| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 06 Desember 2022 St. Nikolaus, Uskup dan Pengaku Iman

 
Author: Nheyob (CC BY-SA 4.0)

 
Saudara-saudari terkasih, hari ini kita semua harus merenungkan teladan-teladan besar yang diberikan oleh seorang hamba suci Tuhan, pendahulu kita dalam iman, yang namanya dikenal baik, yaitu St. Nikolaus dari Myra. Dia mungkin lebih dikenal di seluruh dunia dalam kesempatan yang lebih sekuler sebagai Sinterklas, sosok yang selalu hadir di mana-mana sepanjang tahun ini, ketika kita melihat pria tua berjanggut ini membawa banyak hadiah untuk anak-anak dari tasnya yang besar dan berat, berpakaian serba merah dan putih. Saudara dan saudari, itu adalah Sinterklas fiktif, yang sebenarnya tidak ada dan yang sebenarnya adalah karakter yang diilhami oleh Santo Nikolaus yang asli, Uskup Myra, salah satu bapa Gereja perdana dan seorang hamba Tuhan yang benar-benar berbakti, sebagai serta gembala yang setia dan penuh kasih kepada kawanan yang dipercayakan kepadanya oleh Gembala Utama, Tuhan sendiri. Satu fakta tentang kehidupan Nikolaus yang dapat kita yakini sepenuhnya adalah bahwa dia adalah uskup di Myra pada abad keempat. Menurut tradisi, ia dilahirkan di Patara, Lycia, sebuah provinsi di selatan Asia Kecil tempat St. Paulus menanamkan iman. Myra, ibu kotanya, adalah kedudukan keuskupan yang didirikan oleh St. Nicander. Catatan tentang Nikolaus yang diberikan kepada kita oleh Gereja Yunani semuanya mengatakan bahwa dia dipenjara pada masa pemerintahan Diokletianus, yang penganiayaannya, sementara itu berlangsung, dilancarkan dengan sangat kejam.

Santo Nikolaus dari Myra dikenang karena perhatian, dedikasi dan cintanya yang besar untuk kawanannya, umat Allah di bawah asuhannya sebagai gembala, dan dia dikenal karena kebiasaannya datang kepada anak-anak dan memberi mereka hadiah, yang akhirnya diangkat ke legenda Sinterklas seperti yang disebutkan sebelumnya. Santo Nikolaus dari Myra menghabiskan banyak waktu mengunjungi umat dan parokinya, dan merupakan panutan iman yang hebat, menghabiskan banyak waktu dalam doa dan membimbing orang-orang di bawah asuhannya dalam menemukan jalan kembali kepada Tuhan.. St Nikolaus dari Myra juga dikenal karena pengabdiannya yang besar kepada Tuhan dan iman yang benar, menentang ajaran sesat dan ajaran palsu dengan sekuat tenaga. Dalam kisah-kisah apokrif, yang mungkin benar atau mungkin tidak benar, selama Konsili Ekumenis Nicea, ketika para uskup yang setia berkumpul dan mengutuk ajaran palsu dari pengkhotbah Arius yang telah menyebabkan bid'ah Arian yang mengerikan, St. Nikolaus dari Myra memukul muka bidaah besar itu karena penghinaannya terhadap Tuhan dan karena menyesatkan umat Allah ketika dia mengucapkan kata-kata dusta dan hujatan di hadapan umat Allah.
 
Saudara dan saudari dalam Kristus, setelah mendengar kehidupan dan karya St. Nikolaus dari Myra, oleh karena itu marilah kita semua melakukan yang terbaik untuk terinspirasi untuk mengikuti teladan, dedikasi, dan kerja kerasnya yang baik dalam hidup dan karya kita sendiri. Marilah kita semua melakukan yang terbaik untuk mencintai Tuhan, Tuhan kita yang paling pengasih dan Gembala yang Baik, dan berusaha untuk mengikuti-Nya dan sepenuhnya berdamai dengan-Nya sehingga kita dapat merayakan Natal yang penuh sukacita yang akan datang dengan pemahaman dan penghargaan yang benar, dan tidak memanjakan diri dalam kemeriahan dan perayaan yang berlebihan. Semoga Tuhan memberkati kita semua, dalam setiap perbuatan baik, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy