| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Bapa Kami (Bagian 6-habis)

 
Karya:sedmak/istock.com


“Bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin."
Ini adalah permohonan terakhir kita dalam Doa Bapa Kami. Allah adalah Bapa, Pencipta, dan Penebus kita, yang tidak menginginkan kehancuran kita, tetapi hanya kesejahteraan kita. Namun demikian, Dia ingin kita memohon kepada-Nya setiap hari untuk melepaskan kita dari kejahatan.

Kita memohon kepada Tuhan untuk melepaskan kita dari kejahatan apa pun. Tidak ada yang menghalangi kita untuk memohon kepada-Nya untuk menyelamatkan kita dari penyakit fisik, seperti penyakit atau kesulitan atau banyak penderitaan hidup lainnya. Tuhan mengasihi kita dan karena itu tidak ingin kita menderita. Namun Dia mengasihi kita, sebagaimana Dia mengetahui yang terbaik, dan karenanya menginginkan kesejahteraan kita yang sejati. Dia tahu bahwa penderitaan dan kesedihan adalah warisan penting kita dalam kehidupan. Dialah garam yang menjaga kita dari korupsi.

Fatalnya jika kita selalu bahagia di dunia ini, maka kita harus melupakan Tuhan dan kebahagiaan abadi kita yang hakiki. Dengan segala cara marilah kita dengan rendah hati memohon kelepasan dari penyakit tubuh, namun janganlah kita mengeluh jika Tuhan tidak mengabulkan permintaan kita. Hanya Dia yang tahu apa yang terbaik untuk kita saat ini dan di masa depan.

Yang terakhir, ketika kita memohon kepada Tuhan untuk menyelamatkan kita dari kejahatan materi, kita harus melakukannya dengan semangat tunduk dan pasrah pada kehendak suci-Nya. “jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga.” Kita hendaknya mengingat perkataan Yesus Kristus. “Setiap orang yang mau mengikut Aku, hendaklah ia menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari, dan mengikut Aku.” (Lukas 9:23) Di mana kita bisa mengikuti Dia? Tentu saja ke Golgota. Kita harus menderita dan mati seperti yang Dia alami. Baru setelahnya kita bisa meraih kebahagiaan abadi.

Oleh karena itu, bebaskanlah kami dari kejahatan, ya Tuhan. Bebaskanlah kami jika memungkinkan dari penyakit jasmani dan duniawi, tetapi biarlah kehendak-Mu yang terjadi. Kami menyadari bahwa ada tujuan dalam penderitaan, yang misinya adalah untuk menyucikan kami dan membawa kami lebih mudah kepada-Mu. Kami akan berterima kasih kepada-Mu jika Engkau mendengarkan permohonan kami, namun kami juga akan berterima kasih jika Engkau berkenan untuk menolaknya.

Ketika kita memohon Tuhan untuk melepaskan kita dari kejahatan, kita harus memikirkan kejahatan yang sebenarnya, yaitu kejahatan yang bersifat rohani. Semua kejahatan lainnya tidak ada artinya dibandingkan dengan dosa, yang merupakan pelanggaran yang dilakukan terhadap Tuhan, satu-satunya kebaikan kita. Dosa merampas rahmat-Nya dari kita, yang merupakan kehidupan adikodrati jiwa, merampas persahabatan-Nya dari kita, dan merupakan tindakan tidak berterima kasih kepada Penolong kita yang tertinggi.

Ketika kita berdoa kepada Tuhan untuk melepaskan kita dari kejahatan, kita harus memperbarui tekad kita untuk menghindari dosa dengan segala cara yang kita bisa. Doa adalah sia-sia jika tidak dibarengi dengan tekad untuk tidak pernah menyinggung Tuhan lagi. Doa dan tekad kita yang baik akan menarik perkenanan Tuhan dan memperkuat ikatan keintiman kita dengan-Nya.

Bebaskanlah kami, ya Tuhan, dari kejahatan kutukan kekal. Dosa adalah kejahatan yang paling besar, namun selama kita berada di bumi, dosa adalah kejahatan yang masih dapat diatasi, karena Allah dalam kemurahan-Nya yang tak terbatas selalu siap mengampuni kita dan memulihkan kita pada persahabatan ilahi-Nya jika kita sungguh-sungguh bertobat. Namun di Neraka, tidak ada obat lebih lanjut, karena di sana belas kasihan Tuhan telah digantikan oleh keadilan-Nya yang tak terbatas. Di mana pohon tumbang, di sanalah ia harus tergeletak selamanya. Ketidakbahagiaan yang mengerikan ini hampir tidak dapat dibayangkan.

Bebaskanlah kami dari dosa, ya Tuhan; bebaskan kami dari kematian yang buruk; bebaskan kami dari Neraka. Bantulah kami untuk semakin mencintai-Mu dan melayani-Mu dengan lebih setia sehingga suatu hari nanti kami dapat menikmati kebersamaan dengan-Mu selamanya. Amin.  —
    
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy