| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Tujuan Hidup


 Manusia dunia melihat apa yang tampak di luar dan sering kali merasa puas dengan hal itu. Banyak di antara mereka yang mendambakan kecantikan fisik, kekayaan, status sosial yang tinggi, dan kehormatan. Tidak masalah bagi mereka jika di balik kedok indah ini tersembunyi semangat yang jahat dan miskin, hati yang rusak dan tidak jujur, egoisme yang acuh tak acuh terhadap cita-cita mulia, dan kecerdikan yang berniat menyingkirkan calon pesaing. Itu semua tidak penting asalkan sukses dan bisa menjaga penampilan.

Kita cenderung hidup berdasarkan apa yang dipikirkan dan dikatakan orang lain tentang kita, dengan kata lain, berdasarkan penampilan luar.

St Agustinus merenungkan keangkuhan dan kesombongan orang-orang yang disebut orang-orang hebat yang menyamar sebagai setengah dewa. “Singkirkan kesombongan,” komentarnya, “dan semua manusia, siapakah mereka, selain hanya manusia?” Betapa benarnya hal ini.

“manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.”
(1Sam 16:7)

Tuhan tertarik pada jiwa, bukan pada penampilan luar. Filsafat dunia jauh berbeda dengan ajaran Injil. Yesus berkata kepada kita, “jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.” (Mat. 18:3) Dia berkata di tempat lain “Belajarlah padaku, sebab Aku lemah lembut dan rendah hati; dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Mat. 11:29)

Kita berada di pihak mana? Apakah kita memikirkan penampilan luar, kedudukan tinggi, pujian, dan kehormatan duniawi? Apakah hal-hal ini menentukan tujuan hidup kita? Jika demikian, kita bukanlah orang Kristen yang tulus.

Kita harus bertanya bersama St. Paulus apakah benar bagi kita untuk berusaha menyenangkan manusia atau Tuhan. Jika kita hanya mengejar penampilan luar, mencari pujian dan kehormatan duniawi, kita belum maju dalam jalan kesempurnaan. Kita perlu mencari kemuliaan Allah dalam segala hal jika kita ingin menjadi kudus.

Kebajikan palsu orang-orang Farisi terlihat dari penampilan luarnya yang menyembunyikan kekosongan rohani dan pada akhirnya mengarah pada kerusakan batin dan kemunafikan. Yesus penuh belas kasihan, rendah hati, dan lemah lembut terhadap semua orang, bahkan terhadap orang berdosa seperti pezina, Maria Magdalena, dan pencuri yang baik. Dia tidak kenal lelah dan tegas hanya ketika dihadapkan pada jenis kejahatan tertentu – kemunafikan. Ia menyebut orang-orang Farisi sebagai keturunan ular beludak, dan menyamakan orang-orang munafik dengan ”kuburan yang dilabur putih, yang sebelah luarnya memang bersih tampaknya, tetapi yang sebelah dalamnya penuh tulang belulang dan pelbagai jenis kotoran.” (Mat. 23:27) Alangkah buruknya jika kita termasuk dalam kategori tersebut, karena kita sudah dihakimi dan dihukum. Hukum dasar Injil adalah ketulusan; kita harus mempunyai kasih dan kemurnian niat.

Kemunafikan dan sikap bermuka dua tidak mendapat tempat dalam agama Kristen. Mari kita memeriksa diri kita sendiri dengan cermat dan jika kita menemukan sesuatu yang salah atau menyimpang dalam kepribadian kita, marilah kita bertekad untuk memperbaikinya. —
    
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy