| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 01 Januari 2023 - Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah (Hari Kedelapan dalam Oktaf Natal)

Minggu, 01 Januari 2023 
Hari Raya Santa Perawan Maria Bunda Allah (Hari Kedelapan dalam Oktaf Natal)
Hari Perdamaian Sedunia
  
“Bunda Maria, Bunda Allah…, bait Allah yang kudus yang di dalamnya Tuhan sendiri dikandung… Sebab jika Tuhan Yesus adalah Allah, bagaimanakah mungkin Bunda Maria yang mengandung-Nya tidak disebut sebagai Bunda Allah?” (St. Sirilus dari Alexandria)
   

Antifon Pembuka (bdk. Yes 9:2.6; Luk 1:33)

Hari ini kita diliputi terang karena Tuhan telah lahir bagi kita. Nama-Nya: Penasihat Ajaib, Allah Perkasa, Raja Damai, Bapa Kekal. Pemerintahan-Nya takkan berkesudahan.

Today a light will shine upon us, for the Lord is born for us; and he will be called Wondrous God, Prince of peace, Father of future ages: and his reign will be without end.

Lux fulgebit hodie super nos: quia natus est nobis Dominus: et vocabitur Admirabilis, Deus, Principes pacis, Pater futuri sæculi: cuius regni non erit finis.

atau

Salam Bunda yang suci, Bunda mulia Penguasa abadi, yang memerintah surga dan bumi.

Hail, Holy Mother, who gave birth to the King, who rules heaven and earth for ever.

Salve sancta Parens, enixa puerpera Regem, qui cælum terramque regit in sæcula sæculorum.
 
Pada Misa ini ada Madah Kemuliaan dan Syahadat
 
   
  
Doa Pagi

Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah menganugerahi umat manusia keselamatan kekal dengan perantaraan Santa Maria, Perawan dan Bunda. Kami mohon, semoga kami pun Kauperkenankan menikmati doa dan perlindungannya, sebab ia telah melahirkan bagi kami Putra-Mu, pemberi hidup, yaitu Tuhan kami Yesus Kristus, yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Bilangan (6:22-27)
   
"Mereka harus meletakkan nama-Ku atas orang Israel: maka Aku akan memberkati mereka."
      
Sekali peristiwa Tuhan berfirman kepada Musa, "Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka: Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau; Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
       
Mazmur Tanggapan, do = d, 2/2 PS 809
Ref. Berbelaskasihlah Tuhan dan adil Allah kami adalah rahim.
Ayat.
(Mzm 67:2-3.5.6.8; 2/4)
1. Kiranya Allah mengasihani dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya. Kiranya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.
2. Kiranya suku-suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai sebab Engkau memerintah bangsa-bangsa dengan adil, dan menuntun suku-suku di atas bumi.
3. Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu. Allah memberkati kita; kiranya segala ujung bumi takwa kepada-Nya!

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia (4:4-7)

   
"Allah mengutus Anak-Nya yang lahir dari seorang perempuan."
    
Saudara-saudara, setelah genap waktunya, Allah mengutus Anak-Nya yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat. Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak. Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli waris-ahli waris, oleh karena Allah.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = f, 4/4, kanon, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Ibr 1:1-2)
Dahulu Allah berkata kepada leluhur kita dengan perantaraan para nabi; kini Ia bersabda kepada kita dengan perantaraan Putra-Nya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (2:16-21)
  
"Mereka mendapati Maria, Yusuf, dan si Bayi. Pada hari kedelapan Ia diberi nama Yesus."
     
Setelah mendengar berita kelahiran penyelamat dunia, para gembala cepat-cepat berangkat ke Betlehem, dan mendampati Maria dan Yusuf serta Bayi yang terbaring di dalam palungan. Ketika melihat Bayi itu, para gembala memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu. Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu dalam hati dan merenungkannya. Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Ketika genap delapan hari umurnya, Anak itu disunatkan, dan Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


Barangsiapa tidak percaya bahwa Bunda Maria adalah Bunda Allah, maka ia adalah orang asing bagi Allah. Sebab Bunda Maria bukan semata-mata saluran, melainkan Kristus sungguh-sungguh terbentuk di dalam rahim Maria secara ilahi (karena tanpa campur tangan manusia) namun juga manusiawi (karena mengikuti hukum alam manusia). --- St. Gregorius dari Nazianze
 
Renungan
   
Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita memperingati awal tahun baru dalam perhitungan kalender kita, dan saat kita menyambut saat-saat pertama tahun ini, kita juga mengingat, seperti yang telah kita lakukan setiap tahun, Hari Raya Santa Perawan Maria, Bunda Allah, juga dikenal sebagai Theotokos, karena dia adalah ibu dari Yesus Kristus Tuhan kita. Pada awal permenungan hari ini, marilah kita berdoa untuk ketenangan jiwa Paus Emeritus Benediktus XVI, yang meninggal pagi ini waktu Roma dalam usia 95 tahun.
 
Perayaan hari ini sangat penting bagi kita dan untuk iman kita, karena di dalamnya terletak prinsip paling dasar dari iman kita, yang bahkan banyak orang selama berabad-abad mencoba menegur dan menyangkalnya dalam pikiran salah dan ajaran sesat mereka. Pemimpin dari semua ini adalah Arius, orang yang memulai ajaran sesat Arianisme. Dalam ajaran sesat ini, mereka yang menganut ajaran sesatnya berpendapat bahwa Yesus bukanlah Tuhan, melainkan hanya manusia biasa.
 
Bagi mereka, sifat Yesus adalah sebagai makhluk ciptaan, tidak berbeda dengan semua makhluk lainnya. Mereka tidak melihat Yesus sebagai Anak Allah, apalagi sebagai Sabda Ilahi yang menjelma menjadi Daging. Mereka menolak untuk percaya bahwa Dia adalah Tuhan, dari awal sampai akhir dan sampai segala zaman. Mereka berpikir dalam pikiran mereka yang lemah, bahwa tidak mungkin Allah melahirkan seorang Putra di dalam Yesus.
 
Oleh karena itu Gereja, setelah mengakui kepalsuan Arius dan para pengikutnya, kebingungan yang dibuat oleh iblis sendiri, bersiap untuk melawan ajaran palsu dan ajaran sesat yang kejam ini. Akibatnya, selama Konsili Ekumenis pertama yang diadakan di Nicea pada tahun 325 M, sifat Kristus sebagai Anak Allah ditetapkan dan diselesaikan, dan semua orang yang menolak untuk percaya pada kebenaran ini, diusir sebagai bidah.
 
Dan oleh karena itu, dalam Konsili Ekumenis selanjutnya, yaitu Konsili Ekumenis yang diadakan di Efesus pada tahun 431 M memproklamasikan Bunda Maria sebagai Theotokos, sebagai Bunda Allah (Theos). Sebelumnya juga banyak yang percaya bahwa Bunda Maria adalah ibu dari Yesus, Manusia, dan sebagai ibu dari Kristus tetapi tidak lebih. Ada juga yang percaya bahwa karena Kristus adalah Tuhan, baik Manusia maupun Tuhan sekaligus, meskipun Maria ibu-Nya adalah seorang manusia, tetapi karena menjadi ibu Yesus Kristus, dia juga adalah Bunda dari Tuhan.
  
Fakta ini tidak dapat dipisahkan dari bagian awal pergumulan antara kaum Arian dan umat Kristiani yang setia, tentang sifat Tuhan kita Yesus Kristus, apakah Dia hanyalah seorang Manusia, atau apakah Dia adalah Tuhan sekaligus Manusia sekaligus. Jika Yesus hanyalah seorang Manusia biasa, seperti yang diyakini kaum Arian, maka Maria tidak lebih dari sekedar ibu dari seorang manusia agung dan tidak lebih dari itu.

Namun, kita semua percaya pada Keibuan Allah, pada Maria sebagai Theotokos, karena Putranya Yesus bukan hanya seorang Manusia, tetapi juga Tuhan pada saat yang sama. Dia adalah sepenuhnya Allah dan sepenuhnya Manusia pada saat yang sama, dan kedua kodrat, Allah dan Manusia, meskipun berbeda, tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan mereka terikat bersama dalam kesatuan hipostatis yang sempurna di dalam Kristus, dalam kasih yang sempurna.
 
Inilah mengapa saya mengatakan bahwa kepercayaan kepada Maria sebagai Bunda Allah ini adalah inti dari iman kita, dan tanpanya saya dapat mengatakan bahwa pegangan kita pada iman kita rapuh dan lemah. Dan penting juga untuk dicatat bahwa ini tidak membuat Maria menjadi dewa atau dewi itu sendiri. Sebaliknya, jika kita bandingkan dengan analogi duniawi, di kerajaan, ibu raja dihormati meskipun dia tidak memerintah kerajaan sebagai ibu raja.
 
Demikian pula, karena Tuhan adalah Raja segala raja dan Penguasa seluruh alam semesta, adalah karena Keagungan Kerajaan-Nya ibu duniawi-Nya juga dihormati dengan cara yang sama. Inilah mengapa Bunda Maria sebagai Bunda Allah memiliki kedudukan yang begitu istimewa dalam iman kita dan juga bagi kita semua. Mengapa demikian? Kita harus melihat tidak lebih jauh dari Kitab Suci di dalam Injil itu sendiri.
  
Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kami memperingati awal tahun baru dalam perhitungan kalender kami, dan saat kami menyambut saat-saat pertama tahun ini, kami juga mengingat, seperti yang telah kami lakukan setiap tahun, Hari Raya Maria, Bunda Allah, juga dikenal sebagai Theotokos, karena dia adalah ibu dari Yesus Kristus Tuhan kita.

Perayaan hari ini sangat penting bagi kita dan untuk iman kita, karena di dalamnya terletak prinsip paling dasar dari Iman kita, yang bahkan banyak orang selama berabad-abad mencoba menegur dan menyangkalnya dalam pikiran salah dan ajaran sesat mereka. Pemimpin dari semua ini adalah Arius, orang yang memulai ajaran sesat Arianisme. Dalam ajaran sesat ini, mereka yang menganut ajaran sesatnya berpendapat bahwa Yesus bukanlah Tuhan, melainkan hanya Manusia biasa.

Bagi mereka, sifat Yesus adalah sebagai makhluk ciptaan, tidak berbeda dengan semua makhluk lainnya. Mereka tidak melihat Yesus sebagai Anak Allah, apalagi sebagai Sabda Ilahi yang menjelma menjadi Daging. Mereka menolak untuk percaya bahwa Dia adalah Tuhan, dari awal sampai akhir dan sampai segala zaman. Mereka berpikir dalam pikiran mereka yang lemah, bahwa tidak mungkin Allah melahirkan seorang Putra di dalam Yesus.

Dan karena itu Gereja, setelah mengakui kepalsuan Arius dan para pengikutnya, kebingungan yang dibuat oleh iblis sendiri, bersiap untuk melawan dan melawan ajaran palsu dan ajaran sesat yang kejam ini. Akibatnya, selama Konsili Ekumenis pertama yang diadakan di Nicea pada tahun 325 M, sifat Kristus sebagai Anak Allah ditetapkan dan diselesaikan, dan semua orang yang menolak untuk percaya pada kebenaran ini, diusir sebagai bidah.

Dan oleh karena itu, dalam Konsili Ekumenis selanjutnya, yaitu Konsili Ekumenis yang diadakan di Efesus pada tahun 431 M memproklamasikan Maria sebagai Theotokos, sebagai Bunda Allah (Theos). Sebelumnya juga banyak yang percaya bahwa Maria adalah ibu dari Yesus, Manusia, dan sebagai ibu dari Kristus tetapi tidak lebih. Ada juga yang percaya bahwa karena Kristus adalah Tuhan, baik Manusia maupun Tuhan sekaligus, meskipun Maria ibu-Nya adalah seorang manusia, tetapi karena menjadi ibu Yesus Kristus, dia juga adalah Bunda dari Tuhan.

Fakta ini tidak dapat dipisahkan dari bagian awal pergumulan antara kaum Arian dan umat Kristiani yang setia, tentang sifat Tuhan kita Yesus Kristus, apakah Dia hanyalah seorang Manusia, atau apakah Dia adalah Tuhan sekaligus Manusia sekaligus. Jika Yesus hanyalah seorang Manusia biasa, seperti yang diyakini kaum Arian, maka Maria tidak lebih dari sekedar ibu dari seorang Manusia agung dan tidak lebih dari itu.

Namun, kita semua percaya pada Keibuan Allah, pada Maria sebagai Theotokos, karena Putranya Yesus bukan hanya seorang Manusia, tetapi juga Tuhan pada saat yang sama. Dia adalah sepenuhnya Allah dan sepenuhnya Manusia pada saat yang sama, dan kedua kodrat, Allah dan Manusia, meskipun berbeda, tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan mereka terikat bersama dalam kesatuan hipostatis yang sempurna di dalam Kristus, dalam kasih yang sempurna.

Inilah mengapa saya mengatakan bahwa kepercayaan kepada Maria sebagai Bunda Allah ini adalah inti dari iman kita, dan tanpanya saya dapat mengatakan bahwa pegangan kita pada iman kita lemah dan lemah. Dan penting juga untuk dicatat bahwa ini tidak membuat Maria menjadi dewa atau dewi itu sendiri. Sebaliknya, jika kita bandingkan dengan analogi duniawi, di kerajaan, ibu raja dihormati meskipun dia tidak memerintah kerajaan sebagai ibu raja.

Demikian pula, karena Tuhan adalah Raja segala raja dan Penguasa seluruh alam semesta, adalah karena Keagungan Kerajaan-Nya ibu duniawi-Nya juga dihormati dengan cara yang sama. Inilah mengapa Maria sebagai Bunda Allah memiliki kedudukan yang begitu istimewa dalam iman kita dan juga bagi kita semua. Mengapa demikian? Kita harus melihat tidak lebih jauh dari Kitab Suci di dalam Injil itu sendiri.
 
Pertama, kita semua telah dipercayakan oleh Tuhan kita kepadanya, sama seperti Dia mempercayakannya kepada kita semua. Ketika Yesus disalibkan dan akan mati, Dia berbicara kepada ibu-Nya Maria dan Yohanes murid-Nya yang terkasih, dan Dia mempercayakan Maria ibu-Nya kepada Yohanes, sementara pada saat yang sama Dia juga mempercayakannya kepada ibu-Nya. Dengan cara ini, Dia juga telah mempercayakan kita semua untuk diasuhnya, dan Dia mempercayakan ibu-Nya sendiri untuk menjadi pendoa dan penolong kita.
 
Yesus - Anak Allah yang kekal yang lahir dari seorang wanita untuk menjadi Juruselamat kita
Sebagai pemenuhan ajaran ini, Anak Maria yang baru lahir diberi nama Yesus pada hari kedelapan menurut adat Yahudi. Yusuf dan Maria memberi nama Yesus karena itulah nama yang diberikan utusan Tuhan sebelum Yesus dikandung dalam rahim Maria (Lukas 1:31, Matius 1:21). Nama ini menandakan identitas Yesus dan misinya. Bahasa Ibrani literal berarti Tuhan menyelamatkan. Karena hanya Allah yang dapat mengampuni dosa dan membebaskan kita dari maut, maka Allahlah yang, di dalam Yesus Putra-Nya yang kekal menjadi manusia untuk mempersembahkan nyawa-Nya sebagai korban pendamaian untuk menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka (Matius 1:21). Putra yang dilahirkan Maria adalah Allah dan manusia - "Pada mulanya adalah Firman" (Yohanes 1:1) dan yang "menjadi manusia dan diam di antara kita" (Yohanes 1:14). Itulah sebabnya Bunda Maria tidak hanya disebut ibu Kristus (bahasa Yunani untuk Mesias dalam bahasa Ibrani) tetapi juga Bunda Allah atau Theotokos dalam bahasa Yunani.
   
Dalam kelahiran dan penamaan anak ini kita melihat rancangan dan rencana Allah yang menakjubkan dalam memberikan kita seorang Juruselamat yang akan memberi kita kasih karunia (karunia perkenanan Allah), belas kasihan, dan kebebasan dari kuasa dosa dan ketakutan akan kematian. Nama Yesus menandakan bahwa nama Allah hadir dalam pribadi Putra-Nya yang menjadi manusia untuk keselamatan kita.  Nama Yesus adalah inti dari semua doa orang Kristen. Melalui dan di dalam Yesus kita berdoa kepada Bapa dalam kuasa Roh Kudus. Banyak orang Kristen telah mati dengan satu kata di bibir mereka, nama Yesus. Apakah Anda meninggikan nama Yesus dan berdoa dengan keyakinan dalam nama-Nya?
 
Ya Tuhan Yesus, dengarkan kami anak-anak-Mu dan umat-Mu, dan biarkan kami semua hidup dalam damai, cinta dan harmoni, dan melalui Bunda Maria yang diberkati, yang berdoa demi kami tanpa henti, biarkan kedamaian memerintah di bumi selamanya. Amin.
(RENUNGAN PAGI) 

Pada kesempatan ini marilah kita berdoa untuk jiwa Paus Benediktus XVI yang telah wafat.

    Bapa, Gembala abadi, dengarkan doa umat-Mu untuk hambamu Benediktus,
    yang mengatur Gereja-Mu dengan cinta.
    Semoga Putra-Mu menyambutnya ke dalam kemuliaan abadi.
    Amin
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
   
Credit: Pavlo Sukharchuk/istock.com


SELAMAT TAHUN BARU 2023 
 
"Mari kita maju bersama Tuhan demi kebaikan Gereja dan dunia ..." (Paus Benediktus XVI)
  
Antifon Komuni (Ibr 13:8)

Yesus Kristus tetap sama: dahulu, sekarang dan selama-lamanya.

Jesus Christ is the same yesterday, today, and for ever.

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy