| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Bapa Kami (Bagian 1)

 
 
 Tuhan kita menasihati murid-murid-Nya dalam banyak kesempatan untuk sering berdoa dan dengan penuh keyakinan jika mereka ingin didengar. Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Mintalah, kata-Nya, maka itu akan diberikan kepadamu; Carilah, maka kamu akan menemukan, ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Terakhir, Dia menekankan bahwa kita harus berdoa dan tidak pernah menyerah. Dengan kata lain, hidup bisa menjadi doa yang berkesinambungan jika kita mempersembahkan seluruh pikiran, perkataan, dan tindakan kita kepada Tuhan.

Doa Kristen yang ideal adalah melakukan kehendak Tuhan setiap saat atas dasar cinta yang murni. Namun para Rasul, yang belum mencapai banyak kemajuan dalam kehidupan rohani, meminta Yesus untuk mengajari mereka cara berdoa. (Lukas 11:1) Saat itulah Tuhan kita menyusun doa yang paling indah, yaitu doa “Bapa Kami”. (Mat. 6:9-13) Saat kita melafalkannya, kita berbicara kepada Tuhan dalam perkataan Yesus Kristus sendiri dan menyatukan suara lemah kita dengan suara kuat Anak Tuhan. Terlebih lagi, kami menyapa Allah Yang Kekal dengan nama Bapa. Bahkan dalam Perjanjian Lama Tuhan sering disebut dengan cara ini. Namun, pada masa lalu, Dia berperan sebagai Bapa bagi umat pilihan, sedangkan sekarang Dia adalah Bapa bagi semua orang. Dialah Bapa kita, Bapa seluruh umat manusia dan semua ras, yang Dia ingin tebus dari perbudakan dosa. Istilah “Bapa Kami” mempunyai arti yang baru dan lebih lengkap. Doa kita yang lemah menjadi satu dengan doa Yesus, saudara sulung kita, dan dengan doa para Rasul, Martir, Perawan, dan Pendoa, yang selama berabad-abad membentuk dan membentuk Tubuh Mistik Kristus yaitu Gereja. Kita tidak perlu lagi merasa bahwa kita sendirian, karena melalui Persekutuan Para Kudus, permohonan kita digabungkan dengan permohonan seluruh Gereja, yang militan, menderita, dan penuh kemenangan. Oleh karena itu, kita dapat yakin bahwa doa kita akan didengar.

“Bapa kami, yang ada di Surga.”
Surga adalah Tuhan sendiri, yang menyatakan diri-Nya kepada jiwa-jiwa yang diberkati. Kalau manusia hidup di dalam Tuhan, maka pikiran dan hatinya sudah berada di Surga, meskipun ia masih dalam pengasingan di bumi ini. Merupakan pengalaman yang luar biasa untuk menjalani kehidupan jasmani di bumi sementara pikiran kita tertuju pada Tuhan di surga, karena, seperti yang dikatakan St. Paulus, “kewargaan kita ada di surga.” (Flp. 3:20) Sebagaimana kita ketahui, Tuhan ada dimana-mana, di Surga dan di bumi. Namun, ketika kita memohon kepada Bapa kita yang di Surga, kita mewujudkan iman kita kepada-Nya dan kemurahan hati-Nya, yang melaluinya Dia menyatakan diri-Nya dalam segala kemuliaan-Nya kepada orang-orang yang diberkati dan menunjukkan belas kasihan-Nya kepada kita orang-orang buangan yang malang ketika kita datang kepada-Nya. Dalam kata-kata pertama Pater Noster, kami tidak hanya mengungkapkan iman kita, tetapi juga harapan kita untuk berbahagia bersama Tuhan selamanya.

Tuhan benar-benar Bapa kita karena Dia menciptakan kita dari ketiadaan dan karena Dia menyebabkan kita dilahirkan kembali melalui Inkarnasi Putra tunggal-Nya dan pekerjaan Penebusan. Dengan cara ini Dia adalah Bapa kita.

Namun, bisakah kita mengaku sebagai anak-anak Allah yang sejati? Tidaklah cukup hanya menyatakan pernyataan ini dengan mendaraskan doa “Bapa Kami”, namun kita harus membuktikannya dengan cara yang praktis dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita dapat melakukan hal ini dengan menerima kehendak Tuhan dalam segala hal, dengan menaati perintah-perintah-Nya dan ajaran Gereja, dan khususnya dengan mengasihi Dia lebih dari apa pun dalam ciptaan.   —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy