| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Gembira: Bunda Maria Mengunjungi Elisabeth

 
Elisabet (kiri) dikunjungi Maria, oleh Philippe de Champaigne


Ketika Malaikat memberi tahu Maria bahwa dia telah dipilih menjadi Bunda Allah, dia melanjutkan dengan mengungkapkan juga kelahiran yang akan segera terjadi dari Perintis Yesus Kristus. Sepupunya, Elisabeth, katanya, yang telah lama mandul, akan segera merasakan kebahagiaan karena melahirkan seorang putra. Ketika Perawan Terberkati mendengar kabar baik ini, dia berangkat melakukan perjalanan yang panjang dan sulit untuk memberi selamat kepada sepupunya.

Jiwa yang beriman selalu dimotivasi oleh kasih dan tidak mempedulikan kesulitan atau rintangan karena rahmat Tuhan memiliknya seutuhnya. Kita juga telah menerima, dan terus menerima, banyak rahmat dari Pencipta kita. Kita bukan siapa-siapa, dan Tuhan memberi kita keberadaan. Kita berada dalam kegelapan, dan Dia memberi kita cahaya iman. Kita adalah budak dosa, dan Yesus Kristus mematahkan ikatan iblis yang menahan kita dan memberi kita kebebasan sebagai anak-anak Allah. Kita adalah orang buangan di bumi ini dan Tuhan menjadi rekan dan pembimbing kita. Kita haus akan hal-hal supernatural, dan Dia memenuhi kita dengan Roti Ilahi yang di dalamnya Dia memberikan diri-Nya sepenuhnya kepada kita.
Namun apakah kita sudah bersyukur kepada Tuhan sebagaimana seharusnya! Apakah kita sesuai dengan rahmat-Nya? Apakah kita siap berkorban demi berbagi dengan orang lain anugerah yang telah Dia perkaya kepada kita?

Ingatlah bahwa rasa syukur adalah sebuah keutamaan yang sangat berkenan kepada Allah dan menarik rahmat serta anugerah lainnya kepada kita.
 
Dalam panegyricnya tentang Trajan, Pliny muda mengamati bahwa cara terbaik untuk meminta bantuan baru adalah dengan menunjukkan rasa terima kasih atas apa yang telah kita terima. Di sisi lain, seperti yang ditunjukkan oleh St. Bernardus, rasa tidak berterima kasih itu seperti angin panas yang mengeringkan embun belas kasihan ilahi. (Khotbah 52 dalam Kant.) Oleh karena itu, marilah kita bersyukur kepada Allah, dan melakukan yang terbaik untuk membagikan kepada orang lain anugerah yang telah kita terima.

Begitu Maria memasuki rumah sepupunya, Elisabeth mendapat semangat dari Roh Kudus dan merasakan bayi dalam kandungannya melonjak kegirangan di hadapan Yesus dan Ibu-Nya. “Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?” (Lukas 1:42-43) Kemudian Santa Perawan dalam kegembiraan dan rasa syukurnya mengucapkan Magnificat. Namun, ungkapan kebahagiaannya ini terjalin dengan perasaan kerendahan hati yang mendalam.

“Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya.” (Lukas 1:46-55)

Jika pada saat itu mereka dapat mendengar kata-kata gadis malang dan tidak dikenal ini, apa yang akan dikatakan oleh Kaisar Agustus yang perkasa, atau raja kecil, Herodes? Namun sejarah hadir untuk menunjukkan kebenaran yang menakjubkan dari kata-kata nubuatan ini. Generasi masa lalu dan generasi sekarang telah bersujud hormat di hadapan gadis sederhana ini, sementara satu demi satu para penguasa berjatuhan dari singgasana mereka. Marilah kita juga menghormati Santa Perawan dan belajar darinya untuk mencintai kerendahan hati dan kekudusan.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy