| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Doa Bapa Kami (Bagian 5)

 


Ketika kita meminta Tuhan untuk mengampuni kita, kita berjanji untuk mengampuni orang yang telah menyakiti kita. Oleh karena itu, kecuali kita bersalah karena melakukan penipuan, kita harus memaafkan mereka. Jika kita menolak untuk mengampuni, Tuhan tidak akan mengampuni kita. Yesus memberitahu kita dalam Injil untuk mengampuni pelanggaran bukan tujuh kali, tapi tujuh puluh kali tujuh. (Bdk. Mat 18:22) Dengan kata lain, kita harus selalu siap mengampuni. Dia memerintahkan kita untuk membalas kejahatan dengan kebaikan dan memberikan pipi yang lain ketika seseorang memukul kita.

Yesus tidak hanya memerintahkan kita untuk melakukan hal ini, tetapi Dia juga memberi kita teladan. Ketika Dia menderita siksaan yang mengerikan di Kayu Salib dan dikelilingi oleh musuh-musuh yang mencemooh, Dia berpaling kepada Bapa-Nya di surga dan mengucapkan kata-kata yang agung: “Bapa, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.” (Lukas 23:24)

Bagaimana kita bisa menatap Salib dan berani menolak pengampunan kepada siapa pun? Betapapun parahnya luka yang dilakukan oleh sesama kita terhadap kita, marilah kita ingat bahwa hal itu tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan penghinaan yang berani kita berikan kepada keagungan Pencipta kita yang tak terhingga. Jumlahnya seperti seratus dinar dibandingkan dengan sepuluh ribu talenta dalam perumpamaan Kristus. (Mat. 18:24-28)

Oleh karena itu, jika kita ingin menerima pengampunan Tuhan, marilah kita bersiap untuk mengampuni. Namun, hendaknya pengampunan kita dilakukan dengan tulus, dan bukan sekadar tanda formal. Pengampunan yang diberikan secara cuma-cuma oleh hati yang tersiksa oleh luka-luka orang lain adalah pengorbanan yang menyenangkan yang dipersembahkan kepada Tuhan.

“Jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah,”
Yesus memberi tahu kita, “dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau,  tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu." (Mat. 5:23-24) Oleh karena itu, doa adalah sia-sia, kecuali kita terlebih dahulu mengampuni musuh kita.

“Belajarlah padaku,”
kata Yesus ketika Dia mengusulkan diri-Nya sebagai teladan untuk ditiru, “sebab Aku lemah lembut dan rendah hati.” Kemudian, Dia menambahkan, “jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Bdk. Mat 11:29) Betapa benarnya hal ini. Pondasi dari kebencian, kemarahan, dan kedengkian kita selalu merupakan harga diri kita yang terluka. Kita memerlukan kelembutan dan kerendahan hati seperti Kristus jika kita ingin mengampuni dengan tulus dan murah hati. Terlebih lagi, hanya ketika kita memiliki kelembutan dan kerendahan hati, kita akan menemukan sukacita dalam memaafkan, dan hanya dengan itulah kita akan memiliki kedamaian. Selama masih ada ruang di hati kita untuk kesombongan dan kebencian, kita tidak akan pernah bisa menikmati kedamaian jiwa.

Beberapa orang berpendapat bahwa memaafkan dengan mudah adalah tindakan yang rendah hati dan tidak bersemangat, sedangkan rasa hormat yang tinggi menuntut balas dendam. Tidak ada yang lebih salah. Bahkan hewan pun membalas dendam. Kehebatan hakikat manusia sebenarnya terletak pada kemampuannya menaklukkan naluri-naluri rendah. ”Jauh lebih sulit,” tulis seorang sejarawan zaman dahulu yang terkenal, ”mengatasi diri sendiri daripada mengalahkan musuh dalam pertempuran.” (Val. Max., L, 4) Pengampunan membutuhkan kemenangan atas kesombongan dan kepekaan dan oleh karena itu merupakan tindakan bernilai kemanusiaan yang tinggi.

Ketika kita memaafkan, kita tidak merendahkan diri kita di hadapan orang yang telah menyakiti kita, namun kita meninggikan diri kita lebih tinggi darinya dengan keluhuran dan kemurahan hati kita. Dengan berperilaku seperti ini kita menunjukkan pengendalian diri, membangkitkan rasa hormat dan kebajikan, dan bahkan dapat menghasilkan rekonsiliasi dan pembaruan persahabatan.

Jadi marilah kita membuat beberapa resolusi yang baik. (1) Mengingat bagaimana Yesus berdoa bagi para algojo-Nya, marilah kita selalu bermurah hati dalam mengampuni orang lain. (2) Marilah kita berbuat baik kepada mereka yang telah menyakiti kita, dengan mengikuti semboyan St. Paulus: “Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!” (Rm. 12:21) (3) Ketika penderitaan yang kita terima sangat mengganggu kita dan menyebabkan kita kehilangan ketenangan pikiran, marilah kita tetap diam dan menunda. “Menunda adalah obat terbaik untuk kemarahan,” tulis Seneca, yang juga mengamati bahwa setiap kali kita marah pada orang lain, kita berakhir dengan marah pada diri sendiri.  —
    
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy