| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: mengurai simpul permasalahan hidup


 Mungkin saja di masa lalu kita pernah mengalami masa-masa kebingungan dan keresahan rohani yang meninggalkan bekas pada kita. Mungkin ada saat-saat kelemahan manusia ketika kita menyerah pada daya tarik dosa dan jatuh secara menyedihkan.

Pada kesempatan ini kita hanya perlu merendahkan diri di hadirat Allah, menyesali kesalahan kita, memohon pengampunan Yesus, dan bertekad dengan pertolongan kasih karunia Allah untuk tidak berbuat dosa lagi. Dengan cara ini kita bisa mendapatkan kembali ketenangan pikiran kita.

Kadang-kadang kita juga putus asa karena penderitaan yang berat atau karena penghinaan. Dalam kasus ini, solusinya sama. Kita harus merendahkan diri kita di hadapan Tuhan dan mengingat bahwa kita layak menerima hukuman yang lebih besar lagi atas dosa-dosa kita. Jika kita menerima penderitaan dan kesedihan dengan cara Kristiani, hal itu menyucikan kita dan membawa kita lebih dekat kepada Tuhan.

Ada kalanya kita sangat tersakiti oleh sesama manusia, terkadang karena ketidakcocokan temperamen, terkadang karena saling salah paham dalam situasi sulit. Dalam kasus seperti ini, kerendahan hati dan kelembutan juga berguna. Kebajikan tidak dapat menyelesaikan semua masalah kehidupan, namun dapat membawa kita lebih dekat untuk menyelesaikan banyak masalah. Kita masih harus menghadapi banyak hal dalam hubungan kita dengan orang lain, namun kerendahan hati dan pengertian pada akhirnya dapat mengurai simpul yang paling rumit sekalipun. Penerapan kebajikan-kebajikan ini akan mendatangkan berkat bagi kita di mata Tuhan dan akan memampukan kita untuk hidup harmonis dengan sesama kita.

Ketika timbul kesalahpahaman yang serius antara sesama kita dan diri kita sendiri, kita harus bersikap tenang dan rendah hati. Kita tidak boleh kehilangan pengendalian diri atau membiarkan kemarahan atau kesombongan mengganggu ketenangan pikiran kita. Melakukan hal ini tidak akan memberikan manfaat apa pun bagi kami dan akan menimbulkan ketegangan hubungan dengan tetangga kita. Ketika kita terluka atau jengkel, satu-satunya jalan yang bisa kita lakukan adalah tetap diam, tidak peduli betapa sulitnya kita untuk tetap diam. Setelah beberapa waktu, kami akan kembali tenang dan dapat berdiskusi dengan ramah mengenai penyebab kejengkelan kita. Jika kita mematuhi aturan ini, kita akan mampu menyelesaikan banyak masalah besar dan akan lebih mudah untuk menjadi suci.

Ada aturan lain yang berguna yang harus kita patuhi ketika kita mempunyai perbedaan pendapat dengan sesama kita, dan itu adalah aturan perilaku Kristen yang praktis.

Tidak ada gunanya dan berbahaya jika kita terbawa nafsu dan memikirkan hak-hak kita dan kesalahan orang lain. Perilaku seperti itu tidak akan menyelesaikan apa pun. Jauh lebih baik untuk mencari dengan tenang cara paling praktis untuk mencapai situasi yang adil dan penuh kasih. Biasanya ada sejumlah hak di kedua sisi. Diskusi yang tenang dan praktis diperlukan jika kita ingin menemukan solusi terbaik atas masalah kita. Pendekatan yang membangun dan tidak berprasangka buruk terhadap perbedaan pendapat akan sangat membantu kita dalam pencarian kita akan kesempurnaan dan dapat memecahkan banyak masalah yang sulit diatasi oleh pikiran yang gelisah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy