| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Para Malaikat Pelindung

Fidelis Schabet | Public Domain
 
 
 Di antara banyak ungkapan kebaikan Tuhan terhadap kita adalah penunjukannya sebagai Roh surgawi untuk menemani dan membantu kita masing-masing dalam perjalanan hidup kita. Mata manusia tidak bisa melihatnya, karena dia selalu berjaga di sisi kita. Bahkan saat dia berada di dekat kita, dia menikmati pemandangan indah Tuhan.

Ini adalah pemikiran yang luar biasa. Di siang hari, saat kita disibukkan dengan begitu banyak urusan yang bisa membuat kita lupa akan Tuhan, malaikat kita ada di samping kita untuk menginspirasi kita agar semakin mencintai Tuhan. Saat kita tertidur, dia mengawasi kita dan berdoa untuk kesejahteraan kita. Saat kita berdoa, dia mengumpulkan permohonan kita yang lemah dan mempersembahkannya kepada Tuhan. Ketika godaan menekan kita dengan keras, dialah yang menopang kita dan mendorong kita untuk melawan dengan ketabahan Kristiani. Yang terakhir, ketika kita terjerumus ke dalam dosa besar karena kemalangan karena kita tidak peka terhadap seruan Pencipta kita, dia akan merasa kasihan pada kita dan menginspirasi penyesalan dalam diri kita atas kesalahan kita dan keinginan untuk segera dikembalikan ke dalam kemurahan Tuhan.

Kita hendaknya sangat berterima kasih kepada Malaikat Pelindung kita yang baik hati dan harus sering berdoa kepadanya, terutama pada saat ada bahaya rohani atau jasmani. Kita membutuhkan pertolongannya ketika kita dicobai atau ditindas. Kita harus menaruh kepercayaan yang lebih besar kepadanya, dengan mengingat bahwa dia selalu siap sedia untuk memenuhi misi yang dipercayakan kepadanya oleh Tuhan untuk mencerahkan dan mengarahkan kita.

Kesadaran bahwa Malaikat Pelindung kita selalu dekat juga harus menjadi peringatan bagi kita. Hal ini hendaknya mencegah kita melakukan sesuatu yang tidak berkenan kepada Tuhan. Akankah kita berani melakukan sesuatu yang tidak pantas di hadapan ayah atau ibu kita, atau di hadapan siapa pun yang kita hargai? Tentu saja tidak, apalagi kita berani melakukan perbuatan jahat di hadapan Malaikat kita, yang kepadanya kita patut bersyukur, dan di hadapan Tuhan, Pencipta, Tuhan, dan Penebus kita, yang sewaktu-waktu dapat memutuskan benang merah tersebut. yang mengikat kita pada kehidupan dan menjerumuskan kita ke dalam keabadian. Lebih jauh lagi, ketika kesombongan meyakinkan kita bahwa kita penting, marilah kita berpaling kepada Malaikat kita dan berdoa memohon keutamaan kerendahan hati. Ketika kita mulai marah dan rindu mengucapkan kata-kata yang kasar dan mencelakakan, marilah kita memohon kepada-Nya karunia kelembutan Kristiani. Ketika iblis memenuhi pikiran kita dengan gambaran dan pemikiran yang tidak murni, marilah kita memohon kepada Malaikat kita untuk memohon kepada Tuhan agar memberi kita ketabahan Kristiani untuk menolak godaan dan meniru kemurnian malaikatnya. Akhirnya, ketika sikap suam-suam kuku melemahkan kekuatan kehidupan batin kita, marilah kita berdoa kepada Malaikat Pelindung kita dengan harapan memperoleh bagian dalam kesatuan intimnya dengan Tuhan.

Mari kita biasakan doa ini kepada Malaikat Pelindung kita, terutama di saat krisis kehidupan:

“Wahai Malaikat Tuhan, Pelindungku terkasih,
Kepada siapa kasih Tuhan mengikatku di sini,
Selalu hari ini (atau malam) berada di sisiku
Untuk menerangi dan menjaga, untuk mengatur dan membimbing. Amin."


Ketika tidak ada cukup waktu untuk mengucapkan doa ini, marilah kita setidaknya berpaling kepada Malaikat kita dengan tindakan iman dan cinta dan berkata: “Malaikat Pelindungku, berilah pencerahan padaku. Malaikat Pelindungku, bantu aku. Malaikat Pelindungku, lindungi aku.”

Dia pasti akan datang membantu kita dan memohon rahmat yang kita butuhkan dari Tuhan. —

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy