| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 05 Oktober 2023 St. Faustina Kowalska

 
Phancamellia245 | CC BY-SA 4.0

 
Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati St. Maria Faustina Kowalska, seorang biarawati Polandia yang paling dikenang karena penglihatannya tentang Kerahiman Ilahi, yang darinya lahirlah Devosi kepada Kerahiman Ilahi yang kini sangat populer.

Helena Kowalska di Głogowiec, Polandia, kepada keluarga miskin kelas pekerja. Ia merasakan ketertarikan terhadap kehidupan beragama sejak usia muda, namun orang tuanya menolak memberikan restu dan ia harus bekerja pada usia 16 tahun untuk membantu menghidupi keluarganya. Pada tahun 1924 ia diterima di Kongregasi Suster-suster Perawan Maria Berbelaskasih. Dia dikenal dengan nama religius “Maria Faustina dari Sakramen Mahakudus.”
 
 Pada tanggal 22 Februari 1931, dia mendapat penglihatan tentang Yesus, berpakaian putih, dengan sinar merah dan pucat memancar dari hati-Nya. Inilah asal muasal citra dan devosi Kerahiman Ilahi, yang mana Suster Maria Faustina mengabdikan sisa hidupnya untuk mempromosikannya.  Suster Maria Faustina kemudian diutus ke Wilno (sekarang Vilnius, Lituania) di mana, dengan didukung oleh Beato Michael Sopoćko, seorang imam dan profesor universitas, ia mulai mencatat pengalaman rahmatnya dalam buku hariannya yang kemudian diterbitkan dengan judul Kerahiman Ilahi dalam Jiwaku. St. Faustina Kowalska awalnya menghadapi banyak pertentangan atas visi dan tulisannya, dan dibutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun sebelum tulisan dan pengalamannya menjadi asli dan integral setelah penelitian yang ekstensif dan intensif untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan ajaran Gereja dan tidak menyesatkan umat beriman seperti yang dilakukan oleh beberapa visioner dan guru palsu lainnya. 
  
Pada tahun 1936, Maria Faustina kembali ke Polandia dan, tidak lama kemudian, mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit—mungkin tuberkulosis—yang akan merenggut nyawanya. Selalu setia dalam memajukan devosi Kerahiman Ilahi, ia meninggal di Krakow pada tanggal 5 Oktober 1938. Ia dikanonisasi pada tahun 2000.

Kini, Devosi kepada Kerahiman Ilahi Tuhan menjadi pengingat yang sangat penting akan kasih dan kemurahan Tuhan, yang telah Dia tunjukkan kepada kita tanpa prasangka atau bias seperti yang telah dilakukan oleh Orang Samaria yang baik hati. Tuhan selalu sabar dan penuh belas kasihan, dan Dia memanggil kita semua untuk menjadi lebih seperti Kristus dalam hidup kita. Kita bisa terinspirasi oleh iman dan ketekunan St. Faustina melalui semua ini.

Mari kita semua menerima dengan sepenuh hati panggilan Tuhan agar kita setia dalam hidup, berbelas kasih terhadap mereka yang membutuhkan, dan terutama di masa-masa sulit ini, saat-saat penuh tantangan ini, marilah kita semua meluangkan waktu dan upaya untuk merawat mereka yang tidak membutuhkan. Marilah kita semua mendedikasikan diri kita dengan komitmen baru untuk mencintai dan melayani Tuhan dengan pengabdian yang lebih besar mulai sekarang. Semoga Tuhan memberkati kita semua, dalam segala niat dan upaya baik kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy