| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Mulia Kedua: Kenaikan Yesus ke Surga

karya Dosso Dossi, abad ke-16.


Empat puluh hari setelah kebangkitan-Nya yang mulia, Yesus datang bersama semua sahabat-Nya, di antaranya ibu-Nya, ke Bukit Zaitun. Kawasan ini telah menjadi saksi fase awal dari sengsara-Nya, yang mungkin lebih pedih lagi, karena di Getsemani bukan tubuh-Nya yang terkoyak oleh cambuk dan paku, melainkan jiwa-Nya yang mengalami penglihatan yang penuh penderitaan akan dosa dan rasa tidak berterima kasih dari manusia. Namun sekarang, Dia ada di sini dengan tubuh kemuliaan sebagai penakluk dosa dan maut. Untuk terakhir kalinya Dia memandang sekelompok kecil pengikut-Nya, kepada siapa Dia telah mempercayakan misi-Nya untuk mengubah seluruh alam semesta dengan mewartakan dan melaksanakan pesan Injil di seluruh dunia. Sekarang Dia menjanjikan Roh Kudus kepada mereka, yang akan memberi mereka kuasa untuk mengalahkan kejahatan. Kemudian Dia naik ke Surga, hingga awan terang menyembunyikan Dia dari pandangan mereka.

Mungkin Bunda Maria adalah orang terakhir yang mengalihkan pandangannya dari awan yang menghilang yang telah menghilangkan Yesus dari pandangan. Mata manusianya tidak pernah melihat lagi sosok terkasih dari Putra ilahinya, namun dalam jiwanya Bunda Maria melihat Yesus masuk dengan penuh kemenangan ke Surga di antara paduan suara para Malaikat dan duduk di sebelah kanan Bapa yang kekal. Dia melihat, dan berpikir dengan kerinduan yang tak terbatas akan hari yang tidak lama lagi ketika dia akan berpindah dari pengasingan fana menuju kebahagiaan abadi di Surga, di mana dia akan memeluk Putra ilahinya lagi dalam kegembiraan cinta.

Kita semua dipanggil untuk naik ke Surga bersama Yesus dan Maria. Namun, ingatlah bahwa hanya orang yang tidak bersalah dan bertobat yang dapat dimasukkan ke dalam surga. Jika kita cukup malang hingga kehilangan kesucian baptisan kita, maka yang tersisa hanyalah jalan kedua – yaitu jalan penebusan dosa. Kita harus menyucikan diri kita dari dosa-dosa kita melalui perbuatan baik.

Kita harus naik semakin tinggi menuju puncak kesempurnaan Kristiani.

Dalam perjalanan pendakian kita, kita tidak boleh berhenti dan memutuskan bahwa kita telah melangkah cukup jauh. Berhenti pasti berarti kembali. Yesus dan Maria mengundang dan mendorong kita untuk melangkah lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.

Sudahkah kita disucikan dari dosa, perusak jiwa dan perusak harkat dan martabat manusia? Pernahkah kita merasa sangat ngeri bahkan terhadap dosa ringan, yang memisahkan kita dari Allah dan mematikan kehidupan kasih karunia? Itu masih belum cukup; kita harus pergi lebih tinggi.

Apakah kita bermurah hati dan tidak mementingkan diri sendiri dalam perjuangan mencapai kekudusan, menjaga diri kita terhadap saran-saran jahat dunia, kedagingan, dan iblis? Itu masih belum cukup; kita harus terus maju.

Apakah kita memikul salib sehari-hari yang dipercayakan Tuhan kepada kita dan menerima beban itu dengan pasrah sepenuhnya kepada kehendak kudus-Nya? Sangat bagus, tetapi ini pun tidak cukup.

Ya Tuhan, apa lagi yang harus kami lakukan untuk-Mu? Hanya satu hal, jawabnya. Kita harus sepenuhnya menjadi milik-Nya, hanya mengasihi Dia, dan bekerja hanya untuk Dia. Kemudian kita akan menyelesaikan pendakian kita dan dapat berkata bersama St. Paulus: “Sekarang, bukan lagi aku yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku.” (Gal. 2:20) Inilah tujuan akhir yang harus kita perjuangkan dengan sepenuh hati.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy