| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Bagaimana memupuk sukacita Kristiani sejati pada Minggu Gaudete?



Paus Benediktus XVI membedakan antara sukacita duniawi dan sukacita yang bertahan lama.

Minggu Adven Ketiga disebut Minggu Gaudete, mengacu pada Antifon pembuka yang sering dinyanyikan dalam Misa, Gaudete in Domino semper (Bersukacitalah selalu dalam Tuhan). Ini adalah hari yang menandakan kesimpulan yang akan datang untuk masa Adven.

Untuk alasan ini, Gereja mendesak umat beriman untuk “bersukacita”, karena waktu tobat dan penantian hampir berakhir, membuka jalan bagi Natal, masa sukacita dan pesta.

Namun, apa yang dimaksud Gereja dengan sukacita?

Paus Benediktus XVI dalam pesan Angelus tahun 2011 menjelaskan perbedaan antara dua jenis sukacita.

             Liturgi hari Minggu ini, yang dikenal sebagai Minggu “Gaudete”, merupakan undangan khusus bagi kita untuk bersukacita, untuk waspada yang tidak sedih tetapi bahagia. “Gaudete in Domino semper,” St. Paulus menulis: “Bersukacitalah selalu dalam Tuhan” (Flp 4:4). Kegembiraan sejati bukanlah buah dari bersenang-senang yang dipahami dalam arti etimologis dari kata di-vertere, yaitu melalaikan komitmen hidup dan tanggung jawab seseorang.
             

    Sukacita sejati terkait dengan sesuatu yang lebih dalam. Tentu saja, dalam kehidupan sehari-hari yang terlalu sibuk, penting untuk menemukan waktu istirahat dan relaksasi, tetapi sukacita sejati terkait dengan hubungan kita dengan Tuhan. Mereka yang telah bertemu Kristus dalam hidup mereka sendiri merasakan ketenangan dan sukacita di dalam hati mereka yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dan situasi apa pun dari mereka. St Agustinus memahami hal ini dengan sangat baik; dalam pencariannya akan kebenaran, kedamaian dan kegembiraan, setelah mencarinya dengan sia-sia dalam banyak hal, dia menyimpulkan dengan kata-katanya yang terkenal: "Hati kami dijadikan bagi-Mu, ya Tuhan, dan akan merasa gelisah sampai kami dapat beristirahat di dalam kerahiman-Mu." (bdk. Confessions, I, 1, 1).

            
Paus Benediktus XVI memperluas definisi kegembiraan ini, dengan menjelaskan bagaimana “Kegembiraan sejati bukanlah sekadar keadaan pikiran yang berlalu begitu saja atau sesuatu yang dapat dicapai dengan usaha orang itu sendiri; melainkan sebuah anugerah, lahir dari perjumpaan dengan Pribadi Yesus yang hidup dan, memberi ruang di dalam diri kita sendiri, dari penyambutan Roh Kudus yang membimbing hidup kita. Ini adalah undangan dari Rasul Paulus yang mengatakan: "Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita." (1 Tesalonika 5:23).”

Ini berarti bahwa sukacita Kristiani bukanlah sesuatu yang dapat kita pegang atau ciptakan, tetapi sesuatu yang kita terima dari hubungan pribadi dengan Tuhan. Itu adalah sesuatu yang kita terima “dari perjumpaan dengan Pribadi Yesus yang hidup.”

Jika kita ingin memupuk sukacita Kristiani selama masa Adven ini, kita harus memperdalam hubungan kita sendiri dengan Tuhan. Kemudian, dan baru setelah itu, kita akan memiliki kegembiraan yang tidak dapat dirampas oleh dunia.

Apa pun yang terjadi dalam hidup kita, jika kita tetap berakar di dalam Yesus Kristus, kita akan dapat memancarkan sukacita yang jauh melampaui sukacita sesaat apa pun yang mungkin kita rasakan di bumi. Itu adalah sukacita yang bertahan dan memberi kita hidup yang kekal.



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy