| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang mempraktikkan kebajikan kerendahan hati

    
Ford Madox Brown  (1821–1893)

 
 
Kerendahan hati adalah kebajikan yang paling penting dan paling sulit. Ini adalah hal yang paling penting karena merupakan pondasi seluruh bangunan kesempurnaan rohani umat Kristiani. Tidak ada bangunan stabil yang dapat dibangun tanpa pondasi yang kokoh.

Kebajikan ini juga penting karena Tuhan memberikan rahmat-Nya hanya kepada orang-orang yang rendah hati, dan tanpa rahmat-Nya kita tidak dapat memperoleh pahala supranatural. "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." (Yakobus 4:6) Terlebih lagi, kerendahan hati merupakan kebajikan yang paling sulit. Sulit untuk meninggalkan harta milik seseorang dan memberikannya kepada orang miskin sesuai dengan nasihat Injili. Lebih sulit untuk meninggalkan naluri dan nafsu yang menyimpang. Akan tetapi, yang lebih sulit lagi adalah melepaskan ego diri sendiri dengan segala keinginannya yang tidak wajar. Namun demikian, inilah yang dituntut oleh kerendahan hati Kristiani dari kita. Kita harus menyangkal diri kita sendiri dan mengakui ketiadaan kita. Kita harus menyadari bahwa adalah suatu kebodohan untuk bermegah atas hal-hal yang bukan milik kita, tetapi itu hanyalah anugerah dari Tuhan.

Kita perlu terus-menerus mempraktikkan kebajikan kerendahan hati jika kita ingin menjadi rendah hati. Untuk tujuan ini, ada baiknya kita merenungkan motif-motif yang seharusnya mengilhami kita untuk merendahkan diri kita baik di hadapan Allah maupun di hadapan manusia. Dosa-dosa kita merupakan salah satu motif ini. Segala keberadaan kita dan segala yang kita miliki secara jasmani dan supranatural adalah anugerah dari Pencipta dan Penebus kita, namun dosa adalah milik kita sendiri.

Kita sendirilah yang bertanggung jawab atas dosa, karena bertentangan langsung dengan kehendak-Nya, kita menyalahgunakan kemampuan yang diberikan Tuhan kepada kita. Ini tentunya merupakan alasan untuk mempermalukan diri kita sendiri; dosa, yang merupakan pelanggaran terhadap Allah dan merupakan kehancuran rohani kita, adalah satu-satunya hal yang dapat kita klaim sebagai milik kita. Sayangnya, kita telah melakukan banyak sekali dosa dalam pikiran, perkataan, perbuatan, dan kelalaian; sendirian dan di depan umum, siang dan malam, sebagai anak-anak dan orang dewasa; bertentangan dengan perintah Tuhan, bertentangan dengan ajaran Gereja, dan bertentangan dengan kewajiban negara kita dalam hidup. Seluruh keberadaan kita telah dirusak oleh pelanggaran dan tindakan tidak berterima kasih terhadap Tuhan, Pemberi kita yang terbesar.

Motif lain dari kerendahan hati adalah kekurangan kita dalam kebajikan. Kita telah menerima banyak anugerah dari Tuhan, namun apa gunanya kita memanfaatkannya? Kita telah menerima anugerah alam dan anugerah, inspirasi yang baik, teladan yang baik, serta waktu dan kesempatan yang berharga untuk berbuat baik. Pada saat suara Tuhan berbicara paling jelas di dalam hati kita, kita membuat resolusi yang baik dan berjanji untuk meninggalkan dosa dan berjalan dengan semangat yang lebih besar di jalan kesempurnaan. Namun sayangnya, kita masih tertinggal. Ini adalah motif baru untuk merendahkan diri dan memohon kepada Allah karunia ketekunan.

Yang terakhir adalah sifat kehidupan fana yang bersifat sementara. Satu penyakit saja sudah cukup untuk membawa kita ke alam kubur, di sana membusuk dan dimakan cacing. Pembuluh kapiler di otak saja sudah cukup pecah sehingga membuat kita tidak mampu membentuk satu pemikiran atau mengucapkan satu kata pun. Kita membayangkan diri kita sangat penting, padahal kita tidak berarti di hadapan Tuhan dan di hadapan alam semesta yang perkasa. Oleh karena itu, marilah kita melakukan yang terbaik untuk menjadi rendah hati. Jika kita bisa menjadi seperti anak kecil, Tuhan akan berkenan kepada kita dan menjadikan kita anggota Kerajaan-Nya. “Sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.” (Mat. 18:3)— —
    
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy