| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 14 Desember 2022 St. Yohanes dari Salib, Imam dan Pujangga Gereja

 

Hari ini Gereja memperingati St. Yohanes dari Salib, yang kehidupan dan tindakannya dapat menjadi teladan yang baik bagi kita semua. St Yohanes dari Salib adalah salah satu pendiri ordo Karmelit Tak Berkasut bersama dengan St. Teresa dari Avila, orang kudus Gereja yang besar dan terkenal lainnya, dan keduanya dianggap sebagai Pujangga Gereja atas banyak kontribusi dan karya, tulisan dan inspirasi mereka dalam komitmen mereka untuk mereformasi Gereja dan ordo Karmelit. Saat itu, Karmelit telah jatuh di bawah periode kehancuran dan kesesatan, karena ekses dari korupsi duniawi dan cara-cara telah merayap ke dalam ordo dan menyebabkan anggotanya membelok semakin jauh dari jalan yang pernah dibayangkan oleh para pendiri Karmelit. untuk pesanan. Oleh karena itu, baik St. Yohanes dari Salib maupun St. Teresa dari Avila, bersama dengan para reformis lainnya semuanya bekerja sama untuk mereformasi ordo dan Gereja.
 
Saat itu, itu juga merupakan masa kekacauan besar bagi Gereja, setelah melewati masa sulit dengan Gereja diserang dari luar dan dalam, sebagai ancaman dari penjajah eksternal dan mereka yang menentang iman Katolik dalam kasus ancaman tersebut. dari Turki Ottoman, serta perpecahan dan perpecahan persatuan dan komunitas Gereja karena reformasi Protestan, yang berkecamuk di seluruh Kekristenan saat itu. St Yohanes dari Salib bergabung dengan upaya reformasi yang diprakarsai oleh St Teresa dari Avila, memurnikan dan mengembalikan kaum Karmelit kembali ke jalur yang benar, menghadapi banyak pertentangan dan rintangan di sepanjang jalan. Melalui kegigihan dan usahanya, tidak sedikit orang yang terinspirasi dan tersentuh oleh usaha para reformis, dan bergabung dengan ordo reformasi, yang selanjutnya dikenal sebagai Karmelit Tak Berkasut.
  
St Yohanes dari Salib harus menghadapi banyak pencobaan dan tantangan di tengah semua usahanya, bahkan harus menanggung penahanan dan penjara, ejekan dan penghinaan dari saudara-saudara lain, dan semua orang lain yang menentang karya-karyanya dan upaya reformasinya. Namun, hal itu tidak menghalangi atau mematahkan semangatnya untuk terus mengabdikan waktu dan upayanya dalam melayani Tuhan dengan kemampuan terbaiknya. Karena itu, ini juga harus menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi kita semua untuk diikuti sehingga kita semua dapat tumbuh semakin kuat dalam iman dan kasih kepada Tuhan, dan agar kita semakin dekat dengan-Nya, dan diperdamaikan dengan-Nya secara menyeluruh sebagaimana kita seharusnya, dan mengarahkan kembali hidup kita terutama memanfaatkan waktu dan masa Adven ini untuk menemukan kembali iman kita kepada Allah, dan sukacita sejati kita di dalam Kristus.
  
Semoga Tuhan terus membimbing dan menguatkan kita dalam perjalanan iman kita sepanjang hidup, dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing untuk berjalan dengan lebih setia di jalan-Nya, mengingatkan kita semua akan bimbingan, perlindungan, dan pemeliharaan-Nya di sepanjang jalan. Semoga kita memanfaatkan masa Adven ini dengan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri dengan baik untuk merayakan Natal dengan layak. Amin.  
 
LITANI SANTO YOHANES SALIB


Tuhan, kasihanilah kami,
Tuhan, kasihanilah kami.
Kristus kasihanilah kami,
Kristus dengarkanlah kami.
Kristus, kabulkanlah doa kami.

Allah Bapa di Surga, kasihanilah kami.
Allah Putera Penebus dunia, kasihanilah kami
Allah Roh Kudus, kasihanilah kami.
Allah Tri Tunggal Mahakudus; Tuhan Yang Maha Esa, kasihanilah kami.

Santa Maria, Bunda Allah,
doakanlah kami.
Santa Maria, Perawan dari Gunung Karmel, doakanlah kami.

(*doakanlah kami)
St. Yohanes dari salib,*
St. Yohanes, bapak karmel kami yang agung,*
St. Yohanes, putra kesayangan Maria, Ratu Karmel,*
St. Yohanes, bunga yang harum dari taman Karmel,*
St. Yohanes, yang memiliki semangat agung Nabi Elia,*
St. Yohanes, batu dasar reformasi para Karmelit,*
St. Yohanes, putra rohani dan sekaligus ayah tercinta dari St. Teresa Avila*
St. Yohanes, yang selalu giat mewartakan kebajikan,*
St. Yohanes, harta dalam cinta kasih,*
St. Yohanes, yang sangat rendah hati,*
St. Yohanes, panutan sempurna dalam kepatuhan,*
St. Yohanes, panutan kesabaran,*
St. Yohanes, panutan cinta akan kemiskinan,*
St. Yohanes, panutan kesederhanaan,*
St. Yohanes, yang penuh kerinduan dalam hidup bermatiraga,*
St. Yohanes, yang luar biasa dalam kekudusan,*
St. Yohanes, sang guru mistik,*
St. Yohanes, sang guru agung kontemplasi ,*
St. Yohanes, pewarta Firman Allah,*
St. Yohanes, yang membawa mukjizat,*
St. Yohanes, yang membawa sukacita dan damai bagi jiwa,*
St. Yohanes, penakluk para iblis,*
St. Yohanes, penjaga yang setia dari kebun anggur Kristus,*
St. Yohanes, panutan yang setia dalam kemuliaan Karmel,*

Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia,
sayangilah kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia,
kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.
Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia,
kasihanilah kami.

Doakanlah kami, ya St. Yohanes Salib.
Supaya kami layak menerima janji Kristus.

Marilah berdoa:
Ya Allah, Engkau yang telah menanamkan ke dalam hati Santo Yohanes Salib seorang confessor dan bapa pendiri ordo kami, yakni semangat yang sempurna dan kasih yang unggul dalam kemuliaan salib.
Semoga dengan tekun mengikuti jejak hidup Santo Yohanes Salib, kami pun dapat mencapai kemuliaan kekal.
Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

 
Public Domain

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy