| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 26 Desember 2022 St. Stefanus, Martir Pertama

  Setelah Hari Raya Natal, hal pertama yang ingin diberitahukan Gereja kepada kita adalah martir pertama Gereja, St. Stefanus.
 
  Apa pesannya? Natal berarti kemartiran - dan banyak orang seperti St Stefanus mati di zaman kita sendiri Kristus persis seperti yang Dia lakukan. Kematian adalah bagian sentral dari kisah Natal sesungguhnya..

Yesus Kristus datang ke dunia dikejar oleh Raja Herodes yang jahat yang menginginkan Dia mati. Pesta-pesta lain yang mengikuti Natal adalah tanggal 28 Desember, Pesta Kanak-kanak Suci, Martir, yang meninggal karena Herodes berusaha mendapatkan Yesus.

Kemudian, ketika masih bayi dalam pelukan ibunya, Simeon akan bernubuat kepada Bunda Maria bahwa “sebuah pedang akan menembus hatimu” karena anak ini, dan Bunda Maria akan merasakan sengatnya saat dia memegang tubuh-Nya sekali lagi di kaki salib.

Faktanya adalah bahwa Kristus datang ke dunia untuk mati - dan, seperti yang dikatakan Uskup Agung Fulton Sheen, "Salib-Nya memberikan bayangan yang menyentuh setiap bagian dari hidup-Nya."
 
Natal ditandai oleh dua ciri utama: pemberian hadiah, dan kisah penyelamat yang baru lahir. Ini adalah dua ciri yang sama yang menandai kehidupan St Stefanus.

Santo Stefanus ditunjuk oleh para rasul untuk membagikan makanan kepada anggota masyarakat yang lebih miskin — sebuah contoh kemurahan hati yang kita rayakan setiap Natal.

Ia menjadi martir karena dituduh menghujat karena memberitakan Yesus Kristus. Kata-kata terakhirnya saat dia dilempari batu sampai mati adalah “Tuhan, jangan tanggungkan dosa ini kepada mereka.”
  
 Saat ini, orang-orang Kristen paling sering dibunuh karena alasan yang sama dengan St. Stefanus — menyebut Kristus sebagai Tuhan dianggap sebagai penghujatan di negara mereka.

Pada tahun 2018, Vatikan mengeluarkan laporan yang menemukan bahwa hampir 300 juta orang Kristen — atau 1 dari setiap 7 pengikut Kristus — tinggal di negara tempat mereka mengalami kekerasan, penangkapan, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Antara Juni 2016 hingga Juni 2018, kata laporan itu, Aid to the Church in Need menemukan pelanggaran berat terhadap kebebasan beragama di 38 negara, mulai dari diskriminasi serius hingga penganiayaan langsung. Di 22 negara, gerakan radikal. Di tempat lain lain, "nasionalisme agresif". Di antara pelakunya adalah Tiongkok, India, Korea Utara, Myanmar, Vietnam, dan Kyrgyzstan.
  
Para martir hari ini adalah St Stefanus zaman modern. Kehidupan dan kematian orang Kristen saat ini mengikuti pola yang sama seperti Stefanus.
 
Pada akhirnya, pesan hari Pesta Santo Stefanus berlaku bagi kita semua. Gereja menyela keceriaan Natal dengan pesan tentang para martir 
 
 St Stefanus mempraktikkan cinta dalam segala hal, dan cinta Kristus itulah yang menyebabkan kemartirannya yang terakhir.

Gereja merayakan Pesta St Stefanus pada tanggal 26 Desember, mengingat bagaimana dia adalah martir pertama setelah kematian Yesus di kayu salib.

St Fulgentius dari Ruspe menawarkan kepada kita meditasi yang indah tentang cinta yang memotivasi St Stefanus dan bagaimana hal itu merasuki semua yang dia lakukan.

     Cinta adalah senjata Stefanus yang dengannya dia memenangkan setiap pertempuran, dan dengan demikian memenangkan mahkota yang dilambangkan dengan namanya. [catatan: Nama Stefanus berasal dari bahasa Yunani untuk “karangan pohon salam,” mahkota yang diberikan kepada atlet pemenang di Olimpiade kuno.] Kasihnya kepada Tuhan mencegahnya menyerah pada massa yang ganas; kecintaannya kepada sesamanya membuatnya berdoa bagi orang yang melempari dia dengan batu.

     Cinta mengilhami dia untuk menegur mereka yang berbuat salah, untuk memperbaikinya; cinta membuatnya berdoa bagi mereka yang melempari dia dengan batu, untuk menyelamatkan mereka dari hukuman. Diperkuat oleh kekuatan cintanya, dia mengatasi kekejaman Saul yang mengamuk dan memenangkan penganiayanya di bumi sebagai rekannya di surga.

     Ini harus menjadi tanda setiap orang Kristen, selalu dimotivasi oleh kasih Kristus.

     Cinta, memang, adalah sumber dari semua hal yang baik; itu adalah pertahanan yang tak tertembus,- dan jalan menuju surga. Dia yang berjalan dalam cinta tidak akan tersesat atau takut: cinta membimbingnya, melindunginya, dan membawanya ke akhir perjalanannya.
 
Saat kita merenungkan banyak misteri Natal, mari kita periksa hidup kita dan berusaha menjalaninya dengan kasih Tuhan, rela melakukan apa saja yang akan menyebarkan kasih itu ke dunia.
 
 
  
Public Domain
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy