| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Rosario Misteri Gembira Ketiga: Kelahiran Yesus

 
Karya:Keith Lance/istock.com


Ketika Tuhan menjadi manusia untuk mengajar dan menebus umat manusia yang terhilang dan bersalah, tindakan tersebut akan kehilangan arti sebenarnya jika Dia memilih untuk dilahirkan di sebuah istana, dikelilingi oleh kemegahan kemuliaan dan kekayaan duniawi.

Tidak ada artinya bukan hanya bagi Tuhan, tetapi juga bagi kita, jika Dia meninggalkan kemuliaan Surga yang tidak dapat binasa dan kekayaan kebahagiaan abadi yang tak terhingga demi mendapatkan keagungan duniawi yang di mata-Nya hanyalah awan yang menghilang. Apa yang kita perlukan adalah mempelajari kerendahan hati dan melepaskan diri dari hal-hal duniawi, yang dapat dengan mudah membuat kita melupakan hal-hal supranatural. Kita membutuhkan Seseorang untuk datang dan menyucikan penderitaan, yang memurnikan dan mengangkat jiwa. Kita membutuhkan Seseorang untuk memenuhi tuntutan keadilan ilahi atas nama kita dan mengajari kita bahwa jalan salib adalah satu-satunya jalan yang dapat menuju ke Surga. Inilah sebabnya mengapa Firman Tuhan yang Kekal menjadi bayi yang miskin dan rendah hati, memilih kandang daripada istana, dan desa kecil Betlehem di Yudea daripada kota kekaisaran Roma. Dia berharap kemiskinan dan kekurangan yang dialami-Nya menjadi pelajaran pertama-Nya bagi umat manusia.

Seperti para gembala sederhana, marilah kita bersujud dengan iman dan cinta di hadapan palungan. Marilah kita mempersembahkan resolusi baik kita sebagai hadiah; marilah kita mempersembahkan hati kita dan memohon kepada Tuhan untuk mengubahnya dan menjadikannya sepenuhnya milik-Nya selamanya.

Tiba-tiba, kegelapan malam dan kemalangan gua diterangi oleh cahaya terang dari Surga. Sementara manusia tidak sadar, atau acuh tak acuh terhadap, peristiwa ajaib yang telah terjadi, tampaklah bersama-sama bala tentara surga yang memuji Allah, katanya: "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya." (Lukas 2:13-14) Yusuf membungkuk di hadapan Bayi ilahi dan diam-diam menyembah-Nya, sementara Perawan Diberkati berlutut di kaki-Nya dalam kontemplasi penuh kasih.

Marilah kita juga belajar menyembah dan mencintai-Nya seperti yang dilakukan Ibu dan ayah angkat-Nya. Marilah kita mencintai-Nya, yakni dengan cinta yang kontemplatif, tidak terdistraksi oleh urusan-urusan duniawi; dengan cinta yang rendah hati, karena kita berhutang segalanya kepada-Nya, yang tanpa-Nya kita hanyalah orang-orang berdosa yang sengsara; dengan kasih yang simpatik, karena kita tahu bahwa Dia menderita bagi kita dan menghabiskan diri-Nya demi keselamatan kekal kita; dan terakhir, dengan cinta yang sepenuhnya berdedikasi. Lagi pula, jika Dia begitu mengasihi kita sehingga Dia memberikan diri-Nya sepenuhnya bagi kita, maka dalam kasih kita kepada-Nya kita harus mengorbankan diri kita sepenuhnya. Segala pikiran, kasih sayang, dan tindakan kita harus dipersembahkan kepada-Nya dengan niat yang murni dan dengan tekad yang teguh untuk hidup sesuai dengan kehendak suci-Nya.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy