| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 11 Desember 2022 Hari Minggu Adven III

Minggu, 11 Desember 2022
Hari Minggu Adven III
 
 Engkau telah berkenan kepada tanah-Mu, ya TUHAN, telah memulihkan keadaan Yakub. -- Mzm 85:2      
         
Antifon Pembuka (Flp 4:4-5)

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan. Sekali lagi kukatakan: bersukacitalah! Sebab Tuhan sudah dekat.

Rejoice in the Lord always; again I say, rejoice. Indeed, the Lord is near.
       

Gaudete in Domino semper: iterum dico, gaudete: modestia vestra nota sit omnibus hominibus: Dominus prope est. Nihil solliciti sitis: sed in omni oratione petitiones vestrae innotescant apud Deum.  

  
Doa Pagi
     
Ya Allah, pandanglah umat-Mu, yang dengan tekun menantikan perayaan kelahiran Putra-Mu. Bantulah kami agar kami bersukacita karena keselamatan yang seagung itu, dan dengan riang-ria merayakannya dalam ibadat yang meriah. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.             
  
    
Bacaan dari Kitab Yesaya (35:1-6a.10)  
    
"Tuhan sendiri datang menyelamatkan kamu."
 
Padang gurun dan padang kering akan bergirang, padang belantara akan bersorak-sorai dan berbunga. Seperti bunga mawar ia akan berbunga lebat, akan bersorak-sorak, ya bersorak-sorak dan bersorak-sorai! Kemuliaan Libanon, semarak Karmel dan Saron, akan diberikan kepadanya. Orang akan melihat kemuliaan Tuhan, semarak Allah kita. Kuatkanlah tangan yang lemah lesu, dan teguhkanlah lutut yang goyah. Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati, “Kuatkanlah hatimu, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan membawa pembalasan dan ganjaran. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!” Pada waktu itu mata orang-orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka; orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai. Pada waktu itu orang-orang yang dibebaskan Tuhan akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sementara sukacita abadi meliputi mereka. Kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
                
Mazmur Tanggapan, do = f, 4/4, PS 802
Ref. Datanglah ya Tuhan dan selamatkanlah kami.
Bangkitkanlah, ya Tuhan, kegagahan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.
Ayat. (Mzm 146:7.8-9a.9b-10; R: Yes 35:4)
1. Dialah yang menegakkan keadilan bagi orang yang diperas, dan memberi roti kepada orang-orang yang lapar. Tuhan membebaskan orang-orang yang terkurung. Dia tetap setia untuk selama-lamanya.
2. Tuhan membuka mata orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk, Tuhan mengasihi orang-orang benar. Tuhan menjaga orang-orang asing.
3. Anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya. Tuhan itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya Sion, turun-menurun.

Bacaan dari Surat Rasul Yakobus (5:7-10)

"Teguhkanlah hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat."
 
Saudara-saudara, bersabarlah sampai kedatangan Tuhan, seperti petani yang menantikan hasil tanahnya yang berharga: Ia sabar sampai turun hujan musim gugur dan hujan musim semi, demikian kamu pun harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat! Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Ingatlah, Hakim telah berdiri di ambang pintu. Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = f, 2/2, PS 951
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Yes 61:1; 2/4)
Roh Tuhan menaungi aku; Aku diutus-Nya menyampaikan warta gembira kepada kaum papa.

Inilah Injil Suci menurut Matius (11:2-11)
   
"Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?"
   
Sekali peristiwa Yohanes Pembaptis yang berada di penjara mendengar tentang pekerjaan Kristus. Lalu ia menyuruh murid-muridnya bertanya kepada Yesus, “Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan orang lain?” Yesus menjawab mereka, “Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu dengar dan kamu lihat: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan, dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik. Berbahagialah orang yang tidak sangsi dan tidak menolak Aku.” Setelah murid-murid Yohanes pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak tentang Yohanes, “Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari? Atau untuk apakah kamu pergi? Melihat orang yang berpakaian halus? Orang yang berpakaian halus itu tempatnya di istana raja. Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi? Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih daripada nabi. Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau! Ia akan mempersiapkan jalan di hadapan-Mu. Aku berkata kepadamu: Camkanlah, di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar daripada Yohanes Pembaptis. Namun demikian, yang terkecil dalam Kerajaan Surga lebih besar daripada Yohanes.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 

Renungan

         
Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari Minggu Adven III, Anda mungkin telah memperhatikan perbedaan kasula para imam karena menggunakan warna merah muda sebagai pengganti ungu, dekorasinya Gereja dan musik, karena pada hari ini kita merayakan apa yang dikenal sebagai Minggu Gaudete, yang berasal dari antifon pembuka perayaan liturgi hari ini, 'Gaudete in Domino semper…', dengan kata 'Gaudete' yang berarti bersukacita.

Itulah sebabnya pada hari Minggu Adven III ini, kita fokus pada tema 'Sukacita', setelah kita fokus pada 'Harapan' pada hari Minggu Adven I, dan 'Damai' pada hari Minggu Adven II. Pada hari ini, kita memiliki semacam penangguhan hukuman dari sifat Adven yang relatif suram dan penuh penyesalan, dan menganggap untuk sementara suasana yang lebih gembira dan meriah, bukan karena sudah waktunya untuk mendapat kepenuhan sukacita Natal, melainkan karena kita menantikan 'Kegembiraan' di hari Natal yang kita nikmati hari ini.

Pada hari ini, Minggu Gaudete ini kita semua diingatkan tentang makna dan kegembiraan Natal yang sebenarnya. Itu karena banyak dari kita yang lupa apa arti dan kebahagiaan Natal yang sebenarnya, dan telah tertelan oleh cara dunia memandang Natal, perayaan dan perayaan yang sering kita lihat di sekitar kita terutama sepanjang bulan dan musim liburan ini, yaitu berfokus bukan pada sukacita Natal yang sejati melainkan pada sukacita duniawi yang palsu.

Inilah sebabnya dunia sering menyesatkan kita dan mengalihkan kita dari menemukan sukacita Natal yang sejati. Apakah sukacita Natal yang sejati ini, saudara dan saudari dalam Kristus? Itu adalah Kristus Sendiri, Tuhan kita Yesus Kristus, Juruselamat semua dan Dia yang dinamai Natal. Sungguh suatu ironi bahwa sebagian besar dari kita memperlakukan Natal hanya sebagai pesta dan hari libur lainnya, melupakan Dia yang seharusnya kita rayakan dalam Misa Kudus.

Itulah sebabnya memang sudah saatnya kita diingatkan akan Siapa yang sedang kita rayakan untuk Natal yang akan datang ini, agar kita tidak lagi melupakan Dia dan memiliki arah dan cara yang benar dalam merayakan Natal dengan sukacita dan kebahagiaan sejati, bukan keglamoran. dan kesenangan semangat liburan dan perayaan Natal di sekitar kita, bukan semua hadiah yang kita terima dan semua makanan yang akan kita nikmati, melainkan dalam menyambut Tuhan, Juruselamat kita ke tengah-tengah kita.

Kita semua bergembira karena dalam Natal terletak pemenuhan penantian panjang dan kerinduan kita akan keselamatan dan rekonsiliasi dengan Tuhan. Seperti yang dinyatakan oleh bacaan pertama kita hari ini dari Kitab nabi Yesaya, kedatangan Tuhan dan keselamatan-Nya memang akan menyenangkan, saat Tuhan akan menyembuhkan umat-Nya dan menjangkau mereka, saat Dia akan memberi mereka kebebasan sejati. dan kebahagiaan dengan mengungkapkan jalan-Nya dan kebenaran-Nya kepada mereka semua, itulah kita semua umat manusia.

Tuhan selalu setia kepada umat-Nya dan kepada semua janji yang telah Dia buat dengan mereka. Pada zaman nabi Yesaya, bangsa Israel memang menderita, dihina dan dipukuli oleh musuh-musuh mereka, dan seluruh Kerajaan Utara telah dihancurkan oleh bangsa Asyur dan penduduk negeri-negeri utara telah dibawa ke pengasingan jauh. -dari tanah. Oleh karena itu nubuatan nabi Yesaya pasti sangat melegakan bagi penduduk Yehuda, Kerajaan Selatan, sebagai kepastian akan pemeliharaan dan kasih Allah.

Dan ini ditegaskan kembali dalam perikop Injil kita hari ini, sebagaimana Tuhan Yesus mengutip nubuat yang sama dari nabi Yesaya sebagai kata konfirmasi kepada St. Yohanes Pembaptis, yang diutus untuk mewartakan kedatangan Mesias, bahwa Dia, Yesus , memang satu-satunya Mesias Allah, yang dijanjikan kepada seluruh umat manusia, melalui semua mukjizat dan hal-hal indah yang telah Dia lakukan. Semua ini menggenapi apa yang Tuhan katakan di masa lalu, dan untuk ini kita semua harus bersukacita.

Tetapi pada saat yang sama, kebahagiaan dan kegembiraan ini harus diimbangi dengan kesabaran seperti yang ditulis Rasul Yakobus dalam suratnya, yang disebutkan dalam bacaan kedua kita hari ini. Rasul Yakobus berbicara tentang bagaimana Tuhan benar-benar akan datang, dan kita harus bersabar menunggu kedatangan-Nya, waktu ketika Dia akan menggenapi sepenuhnya semua yang telah Dia janjikan kepada kita. Apa yang Rasul Yakobus bicarakan adalah janji yang telah dibuat Kristus ketika Dia naik ke surga, bahwa Dia akan datang kembali di akhir zaman, untuk mengumpulkan semua kawanan setia-Nya kepada diri-Nya.

Itulah sebabnya sebenarnya kita memiliki dua perayaan penuh sukacita di Natal yang akan datang ini, yang pertama pasti kita semua sudah tahu, dalam merayakan kelahiran bersejarah Tuhan dan Juru Selamat Kita di Bethlehem, saat dua milenium yang lalu ketika Yesus lahir dari Ibunya Maria di kandang miskin dan kotor di luar kota Betlehem seperti yang dinubuatkan oleh para nabi. Namun kemudian, pada saat yang sama, kita juga kemudian bersukacita karena penantian akan kedatangan-Nya yang kedua kali, yang akan datang pada waktu yang hanya Tuhan yang tahu.

Kita semua bersukacita karena harapan ini, dan hari ini, saat kami fokus pada aspek kegembiraan ini di Minggu Gaudete hari ini, kita juga diminta untuk merenungkan betapa sabarnya kita sebagai murid dan pengikut Kristus selama ini. Sudahkah kita mengikuti Tuhan dengan sabar, mengetahui bahwa Dia sangat mengasihi kita dan memberkati kita selama ini? Banyak dari kita seringkali terlalu tidak sabar dan mengharapkan kepuasan, kebahagiaan, dan kegembiraan segera.

Itulah mengapa banyak dari kita jatuh ke dalam banyak pencobaan dunia, dan mengapa banyak dari kita telah melupakan sukacita sejati Natal di dalam Kristus. Kita mencari kegembiraan dan kesenangan instan dalam hidup kita, yang dunia sediakan bagi kita, dalam banyak kemudahan dan kenyamanan yang kita nikmati sepanjang hidup, dalam banyak fasilitas dan hal yang kita miliki di sekitar kita, dalam gaya hidup kita yang sering konsumeristik dan materialistis. .

Sebaliknya, jika kita ingin menjadi orang Katolik yang benar dan setia, maka kita harus siap untuk menyangkal diri kita sendiri dan semua kesenangan ini, keterikatan pada banyak godaan yang terdapat di dunia ini. Kita harus siap menderita dan menghadapi ejekan, penolakan dan kesulitan, seperti yang disinggung oleh bacaan Kitab Suci hari ini, seperti yang ditulis Rasul Yakobus tentang penderitaan para nabi dan semua orang yang datang lebih awal untuk membawa kebenaran Tuhan.

St Yohanes Pembaptis sendiri harus menanggung dan menderita di dalam penjara, seperti yang kita dengar hari ini dari perikop Injil, bagaimana dia mengirim pesan kepada Tuhan Yesus dari penjara. Seperti dedikasi dan komitmen St. Yohanes Pembaptis, dia masih manusia, dan dia pasti juga merasakan keputusasaan dan rasa sakit dan kepahitan penderitaan di penjara, dan itulah sebabnya dia bertanya, apakah Tuhan Yesus yang dia yakini sebagai Mesias benar-benar Dia yang dia dan yang lainnya telah nantikan.

Demikian pula, kita semua juga akan menghadapi tantangan dan cobaan di suatu tempat dalam perjalanan iman kita, dalam berbagai tingkat dan kesulitan. Tetapi kita tidak boleh melepaskan iman dan tekad kita untuk mengikuti perjalanan iman ini, sama seperti para nabi zaman dahulu yang tetap setia pada misi dan panggilan mereka, terlepas dari tentangan-tantangan orang-orang, dan seperti bagaimana St. Yohanes Pembaptis tetap teguh. dan setia sampai dia mati menjadi martir.

Saudara dan saudari dalam Kristus, itulah sebabnya kita merayakan Minggu Gaudete hari ini, sementara kita bersukacita atas pengharapan akan kedatangan Kristus dan sukacita Natal, tetapi kita juga harus belajar untuk bersabar dan menanggung cobaan dan tantangan yang kita alami. mungkin menghadapi di dunia ini dengan kesabaran dan iman, dan tidak mencari atau mendambakan kesenangan atau kepuasan instan tanpa harus menahan rasa sakit.
 
Lagipula, Tuhan telah memanggil kita untuk mengikuti Dia dan memikul salib kita sendiri dan berjalan di jalan-Nya. Ya, kita akan menemukan sukacita dan kebahagiaan sejati di dalam Tuhan, tetapi itu tidak berarti bahwa hidup kita saat ini di dunia ini akan bebas dari kesedihan dan penderitaan, karena selama dosa masih ada di dunia ini, dan selama umat manusia masih ada. berjalan dalam dosa dan ketidaktaatan melawan Tuhan, menyalahgunakan kebebasan yang telah Dia berikan kepada kita, dalam menjalani hidup kita dengan jahat dan mengalah pada banyak keinginan kita, pada keserakahan dan ego kita, akan selalu ada masalah, cobaan dan penderitaan yang harus ditanggung dalam hal ini. kehidupan.

Di sinilah kemudian kita perlu menyadari bahwa, dari semua tantangan, kesulitan, pencobaan dan kegelapan dalam hidup di dunia ini, tidak ada jalan keluar yang benar selain mengikuti Tuhan dan melalui kasih karunia-Nya yang menyelamatkan, yang dengannya Dia mau. berikan kepada kami kegembiraan dan kebebasan sejati dari semua rantai dan cobaan yang kita hadapi dan akan kita hadapi dalam hidup. Di dalam Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita, yang kita rayakan pada Natal yang akan datang ini, kita memiliki pengharapan dan keselamatan kita, satu-satunya sumber sukacita bagi kita.

Dan yang terakhir, saat kita menantikan sukacita Natal yang sejati, marilah kita juga berusaha untuk mengingat saudara-saudari kita yang kehilangan pekerjaan, atau sedang menderita tertimpa berbagai bencana dan berbagi sukacita dan berkat kita satu sama lain pada Natal yang akan datang ini. Biarlah pesta dan perayaan kita dilakukan dengan niat dan tujuan yang benar, dan tidak egois dalam menyimpan semua kebahagiaan dan kegembiraan hanya untuk diri kita sendiri dan membiarkan orang lain menderita sementara kita bersukacita. Marilah kita ingat bahwa ada orang-orang di tengah kita, bahkan terkadang di antara keluarga dan teman kita, yang tidak dapat merayakan Natal dengan sukacita karena berbagai alasan.

Saudara-saudara dalam Kristus, marilah kita semua bersaksi tentang Kristus melalui persiapan Natal kita di Adven ini, dan dengan merayakan Natal tahun ini dan seterusnya dengan fokus dan niat yang benar, bahwa Kristus selalu dan akan menjadi pusat dan fokus. sukacita dan perayaan Natal kita, karena dengan kedatangan-Nya ke dunia ini, sukacita itu telah diberikan kepada kita sekali lagi. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan menyertai kita melalui perjalanan ini melalui hari-hari Adven yang tersisa. Amin. 
(RENUNGAN PAGI) 

Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
 
 Hari Minggu ini, Minggu Ketiga dalam Masa Adven, disebut "Minggu Gaudete": "bersukacitalah", karena Antifon Pembuka Misa Kudus mengambil kata-kata Santo Paulus dalam Surat kepada Jemaat Filipi di mana dikatakan: Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!" (Flp 4: 4-5). Inilah alasan kegembiraan. Tetapi apa artinya "Tuhan sudah dekat"? Dalam arti apa kita harus memahami "kedekatan" Tuhan ini? Rasul Paulus, menulis kepada orang-orang Kristen di Filipi, tampaknya sedang memikirkan kedatangan Kristus kembali dan mengajak mereka untuk bersukacita karena itu pasti. Namun, Santo Paulus dalam Suratnya kepada Jemaat Tesalonika, memperingatkan bahwa tidak seorang pun dapat mengetahui saat kedatangan Tuhan (bdk. 1Tes 5:1-2) dan membuat orang waspada terhadap segala jenis ketakutan, seolah-olah kedatangan Kristus kembali. segera (lih. 2 Tes 2: 1-2). Dengan demikian Gereja, yang diterangi oleh Roh Kudus, pada saat itu sudah semakin memahami bahwa "kedekatan" Allah bukanlah masalah ruang dan waktu melainkan kasih: kasih menyatukan orang! Natal yang akan datang ini akan mengingatkan kita akan kebenaran mendasar dari iman kita dan di depan palungan kita akan dapat menikmati sukacita Kristiani dengan merenungkan Yesus yang baru lahir, wajah Allah yang membuat dirinya dekat dengan kita karena cinta.
- Paus Benediktus XVI, Angelus, 14 Desember 2008.
  
Antifon Komuni (bdk. Yes 35:4)

Katakanlah kepada yang tawar hati: Tabahkanlah hatimu dan jangan takut. Lihatlah, Tuhan akan datang menyelamatkan kita.

Say to the faint of heart: Be strong and do not fear. Behold, our God will come, and he will save us.

Dicite: Pusillanimes confortamini, et nolite timere: ecce Deus noster veniet, et salvabit nos
 
             
Karya: Kara Gebhardt /istock.com
(lisensi berbayar harap tidak asal gunakan di web lain)


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy