yesus ke Bait Suci untuk mempersembahkan Dia kepada Tuhan dan membeli Dia kembali sebagai anak sulung mereka dengan harga yang dibayar oleh orang miskin, yaitu sepasang burung tekukur atau dua ekor anak merpati. Mari kita merenungkan tindakan kerendahan hati yang baru dari Keluarga Kudus. Sekalipun martabat tertinggi telah diberikan kepada mereka, mereka diam-diam tunduk pada hukum yang mengikat mereka yang berada dalam kemiskinan dan dosa. Kita yang sangat gemar uang dan pamer harus banyak belajar dari kejadian ini. Yesus, Manusia-Tuhan, dibeli kembali sebagai orang berdosa untuk dua anak merpati. Maria, perawan dan ibu yang tak bernoda, dan Yusuf, manusia yang paling suci dan paling mulia, menjadikan diri mereka tunduk pada hukum dosa. Dari sini kita dapat mengambil pelajaran tentang kerendahan hati dan ketidakmelekatan.

Selama upacara, seorang pria saleh, yang mendapat pencerahan dari Tuhan, memasuki Bait Suci. Dia meminta dan memperoleh hak istimewa untuk menggendong Bayi ilahi dalam pelukannya. Ini adalah Simeon, seorang lelaki tua suci yang kepadanya Roh Kudus telah menyatakan bahwa sebelum dia meninggal dia akan melihat Mesias yang dinantikan, Penebus umat manusia yang berdosa. Karena sangat gembira sambil memeluk Yesus, dia berseru: "Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu,” (Lukas 2:29)

Semoga Tuhan mengabulkan bahwa ketika kita sampai pada akhir kehidupan fana kita, kita juga dapat memperoleh kesenangan untuk mendekap Yesus di dalam hati kita. Maka kita dapat berkata dengan yakin akan kemurahan Tuhan: Terimalah hamba-Mu dengan damai, ya Tuhan. Ampunilah dia dan terima dia dalam kebahagiaan abadi..—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy