| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Mengapa Paus St. Yohanes Paulus II memulai tradisi pohon Natal di Vatikan?

Pohon Natal di Lapangan St. Petrus, Vatikan tahun 2019 | Author: Kavalakkattu Paul Subin (CC BY-SA 4.0)

 
 
  Natal di Vatikan tidak selalu termasuk pohon raksasa yang didirikan di tengah Lapangan Santo Petrus. St Yohanes Paulus II adalah paus pertama yang mendirikan pohon Natal di Vatikan, memulai tradisi pada tahun 1982, yang sekarang menjadi tradisi tahunan Vatikan.  
 
  St. Yohanes Paulus II menyukai Natal, terutama semua tradisi yang berasal dari tanah kelahirannya di Polandia. Seorang teman Yohanes Paulus II menjelaskan dalam buku cerita tentang St. Yohanes Paulus II oleh Wlodzimierz Redzioch bahwa “Bapa Suci sangat ingin kami merayakan liburan dalam suasana kekeluargaan, menurut tradisi Polandia… Bapa Suci menyukai pohon Natal sangat banyak.
 
  Baru belakangan ini orang Italia menganut tradisi pohon Natal, karena sebelum abad ke-20 hal itu terutama merupakan tradisi negara-negara Eropa utara. Inilah mengapa dibutuhkan seorang paus yang berasal Polandia untuk memperkenalkan tradisi ini di Vatikan.

 Kemudian pada tahun 1999 Yohanes Paulus II menjelaskan simbolisme pohon Natal dalam pidatonya kepada para peziarah dari Republik Ceko .

Pohon Natal , dengan buaian, menciptakan suasana Natal yang khas dan dapat membantu kita memahami dengan lebih baik pesan keselamatan bahwa Kristus datang untuk membawa kita melalui Penjelmaan-Nya.
 
Dari kandang Betlehem sampai Salib di Golgota, dengan seluruh hidup-Nya menjadi saksi kasih Tuhan bagi umat manusia. Dia adalah, menurut Penginjil Yohanes, “Terang sejati yang menerangi setiap orang.” (1:9).

Gemerlap lampu di pohon Natal melambangkan Terang ini, untuk memperkuat pengetahuan kita tentang misteri besar: di dalam Kristus adalah terang yang dapat mengubah hati manusia.

 Dalam beberapa hari terakhir, setiap kali saya melihat keluar dari jendela ruang kerja saya di Lapangan Santo Petrus, pohon itu telah membangkitkan semangat saya. Saya selalu menyukai pohon di tanah air saya. Ketika seseorang melihat mereka, dengan cara tertentu mereka mulai berbicara. Seorang penyair menganggap pohon sebagai pengkhotbah dengan pesan yang mendalam: "Mereka tidak mengkhotbahkan doktrin atau ajaran, tetapi mengumumkan hukum dasar kehidupan."

 
Pada tahun 2004, St. Yohanes Paulus II mengenang simbolisme pohon Natal sebagai tanda kehidupan kekal.

 Di samping buaian, seperti di Lapangan Santo Petrus, kita menemukan “pohon Natal” tradisional. Ini juga merupakan tradisi kuno yang meninggikan nilai kehidupan, karena di musim dingin pohon cemara yang selalu hijau menjadi tanda kehidupan yang abadi. Kado Natal biasanya diletakkan di atas pohon atau disusun di alasnya. Oleh karena itu, lambang itu juga menjadi fasih dalam arti khas Kristiani: ia mengingatkan kita akan “pohon kehidupan” (bdk. Kej 2:9), sosok Kristus, karunia tertinggi Allah bagi umat manusia.
Pesan dari pohon Natal adalah bahwa hidup tetap “hijau” jika kita memberikannya: bukan berupa materi, tetapi hidup itu sendiri: dalam persahabatan dan kasih sayang yang tulus, dalam bantuan persaudaraan dan pengampunan, dalam waktu bersama dan saling mendengarkan.

 
Hampir 40 tahun kemudian, pohon Natal terus menjadi gambar yang kuat di Lapangan Santo Petrus hingga saat ini.

 

 



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy