| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 07 Desember 2022 St. Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja (397 AD)

Saudara-saudari yang dicintai oleh Tuhan, hari ini Gereja memperingati St. Ambrosius dari Milan, Uskup Milan yang terkenal dan salah satu pemimpin Gereja yang paling berpengaruh. pada masanya, melalui kesalehan dan perbuatan baiknya, upayanya yang berani dan tak kenal takut dalam memimpin umat Allah ke jalan yang benar, tidak takut akan pertentangan dan kesulitan, dan banyak kontribusinya yang kemudian diakui sebagai salah satu dari empat Doktor asli dari Gereja, bersama dengan St Agustinus dari Hippo, St Gregorius Nazianze dan St Basilius Agung atau St Hieronimus, yang menyoroti betapa besar pengaruh St Ambrosius dari Milan dalam Gereja dan komunitas Kristiani. 
 
St. Ambrosius (Public Domain)
 
 
  St Ambrosius dilahirkan dalam keluarga Katolik kira-kira pada tahun 397 M, keluarga yang cukup berpengaruh dan kuat, dan dia dibesarkan dengan pendidikan yang baik, mempersiapkannya untuk kehidupan pelayanan dalam pemerintahan Romawi, menjadi pejabat pemerintah dan akhirnya diangkat sebagai gubernur daerah. dari wilayah Liguria dan Emilia di tempat yang sekarang menjadi bagian utara Italia, dengan kantor pusat di Milan.  St Ambrosius adalah seorang pria kecil dengan rambut kuning pucat seperti nimbus. Dalam kekerasan dan kebingungan pada masanya, dia menonjol dengan berani melawan kejahatan, memperkuat Gereja, dan mengelolanya dengan kemampuan yang luar biasa. Pembelajarannya memberinya gelar Pujangga Gereja. Ia dilahirkan dalam kelas pemerintahan Romawi, ayahnya menjadi prefek Gaul selatan, wilayah luas yang meliputi Inggris, pulau-pulau Mediterania, dan tanah yang membentang dari Pegunungan Alpen ke Spanyol dan Portugal.  Saat itu, ada perpecahan pahit di dalam Gereja di Milan karena mereka yang percaya pada kepalsuan ajaran sesat Arian, yang dipopulerkan oleh pengkhotbah terkenal Arius, bertentangan dengan mereka yang percaya pada ajaran Gereja yang benar, yang benar dan ortodoks, iman Katolik. Saat itu, kematian uskup Arian di Milan menimbulkan perdebatan sengit dan konflik dalam pemilihan penggantinya, karena masing-masing pihak ingin memilih calonnya sendiri.

St Ambrosius harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini, dan setelah perjuangan yang berlarut-larut dan panas untuk memilih Uskup Milan yang baru, umat beriman yang berkumpul diilhami oleh Roh Kudus untuk memilih St Ambrosius sendiri, meskipun bukan seorang imam, untuk menjadi Uskup Milan yang baru, ia juga dapat diterima oleh mereka yang berpihak pada ajaran sesat Arius. St Ambrosius menerima panggilan Tuhan dan menjadi hamba-Nya yang paling berbakti dalam tugas dan pelayanannya sebagai Uskup Milan, dalam membangun Gereja dan komunitas Kristiani. Dia membantu menjauhkan Gereja dari pengaruh dan kepalsuan ajaran sesat Arian yang disebutkan sebelumnya, dan tanpa rasa takut menghadapi tentangan dari para pendukung kuat Arian, termasuk para bangsawan Romawi dan orang-orang terkemuka, termasuk kaisar dan keluarganya.

St Ambrosius dengan sabar menanggung tantangan dan gigih dalam upayanya untuk mereformasi Gereja, mewartakan kebenaran Allah di antara umat-Nya. Ketika kemudian Kaisar Theodosius Agung yang setia dan ortodoks menjadi penguasa seluruh Kekaisaran Romawi, dia tidak berhenti menentang Kaisar sendiri dalam kesempatan yang sangat terkenal ketika St. Ambrosius mengucilkan Kaisar karena telah terlibat dalam perbuatannya. berperan dalam pembantaian rakyat dan penduduk tak berdosa di kota besar Tesalonika. Itu menyebabkan Kaisar sendiri merendahkan dirinya di hadapan Tuhan dan rakyat, saat dia mengesampingkan jubah dan pakaian Kekaisarannya, mengenakan pakaian penyesalan, dan bertobat dari dosa-dosanya, dan disambut kembali ke Gereja oleh St. Ambrosius sendiri. Ketika Agustinus dari Hippo datang untuk tinggal di Milan, dia mengunjungi uskup, dan seiring berjalannya waktu keduanya menjadi teman baik. Agustinus sering pergi untuk mendengarkan khotbah Ambrosius, dan akhirnya dibaptis olehnya.  Ada juga banyak kontribusi lain yang telah dilakukan oleh St. Ambrosius, dalam banyak tulisan dan karyanya, dan dalam membantu St. Agustinus dari Hippo yang disebutkan sebelumnya, Doktor Gereja lainnya, dalam menemukan jalan menuju Tuhan.

Saudara dan saudari dalam Kristus, setelah mendengar teladan dan dedikasi yang menginspirasi yang ditunjukkan oleh St. Ambrosius dari Milan, dan juga tentang cinta, kasih sayang dan belas kasihan Tuhan bagi kita semua umat-Nya, dan berapa banyak dari orang-orang itu yang telah mengecewakan dan mengkhianati-Nya untuk godaan duniawi, marilah kita semua bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita telah benar-benar setia kepada Tuhan dalam kehidupan dan pekerjaan kita sehari-hari. Sudahkah kita menghabiskan hari-hari dan hidup kita dengan setia sebagaimana iman kita telah memanggil kita untuk melakukannya? Atau apakah kita malah lebih suka mengikuti keinginan keinginan duniawi kita dan segudang godaan yang mengelilingi kita? Marilah kita semua membedakan jalan kita dengan hati-hati, dan lebih setia mulai sekarang, terutama di masa Adven yang diberkati ini, ketika kita terus-menerus diingatkan tentang apa yang seharusnya kita lakukan sebagai orang Katolik untuk menyambut Tuhan dalam hidup kita. Semoga Tuhan memberkati kita semua, terutama saat kita terus melakukan perjalanan melalui masa Adven ini. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy